セミナー

Rangkuman Seminar OBOI JEPANG – Subsidi Khusus 100.000 Yen dari Pemerintah Jepang

投稿日:

Halo semuanya!Salam hangat dari OBOI JEPANG.

Pada tanggal 22 Mei 2020, OBOI Jepang mengadakan webinar bertajuk ”BANTUAN 100.000 YEN & PROSEDUR PERPANJANGAN VISA”.
Karena respon yang baik dari teman sekalian, kami kembali mengadakan webinar dengan tema yang sama. Ini diperuntukkan buat teman-teman yang tidak bisa hadir di seminar pertama.
Seminar ini dipresentasikan oleh ahli hukum yang bermitra dengan OBOI JEPANG, yaitu Kajikawa Sahoko.

Dalam upaya merespon dampak COVID-19, pemerintah Jepang menyediakan bantuan khusus tunai 100.000 yen, yang dalam bahasa Jepang disebut “tokubetsu teigaku kyuufukin” untuk semua penduduk yang terdaftar di kantor daerah masih-masih. Bantuan ini juga ditujukan untuk orang asing yang sudah mendaftarkan diri di city ward masing-masing sebelum tanggal 27 April 2020 dan memiliki visa izin tinggal aktif. Bantuan ini tidak berlaku untuk turis yang sedang wisata dan tidak bisa kembali karena corona.Nah di artikel ini kami ingin merangkum isi seminar tersebut. 

Bagaimana cara mendaftar untuk bantuan?
Pendaftaran dapat dilakukan dengan 2 cara.

  • Pendaftaran Melalui Pos

Masing-masing pemerintah daerah akan mengirimkan formulir pendaftaran ke setiap warga yang terdaftar sebagai penduduk. Waktu pengiriman formulir berbeda di tiap daerah, untuk warga Kyoto sudah dimulai sejak awal Juni 2020. Untuk mencegah penipuan, formulir yang dikirim telah tertulis nama masing-masing. Anda harus mengecek apakah nama yang tertera di formulir sudah benar atau tidak. Apabila terjadi kesalahan koreksi dengan pulpen merah. Mengisi tanggal pengajuan formulir, nomor telepon, cap hanko/sign dan mengirimkan kembali formulir tersebut dengan menyertakan fotokopi  zairyuu card (depan belakang) dan fotokopi buku tabungan yang berisi informasi rekening atau fotokopi cash card.

Kapan harus mengajukan formulir?
Pengajuan formulir memiliki tenggat waktu 3 bulan, tanggal waktunya tercetak di formulir. Pastikan mengirim kembali formulir sebelum tenggat waktu.

Kapan uang akan dikirim?
Penerimaan dana bantuan tergantung dari tiap pemerintah daerah. Paling cepat menerima dana ini 2 minggu setelah mengirimkan formulir.

Bagaimana cara mengisi formulir?
Di dalam formulir yang dikirimkan, terdapat panduan cara mengisi formulir dan amplop untuk mengirim formulir kembali.

Berikut adalah poin-poin penting yang harus diperhatikan:

  1. Tulis tanggal pengajuan pendaftaran. Untuk penulisan tanggal menggunakan penanggalan Jepang 
  2. Untuk bagian ini di cap hanko. Buat orang asing yang tidak memiliki hanko dapat tanda tangan sesuai dengan paspor 
  3. Tulis nomor telepon 
  4. Orang asing sering terkecoh di bagian ini. Ini adalah kolom yang menyatakan kalian tidak membutuhkan dana bantuan, karena itu jangan memberi lingkaran di sini, terkecuali Anda memang tidak memerlukannya

  5. Pengisian informasi rekening. Centang nomor ❶ , bagi Anda pemegang bank selain Yuucho (JP Post). Nomor ❷ bagi pemegang bank Yuucho. Untuk yang tidak memiliki rekening Jepang, dapat mencentang nomor ❸. Dana bantuan akan didapatkan di kantor daerah. Perlu diperhatikan untuk nomor ❸ penerimaan dana bantuan memakan waktu yang lebih lama dari pada transfer.

Terakhir jangan lupa untuk melampirkan fotokopi zairyuu card (depan dan belakang) dan fotokopi buku tabungan yang memuat informasi rekening atau fotokopi cashcard. Sebelum mengirim cek kembali apakah terdapat kesalahan penulisan pada poin-poin yang telah disebutkan di atas, terutama pada penulisan informasi rekening. 

Apabila semua sudah lengkap, masukkan ke dalam amplop yang dikirim bersamaan dengan formulir, segera cari kotak pos terdekat dan tinggal masukkan.

 

  • Pendaftaran Online

Untuk melakukan pendaftaran online Anda harus memiliki My Number Card. Kalian dapat mendaftar secara online dengan mengakses halaman ini :
https://myna.go.jp/SCK0101_01_001/SCK0101_01_001_InitDiscsys.form
Pendaftaran online untuk orang asing sedikit menyulitkan, karena situs yang disediakan hanya menggunakan bahasa Jepang. Kami rekomendasikan untuk mendaftar melalui pos.

Karena pengiriman formulir pengajuan dana subsidi ini tidak serentak di tiap daerah, Anda perlu bersabar menunggunya. Anda juga dapat mengecek situs shiyakusho (City Ward) daerah masing-masing untuk mengetahui kapan formulir akan dikirimkan ke daerah Anda. Perlu dicatat juga pendaftaran oleh Pihak ketiga hanya boleh diwakilkan oleh keluarga saja. Pendaftaran oleh pihak ketiga juga harus menyertakan fotokopi identitas pihak ketiga. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

 

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA