労働関連

Kerja di Jepang : Tipe visa kerja dan kegiatan yang diperbolehkan

Halo semuanya!

Artikel ini akan membahas tipe visa kerja yang ada di Jepang serta bidang pekerjaan apa saja yang diperbolehkan untuk setiap tipe visa tersebut!
Perlu diperhatikan bahwa visa kerja di Jepang hanya mencakup pekerjaan dengan keterampilan serta pengetahuan tingkat tinggi. Karena itu, pekerja asing
tidak diperbolehkan untuk terlibat dalam pekerjaan manual / sederhana di bawah visa kerja, hanya orang-orang yang memiliki visa dengan status keluarga (pasangan / anak warga negara Jepang), penduduk jangka panjang, visa pelajar (dengan syarat tertentu cek artikel ini untuk info lebih lanjut) dan dependant visa (orang dengan status pasangan dari pemegang visa kerja) yang boleh terlibat dalam bidang pekerjaan manual/sederhana.

Di artikel ini kami tidak memuat informasi menyeluruh terkait Highly Skilled Professionals dan Specified Skilled Worker Visa atau Tokutei Ginou visa yang baru saja diluncurkan tahun lalu, karena kedua visa ini sedikit berbeda dengan visa kerja umum dan perlu artikel terpisah untuk dijelaskan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai tipe visa kerja umum, silahkan cek tabel berikut:

 

Tipe Visa Kegiatan yang diperbolehkan Persyaratan
Engineer / Specialist in Humanities / International Services Engineer:
Bekerja di bidang ilmu fisika, teknik atau ilmu alam lainnya.Specialist in Humanities:
Bekerja di bidang hukum, ekonomi, sosial atau dalam ilmu kemanusiaan.International Services:
Bekerja di bidang terjemahan, interpretasi, pengajaran bahasa, hubungan masyarakat, perdagangan internasional, desain fashion, desain interior, pengembangan produk.
Engineer:
Memiliki gelar sarjana di bidang yang sesuai atau pengalaman bekerja di bidang yang tertera selama 10 tahun.Specialist inHumanities:Memiliki gelar sarjana di bidang yang sesuai atau pengalaman bekerja di bidang yang tertera selama 10 tahun.International Services:
Pengalaman kerja selama 3 tahun di bidang yang tertera kecuali untuk bidang interpretasi / terjemahan instruksi bahasa yang hanya memerlukan gelar sarjana.
Intra-company Transferee Ekspatriat perusahaan asing atau anak perusahaan perusahaan Jepang yang berlokasi di luar negeri. Harus bekerja lebih dari satu tahun di perusahaan Jepang yang berlokasi di luar negeri selama minimal setahun.
Skilled Labor Bekerja sebagai chef atau ahli masak makanan asing, arsitektur atau karakteristik teknik sipil ke negara-negara asing, pengolah batu mulia, logam atau bulu, pelatih hewan, pilot, instruktur olahraga, sommeliers (ahli anggur/wine) Pengalaman kerja selama 3-10 tahun (jumlah tahun tergantung pada jenis pekerjaan) di bidang yang tertera (termasuk periode pelatihan)
Business Manager Memulai atau berinvestasi dalam bisnis di Jepang, atau mengelola bisnis atas nama investor lain di Jepang. Pendaftaran:
Memiliki kantor fisik di Jepang serta investasi 5 juta yen ke dalam bisnis. Pembaruan:
Memiliki laba sebesar 10 juta yen serta biaya 5 juta yen.

 

Jepang juga menyediakan visa kerja untuk orang dengan keahlian serta pengetahuan khusus yakni:

 

Tipe Visa Penjelasan

 

Diplomat/official Personil Kedutaan dan Kantor Konsuler, Misi Diplomatik, personil Pemerintah serta anggota keluarga. Aplikasi melewati Kementerian Luar Negeri, dan bukan biro Imigrasi.

 

Professor Ahli di bidang penelitian dan pendidikan di Universitas atau lembaga pendidikan yang setara.

 

Instructor Ahli di bidang pendidikan bahasa asing atau pendidikan lainnya di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dll.

* Instruktur di sekolah bahasa swasta harus mengajukan permohonan untuk visa “Spesialis dalam Kemanusiaan / Layanan Internasional”.

Artist Ahli di kegiatan artistik yang menghasilkan pendapatan yang cukup untuk mendukung kehidupan sang seniman di Jepang (pelukis, pematung, fotografer, penulis, komposer, penulis lagu, dll …)

 

Religious Activities Misionaris dikirim dari organisasi keagamaan asing.

 

Journalist Jurnalis yang memiliki kontrak dengan organisasi media asing, termasuk jurnalis lepas.

 

Legal/ Accounting Services
Pengacara, akuntan publik bersertifikat atau spesialis lain dengan kualifikasi di bidang hukum.

 

Medical Services Dokter, dokter gigi atau spesialis medis lainnya yang memenuhi kualifikasi standar dari Jepang.

 

Researcher Peneliti yang melakukan penelitian berdasarkan kontrak dengan organisasi publik atau swasta di Jepang.

 

Entertainer Ahli dalam pertunjukan teater, pertunjukan musik, olahraga atau bisnis entertainment lainnya.

 

 

Sekian tipe visa kerja umum dan kegiatan yang dapat dilakukan dengan visa-visa tersebut. Mengetahui kegiatan apa saja yang diperbolehkan dengan visa Anda merupakan hal yang penting untuk menghindari pelanggaran hukum serta memberi bayangan visa seperti apa yang perlu anda apply.

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan yang tidak mengikuti peraturan hukum ketenagakerjaan atau dipekerjakan tidak sesuai dengan kriteria visa yang tertera, OBOI JEPANG akan dengan senang hati membantu Anda dengan masalah Anda, jadi silahkan menghubungi kami!

 

Sumber:Ministry of Foreign Affairs of Japan

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA