就職・転職

Kisah Sukses User OBOI: Bekerja Sebagai Ilustrator di Perusahaan Jepang

投稿日:

Kabar gembira bagi Anda yang berkecimpung di dunia kreatif, pasalnya saat ini tidak sedikit perusahaan Jepang yang merekrut content kreator dari Indonesia. OBOI sendiri telah beberapa kali memberikan informasi lowongan kerja tersebut, terutama lowongan kerja untuk posisi illustrator. Salah satu user OBOI, Megawati,  yang telah diterima kerja akan membagikan ceritanya pada Anda. 

1. Selamat siang Kak, kami mengucapkan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk wawancara hari ini. Bagaimana bisa tahu OBOI Jepang?

Awalnya Saya tahu OBOI Jepang dari sahabat Saya, dia menemukan iklan lowongan kerja ilustrator yang dibagikan OBOI di Facebook. Karena pandemi ini Saya sedang membutuhkan pekerjaan online. Sahabat Saya langsung memperkenalkannya lowongan tersebut. Setelah itu Saya mulai mencoba mengenal OBOI dengan meng-add official line OBOI Jepang dan konsultasi dengan operatornya melalui chat dan video ZOOM untuk apply lowongan tersebut.

2. Timing-nya pas sekali ya kak. Apa yang membuat kakak tertarik dengan industri ilustrasi?

Sejak dulu Saya sangat suka menggambar, bisa menggambar sesuatu itu sebuah kebahagiaan tersendiri buat Saya. Saat sedang depresi, stress, bosan, dan senang dengan sesuatu, Saya selalu melampiaskannya dengan menggambar, dari situ Saya tertarik dengan industri ilustrasi. Saya berharap bisa terus menggambar sesuatu sambil bekerja.  

3. Sejak kapan terjun di dunia ilustrasi?

Saya mulai tertarik menggambar saat sekolah dasar. Awalnya Saya suka manga (komik Jepang) sampai-sampai bermimpi ingin menciptakan manga sendiri dan dari situ mulai belajar teknik menggambar. Saat itu lebih fokus belajar teknik menggambar manga daripada ilustrasi, namun seiring berjalannya waktu Saya mulai tertarik dengan ilustrasi karena terinspirasi dari anime. Waktu itu menggambarnya hanya bermodal kertas dan pensil saja, jadi belum bisa serius mendalami dunia ilustrasi.

Saya mulai serius terjun ke dunia ilustrasi setelah berhasil mendapatkan pen tablet dan mulai menguasai program mewarnai digital seperti SAI paint tool. Kemudian Saya mulai mencoba mencari situs gambar seperti DeviantArt dan semacamnya untuk meningkatkan skill mewarnai. Dari situs ini jugalah Saya mulai mengenal industri ilustrasi.

4. Wah sudah lama sekali menekuni bidang ini ya kak. Oh iya, kami ucapkan selamat diterima kerja di perusahaan Jepang. Apakah ini pertama kalinya bekerja bareng dengan orang Jepang?

Ya, ini kalinya aku di interview dan sampai bisa bekerja dengan orang Jepang.

5. Saya dengar kakak kerjanya remote, bagaimana rasanya kerja remote di perusahaan Jepang? Apakah ada kendala?

Iya benar. Perusahaan ada di Jepang dan saya bekerja remote dari Indonesia. Awalnya deg-degan karena perusahaan Jepang dikenal sangat disiplin dan keras, namun setelah berhasil diterima dan melalui waktu yang cukup banyak dengan staf yang lain, Saya mulai terbiasa dan merasa fun bekerja di perusahaan ini. Saat ini kendala yang dihadapi, Saya masih belum bisa mengatur waktu dengan baik untuk waktu kerja dan waktu pribadi.

6. Lalu bagaimana kesan-kesan bekerja bareng dengan orang Jepang?

Kesanku ke Orang Jepang yang saat ini menjadi atasanku adalah comfy dan friendly untuk diajak bekerja bersama-sama. Kerja mereka pun juga sangat disiplin sehingga sangat membuat Saya kagum.

7. Tentunya nyaman sekali kalau dapat atasan yang baik ya. Bisa minta kesannya menjadi user OBOI jepang ?

Operator OBOI sangat friendly dan menyenangkan diajak ngobrol, jadi saya lebih leluasa untuk konsultasi

8. Terakhir, minta pesan/saran untuk OBOI Jepang agar kedepannya lebih baik

Untuk kedepannya terus friendly dan fun ya, ganbare OBOI ~!

 

Terima kasih Megawati, sebagai operator OBOI kami akan terus berusaha untuk men-support kaka.

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA