就職・転職生活

Kerja di Jepang: Sistem Perpajakan dan Asuransi di Jepang

Halo semuanya! Apakah diantara kalian ada yang ingin atau sedang bekerja di Jepang? Bekerja di Jepang merupakan impian bagi sebagian orang, dikarenakan gaji yang ditawarkan lebih menarik ketimbang bekerja di Indonesia. Namun, tahukah kalian? Ketika bekerja di Jepang, gaji yang kita terima lebih kecil dari yang tertera di kontrak? Di Jepang, gaji kalian akan dikenakan sekitar 20% pengurangan untuk pembayaran pajak dan asuransi. Semisal jumlah gaji yang tertera di kontrak adalah 200.000 yen, maka kisaran yang akan akan masuk ke rekening kalian sekitar 160.000 yen.

Dilansir dari Ohayo Jepang, berikut adalah contoh estimasi rincian potongan biaya yang tidak bisa dihindari. 

 

Persentase yang dipotong Jumlah
Gaji Pokok ¥ 200.000 
Pajak Pajak Peghasilalan 2,5% ¥ 5.000
Pajak Penduduk 5% ¥ 10.000
Asuransi Asuransi Kesehatan 5% ¥ 10.000
Asuransi Ketenagakerjaan 0,3% ¥ 720 
Pensiun 9,25% ¥18.500
Gaji bersih 77,95% ¥155.900

Pajak Penghasilan (shotokuzeiー所得税)

Setiap orang yang menerima penghasilan akan dikenakan pajak penghasilan yang besarnya tergantung pada  jumlah penghasilan seseorang per tahun. Semakin besar penghasilan, maka besar juga persentase potongan pajak. Namun, untuk kalian yang memiliki penghasilan bulanan kurang dari 88.000 yen/bulan atau 1.030.000 yen/tahun akan dibebaskan dari pajak. Bagi yang memiliki tanggungan keluarga dapat memperoleh potongan pajak penghasilan dengan menyertakan daftar tanggungan ketika mengajukan penyesuain pajak di akhir tahun. 

Pajak Penduduk (jyuuminzeiー住民税)

Selain pajak penghasilan, ada juga pajak penduduk. Pajak ini dibebankan oleh pemerintah daerah setempat untuk membangun dan memelihara layanan pendidikan/kesejahteraan kota setempat. Perhitungannya berdasarkan penghasilan pada 1 Januari di tahun sebelumnya. Oleh karena itu pajak ini tidak dikenakan untuk kalian yang tinggal di Jepang kurang dari 1 tahun. Pajak penduduk setiap orang bervariasi tergantung daerah tempat tinggal kalian. Sebagai contoh, pada tahun 2019 pajak penduduk untuk Tokyo adalah 9.958 yen.

Asuransi Kesehatan (kenko hoken-健康保険)

Asuransi kesehatan wajib dimiliki ketika berada di Jepang baik warga asing maupun orang Jepang. Ini merupakan asuransi yang digunakan untuk mengurangi beban biaya pengobatan. Besar biaya yang kalian bayar saat berobat hanya 30% dari total pengobatan. Dalam beberapa kasus kalian akan menerima pengembalian dana apabila membayar biaya medis melampaui jumlah tertentu.

Asuransi Ketenagakerjaan (koyou hoken-雇用保険)

Asuransi ketenagakerjaan merupakan salah satu asuransi wajib yang berada di bawah kendali pemerintah. Perusahaan diwajibkan untuk mendaftarkan pegawainya dengan membayar premi setiap bulan. Melalui asuransi ini, pekerja yang kehilangan pekerjaan atau menganggur dapat mengajukan tunjangan pengangguran dengan mendatangi kantor ketenagakerjaan setempat (Hello Work). 

Pensiun (kousei nenkin hokenー厚生年金保険)

Setiap orang yang tinggal di Jepang, baik itu warga asing maupun warga Jepang yang berusia diantara 20-59 tahun diwajibkan oleh undang-undang untuk mendaftarkan diri dalam program pensiun dan membayar premi asuransi pensiun setiap bulan. Namun, seseorang dapat mengajukan pembebasan premi apabila memiliki penghasilan rendah. 

Kami harap artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang berencana untuk kerja di Jepang. Dengan mengetahui hal ini, kalian dapat merencanakan keuangan dengan baik setiap bulannya. Walaupun terdapat banyak potongan, hal ini bermanfaat untuk membantu kalian selama bekerja di Jepang. Jadi jangan bingung ya kalau nanti gaji yang diterima tidak sesuai dengan yang tertera di kontrak.

Sumber: https://ohayojepang.kompas.com/

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA