コロナ関連

Wabah Virus Corona dan Respon terhadap Pekerja Asing di Jepang

Apa Kabar semuanya?
Pada tanggal 8 April 2020, Perdana Menteri Shinzo Abe mengeluarkan Deklarasi Masa Darurat Nasional dan tak lama mengeluarkan “Peraturan ketenagakerjaan dan subsidi” berdasarkan “Tindakan Ketenagakerjaan Asing” oleh Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan.


Perlindungan pekerja asing dalam keadaan darurat

Baru-baru ini, dikarenakan penyebaran Covid19 yang semakin meluas, diperkirakan akan ada banyak berita tentang pemecatan terhadap pekerja Jepang. Tentunya banyak pekerja asing di Jepang yang cemas karena berita ini.
Akan tetapi menurut kebijakan yang dikeluarkan, meskipun perusahaan terdampak buruk oleh pandemi ini, perusahaan tidak diperbolehkan untuk memperlakukan pekerja asing secara tidak adil dan memprioritaskan pekerja Jepang.

 

Kasus-kasus tentang perlakuan terhadap pekerja asing

  1. Tunjangan yang dibayarkan oleh perusahaan ketika seorang pekerja disisihkan oleh perusahaan harus dibayarkan kepada pekerja asing serta pekerja Jepang.
  2. Apabila Anda cuti dari perusahaan Anda karena sekolah anak Anda ditutup, Anda dapat menggunakan cuti tahunan yang berbayar, seperti halnya pekerja Jepang.
  3. Subsidi yang dibayarkan negara kepada perusahaan untuk melindungi pekerjaan pekerja harus digunakan untuk pekerja asing maupun pekerja Jepang.
  4. Pemberhentian bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan perusahaan secara bebas. Ketika sebuah perusahaan menetapkan bahwa seorang pekerja asing diberhentikan, perusahaan harus mengikuti aturan yang sama dengan pekerja Jepang.


Kepada siapa saya bisa berkonsultasi?

Jika Anda menghadapi persoalan seperti [Perlakukan tidak adil] atau [Persoalan yang tidak dapat diselesaikan dengan berkonsultasi dengan teman], Anda dapat berkonsultasi dengan Biro Tenaga Kerja terdekat, Kantor Inspeksi Standar Perburuhan, atau Hello Work.

Selain itu, apabila Anda memiliki kesepakatan untuk mulai bekerja mulai Maret tetapi perusahaan membatalkan karena coronavirus, silakan berkonsultasi dengan Hello Work setempat. Rincian kontak tercantum di halaman berikut ini (https://www.mhlw.go.jp/stf/seisakunitsuite/bunya/koyou_roudou/koyou/jigyounushi/page11_00013.html).

Selain itu, OBOI JEPANG juga bekerja sama dengan para ahli untuk membantu pekerja Indonesia di Jepang untuk menyelesaikan persoalan seputar ketenagakerjaan yang mereka hadapi. Apabila Anda memiliki masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan bantuan orang terdekat, teman, atau rekan kerja terkait pekerjaan, silakan hubungi Operator kami. 

 

Source
Departemen Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan “Tindakan Ketenagakerjaan Asing: Untuk Orang Asing yang Bekerja di Perusahaan”

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA