就職・転職

Perkembangan Covid19 Di Jepang: Seputar Vaksinasi Serta Situasi Pandemi

投稿日:

Tak terasa 2021 sudah berjalan lebih dari ½ tahun, dan hingga kini belum ada tanda pandemi akan berakhir, akan tetapi kabar baik telah datang dari para ilmuwan, karena para ilmuwan telah menemukan variasi vaksin yang terbukti efektif melawan virus Covid19 yang telah menyebabkan berbagai kerugian dan memakan banyak korban jiwa. Hingga kini, Jepang masih dalam status darurat dan border masih cukup ketat, hanya beberapa WNA dengan keperluan darurat yang diizinkan masuk kembali, sedangkan proses pembuatan visa masih sangat ketat dan memakan waktu lama.

 

Proses vaksinasi telah dimulai di berbagai negara termasuk Jepang, walaupun proses vaksinasi di negara ini sempat dikritik karena dianggap terlalu lambat, akan tetapi proses terus berjalan, dan di artikel kali ini kami akan menjelaskan proses untuk mendapatkan vaksinasi di Jepang.

 

Untuk mendapatkan vaksinasi Anda memiliki berbagai akses, melalui perusahaan yang menyumbangkan vaksin, sekolah yang mendapat bantuan vaksin, serta vaksin yang disediakan oleh pemerintah jepang, dikarenakan prosedur vaksinasi via sekolah dan perusahaan berbeda-beda, dan tidak semuanya dibuka kepada umum, kami hanya akan membahas prosedur vaksinasi yang diberikan oleh pemerintahan Jepang.

 

Semua Warga Di Jepang Akan Mendapatkan Kupon Vaksinasi

 

Vaksinasi akan mengutamakan mereka yang memiliki potensi tertular terbesar, seperti orang tua, pekerja medis, pekerja panti, serta mereka yang memiliki penyakit bawaan. Semua orang yang secara legal tercatat sebagai warga Jepang baik lokal maupun WNA akan mendapatkan surat dari pemerintahan setempat yang berisikan tata cara serta informasi seputar vaksinasi, kupon dan kuisioner yang akan menanyakan seputar kesehatan Anda, kedua dokumen ini wajib dibawa saat Anda akan melakukan vaksinasi. Setelah mendapatkan kedua dokumen tersebut, Anda perlu ke website ini untuk mencari institusi yang menerima vaksinasi dan Anda dapat mendaftarkan diri di tempat yang Anda pilih. Saat vaksinasi, Anda juga wajib membawa kartu tanda kependudukan untuk membuktikan identitas Anda.

Sumber foto: penulis

 

Persiapan Sebelum Vaksinasi

Ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan selain menyiapkan dokumen serta kartu identitas, yakni:

  • Memakai baju dengan lengan pendek atau mudah untuk digulung agar mempermudah proses penyuntikan vaksin
  • Mengukur suhu badan sebelum Anda ke tempat vaksinasi (Anda juga perlu menulis suhu badan Anda di kuesioner)
  • Menggunakan masker, serta menjaga jarak dengan orang lain
  • Membersihkan tangan dengan alcohol spray yang akan tersedia di tempat vaksinasi
  • Memastikan agar kupon dan kuesioner dibawa dan tidak rusak

 

Yang Perlu Diperhatikan Setelah Vaksinasi

Vaksinasi tidak berarti Anda akan 100% aman dari virus, ditambah lagi dengan mutasi virus yang tidak dapat diprediksi, meskipun Anda sudah divaksin Anda tetap wajib berhati-hati, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Istirahat, vaksinasi akan memiliki efek samping yang berbeda-beda di tiap orang, akan tetapi satu hal yang pasti, tubuh Anda harus dalam kondisi prima agar vaksin bisa bekerja, karena itu pastikan Anda beristirahat dan mendapatkan gizi yang seimbang.
  • Melengkapi vaksinasi, pada umumnya vaksinasi mewajibkan Anda untuk mendapatkan 2x dosis dengan kurun waktu sekitar sebulan untuk melengkapi proses, pada proses kedua Anda kembali wajib membawa bukti rekor vaksinasi pertama, jadi mohon jaga dokumen ini jangan sampai hilang maupun rusak.
  • Tetap memakai masker dan mengikuti protokol kesehatan. Tidak ada vaksin yang dapat 100% melindungi Anda dari virus ini, dan kita juga tidak bisa menjamin orang-orang disekitar kita bukanlah OTG ditambah lagi mengingat acara Olimpik yang sudah semakin mendekat, dikhawatirkan akan ada kasus tambahan, karena itu kita semua tetap harus menjaga diri dan mengikuti protokol kesehatan, demi kebaikan diri sendiri dan semua orang.

 

Pengalaman Penulis Seputar Vaksinasi

Vaksinasi di Jepang sangat disarankan akan tetapi bukan sesuatu yang diwajibkan, Anda perlu menyetujui terdahulu untuk divaksin, karena itu Anda perlu mendaftar dan mengisi dokumen sendiri, bukan diwakilkan. Menurut pengalaman penulis sendiri proses vaksinasi berjalan lancar dan singkat, penulis datang ke tempat vaksinasi, mengisi kuesioner, mengukur suhu badan, setelah itu lanjut mengantri ke ruang vaksinasi dan mendapatkan konsultasi singkat dengan seorang dokter yang akan mengecek kembali kuesioner seputar kesehatan serta menjawab pertanyaan seputar vaksinasi. Setelah itu penulis diarahkan oleh staf untuk ke booth vaksinasi dan proses berlangsung selama kurang dari 1 menit, setelah itu penulis harus ke booth rekor dan melaporkan diri kalau penulis sudah divaksinasi, setelah itu penulis mendapatkan surat rekor vaksinasi yang wajib dibawa saat vaksinasi kedua nanti, langkah terakhir adalah menunggu selama 15-45 menit, tergantung dengan usia serta kesehatan, orang yang baru di vaksinasi wajib untuk menunggu selama 15-45 menit setelah vaksinasi sebelum pulang, hal ini dilakukan untuk memastikan mereka yang divaksinasi tidak terkena serangan efek samping yang membahayakan, dan apabila itu terjadi, bisa mendapatkan pertolongan secepat mungkin.

 

Sampai pada saat artikel ini ditulis, penulis telah mendapatkan vaksinasi selama 24 jam dan sejauh ini tidak ada efek samping yang signifikan, saat menulis artikel ini penulis hanya merasakan sedikit rasa nyeri di area suntikan. Penulis berharap artikel ini dapat membantu Anda, semoga pandemi ini segera berakhir dan stay safe!

 

 

Sumber:

Ministry of Health, Labour and Welfare『新型コロナウイルスワクチン接種の総合案内』

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA