就職・転職

Kerja Di Jepang: Tipe Pekerjaan di Jepang Yang Tidak Membutuhkan Bahasa Jepang

投稿日:

Mencari pekerjaan di Jepang tidaklah mudah. Menemukan pekerjaan dan perusahaan yang baik sangatlah sulit terutama apabila Anda tidak memiliki skill bahasa Jepang yang tinggi. Pada artikel ini penulis akan membahas berbagai jenis pekerjaan di Jepang yang tidak terlalu membutuhkan skill bahasa Jepang yang tinggi. 

 

Perlu dicatat, walaupun pekerjaan yang kami jabarkan tidak membutuhkan skill bahasa Jepang yang tinggi, kami tetap menyarankan Anda untuk tetap belajar bahasa Jepang untuk mempermudah komunikasi dan kehidupan Anda sehari-hari. Selain itu, pekerjaan yang kami jabarkan merupakan pekerjaan yang akan memberikan Anda visa kerja Specialist In Humanities / Engineer / International Service, adapun pekerjaan tersebut merupakan:

 

  • Staf Apartemen dan Perumahan

Agen perumahan dan apartemen khusus orang asing pada umumnya menyediakan pekerjaan di Jepang bagi orang asing untuk posisi pekerja tetap. Tugas dari karyawan ini adalah menangani email umum dalam bahasa Inggris dan pelanggan dalam bahasa ibu mereka. Umumnya staff tidak perlu berbicara bahasa Jepang sama sekali karena mereka memiliki tim staf Jepang yang bisa berbahasa Inggris. 

 

  • Guru Bahasa Inggris

Ini adalah pekerjaan paling umum di Jepang bagi orang asing. Meskipun cukup sulit bagi non native English speaker untuk menjadi guru bahasa Inggris, tapi tidak memungkinkan bagi WNI untuk mendapatkan pekerjaan guru Bahasa Inggris, penulis sendiri sudah pernah bekerja sebagai guru Bahasa Inggris sebelumnya. Bagi non native English speaker Anda tidak bisa menjadi ALT(asisten guru bahasa) maupun guru sekolah karena pekerjaan itu membutuhkan visa instructor dan hanya untuk native speaker. 

 

  • Bidang Ekspor 

Ada banyak perusahaan mengekspor barang dari Jepang ke negara sekitar Anda. Jenis bisnis ekspor yang paling umum yang mempekerjakan orang asing yang tidak berbahasa Jepang adalah industri mobil bekas. Perusahaan di Jepang mengekspor mobil bekas, truk, dan kendaraan lain ke luar negeri. Mereka mencari staf untuk melayani sebagai dukungan pelanggan, menggunakan bahasa ibu Anda atau bahasa Inggris untuk menemukan klien di negara asal Anda.

Pekerjaan ini cukup sulit karena Anda harus mempelajari undang-undang dan tarif ekspor. Anda juga harus bekerja ketika klien Anda bekerja, jadi Anda mungkin berada di kantor pada jam-jam yang aneh di malam hari, tetapi Anda dapat mencari perusahaan yang bersedia untuk mengakomodasi preferensi jadwal Anda.

 

  • Staf Hotel

Ada banyak pekerjaan perhotelan di Tokyo dan di seluruh Jepang. Beberapa hotel kelas atas di Tokyo menginginkan staf asing untuk membantu tamu internasional mereka. Beberapa hotel lebih menyukai kemampuan bahasa Jepang, tetapi secara umum mereka tampaknya baik-baik saja selama Anda memiliki keterampilan percakapan bahasa Jepang tingkat dasar dan skill bahasa Inggris yang tinggi. Posisi hotel di luar Tokyo biasanya musiman, dengan posisi musim dingin di Niseiko dan posisi musim panas di Okinawa.

Namun, tantangan dalam menemukan posisi ini adalah bahwa hotel menggunakan nama yang berbeda untuk menggambarkan posisi tersebut, dan Anda harus mencari semuanya. Berikut adalah beberapa nama yang kami lihat: Staf Front / Staf Hotel / Konsultan Reservasi Internasional.

 

  • IT

Saat ini banyak sekali perusahaan yang terkait dengan dunia IT dan sedang mencari pekerja IT di Jepang. Penawaran utama datang dari perusahaan teknologi besar dan perusahaan startup.

Kisaran peluang kerja di bidang IT seperti pengembang perangkat lunak, pengembang pembelajaran mesin, analis data, ilmuwan data, teknisi IT, manajer proyek IT, konsultan IT, dan juga pekerja TI freelance. Pekerjaan ini bisa jadi sulit karena Anda harus mengembangkan banyak keterampilan dan pengetahuan, yang membutuhkan waktu dan energi. Skill bahasa Jepang akan membantu, namun, ada juga banyak peluang bagi mereka yang tidak lancar berbahasa Jepang.

 

  • Programmer

Seiring perkembangan zaman, banyak pekerjaan yang membutuhkan teknologi tinggi untuk mendukung kinerja perusahaan dan membantu produktivitas, programmer bertanggung jawab untuk mendesain rangkaian kode yang dapat menjadi berbagai hal dari aplikasi hingga mengkode perintah untuk mesin-mesin dan AI. 

Programmer adalah pekerjaan yang krusial karena itu meskipun bahasa Jepang tidak terlalu tinggi, perusahaan biasanya masih menerima asalkan pelamar memiliki skill bahasa pemrograman yang memadai.

 

  • Pemandu Wisata dan Perencana Perjalanan

Mirip dengan pekerjaan perhotelan di industri perhotelan, pekerjaan berbasis tur di Tokyo berlimpah. Banyak perusahaan yang mengharuskan anda bisa bahasa Jepang sehari-hari tapi jarang ada perusahaan yang mengharuskan anda memiliki kemampuan bahasa Jepang yang tinggi. Posisi berkisar dari pemandu wisata hingga koordinator perjalanan. Koordinator perjalanan mengelola seluruh proses perjalanan, mulai dari pra-kedatangan hingga penerbangan kembali, memastikan semuanya berjalan lancar bagi pelanggan yang membayar perjalanan wisata dengan layanan lengkap. Pemandu wisata mengawasi tur yang sebenarnya, memastikan bahwa pelanggan naik dan turun tepat waktu di setiap pemberhentian.

 

  • Pekerjaan Agen Perjalanan

Agen perjalanan membutuhkan staf asing untuk membantu klien WNA. Gaji dan tunjangan didasarkan pada pengalaman, tetapi sebagian besar posisi adalah untuk pemula. Ini adalah pilihan yang baik untuk memulai karir Anda di Jepang. Anda 

dapat membantu individu dan perusahaan memesan perjalanan wisata, dan Anda akan sering mendapatkan kesempatan untuk bepergian sendiri agar Anda dapat merancang perjalanan yang apik.

 

Tentunya pekerjaan-pekerjaan yang telah kami jabarkan diatas merupakan sebagian kecil dari rangkaian karir yang bisa Anda pilih, kira-kira pekerjaan seperti apa yang menarik perhatian Anda? Apabila ada pertanyaan seputar pekerjaan di Jepang, jangan sungkan untuk konsultasi dengan kami!

 

Sumber:

BFF Tokyo『Ultimate Guide to Jobs in Japan for Foreigners』

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA