コロナ関連

Perkembangan Covid19 Di Jepang: Ijin Re-Entry Untuk Warga Asing Serta Persyaratan Yang Harus Dipenuhi

Pada bulan April lalu, pemerintah Jepang menjalankan larangan masuk warga serta wisatawan asing ke Jepang. Setelah hampir setengah tahun berlalu, pemerintah Jepang akhirnya melenggangkan larangan tersebut! Hal ini tentunya merupakan berita baik untuk para warga asing yang memiliki status kependudukan di Jepang.

Hingga kini terdapat 159 negara serta  wilayah yang termasuk di dalam daftar negara yang telah diizinkan. Akan tetapi, meskipun pemerintah Jepang sudah mulai melenggangkan larangan masuk, masih ada banyak persyaratan rumit yang perlu dipenuhi bagi warga asing yang ingin kembali atau masuk ke Jepang, serta para penjamin visa. Kami menyiapkan artikel ini untuk memberikan informasi kepada Anda seputar syarat yang perlu dipenuhi untuk masuk ke Jepang.

Eligibility visa di bawah kebijakan kontrol perbatasan yang dipermudah

Warga asing yang ingin masuk ke Jepang dengan tujuan selain wisata, seperti untuk menuntut ilmu, bekerja, dan berkumpul dengan keluarga yang berada di Jepang sudah dapat kembali sejak 1 Oktober, 2020 lalu. Pada umumnya tidak ada prasyarat seperti alasan kemanusiaan yang mendesak untuk mendapatkan izin masuk ke Jepang bagi orang-orang tersebut. Akan tetapi, mungkin ada persyaratan khusus tergantung pada negara asal orang tersebut.

Warga negara dengan kasus Covid19 yang tinggi akan mendapatkan persyaratan yang lebih ketat serta kuota penerimaan warga dari negara tersebut juga akan lebih sedikit. Sebaliknya, untuk negara yang dianggap memiliki kontrol yang baik terhadap pandemi serta kasus Covid19 yang rendah atau merupakan bagian dari program perjalanan lintas batas timbal balik dengan Jepang seperti Brunei, Cambodia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapore, Taiwan, Thailand dan Vietnam tidak perlu memenuhi persyaratan khusus.

Revisi prosedur pengaplikasian visa

Semua pemohon visa baru perlu mengajukan aplikasi ke otoritas imigrasi setempat seperti Kedutaan Besar Jepang terdekat atau kantor konsuler di bawah yurisdiksi Kementerian Kehakiman. Tetapi warga negara asing yang negaranya dicakup oleh pembatasan perjalanan perlu menyerahkan dokumentasi tambahan.

 

                                 Sumber: kementerian luar negeri Jepang

Warga negara asing dari negara lain yang tercakup dalam pembatasan masuk wajib memberikan jaminan tertulis dari perusahaan atau sponsor mereka bahwa tindakan karantina akan diikuti saat memasuki Jepang, yang akan menjadi persyaratan utama untuk proses penyaringan. Wisatawan harus menyerahkan salinan cetak dokumen saat mengajukan izin masuk.

Dokumentasi tambahan mungkin berbeda-beda bergantung pada negara asal.

Persyaratan re-entry ke Jepang

Untuk masuk kembali ke wilayah Jepang, pemegang Re-entry Permit wajib memiliki “Letter of Confirmation of Submitting Required Documentation for Re-entry to Japan” dari kantor perwakilan Jepang di Indonesia. Selain itu, WNA pemegang Re-entry Permit juga diwajibkan untuk menunjukkan “Certificate of Covid-19 Testing” yang dilakukan 72 jam sebelum keberangkatan dari Indonesia pada saat pemeriksaan di Imigrasi di Jepang.

Untuk informasi lebih lanjut, harap mengunjungi  link ini.

Untuk mendapatkan “Letter of Confirmation”, Anda perlu melengkapi dokumen di bawah ini dan menunjukkannya kepada kantor perwakilan Jepang di Indonesia. 

Dokumen yang diperlukan:

  1. Paspor
  2. Resident Card
  3. Formulir 

Untuk informasi tentang “Certificate of Covid-19 Testing”, harap dirujuk pada laman berikut: https://www.mofa.go.jp/ca/fna/page25e_000334.html

 

Sumber: Kedutaan Besar Jepang di Indonesia

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA