就職・転職

Kerja Di Jepang: Seputar Visa Chef

投稿日:

Jepang adalah salah satu negara yang kerap menjadi tujuan wisata, tinggal, studi dan kerja bagi banyak warga negara Indonesia, dikarenakan banyaknya budaya Jepang yang dipaparkan di Indonesia, banyak sekali warga Indonesia yang bermimpi untuk bisa tinggal di negara ini. Di bayangan kebanyakan orang, bidang pekerjaan untuk orang Indonesia di Jepang mungkin cukup terbatas, seperti program magang, pekerjaan kaigo, pertanian, pabrik dan pekerjaan blue collar lainnya. Meskipun demikian pilihan pekerjaan yang tersedia bagi warga Indonesia tidak terbatas pekerjaan blue collar saja, banyak sekali peluang kerja yang bisa diambil warga negara Indonesia, salah satunya adalah posisi chef atau juru masak.

Jepang kini perlahan-lahan menjadi negara dengan warga multinasional, ada banyak warga negara asing yang menjadi warga negara tetap dan tinggal lama di Jepang, salah satu kelompok warga negara asing di Jepang adalah orang-orang dari Indonesia, karena itulah tidak heran ada banyak restoran Indonesia di Jepang, selain untuk melepas rindu warga negara Indonesia yang ada di Jepang, restoran Indonesia juga menjadi pilihan makanan yang unik bagi warga Jepang dan warga asing lainnya.

Untuk membuka restoran Indonesia di Jepang anda memerlukan visa bisnis, akan tetapi pada artikel kali ini kami ingin membahas seputar visa chef, yang bisa menjadi langkah awal Anda apabila di masa depan Anda ingin membuka restoran di Jepang.

 

Apa Itu Visa Chef?

Visa chef adalah salah satu visa kerja yang masuk dalam kategori visa Tenaga Kerja Terampil, visa ini ditujukan kepada mereka yang telah berpengalaman dan dapat dibilang ahli dalam memasak masakan Indonesia. Anda perlu terlibat dalam proses memasak atau memproduksi makanan. Konten pekerjaan Anda harus berupa pekerjaan yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dan Anda perlu memiliki 10 tahun pengalaman sebagai juru masak makanan Indonesia, restoran tempat Anda bekerja pun harus mendaftarkan restoran mereka sebagai restoran spesialis makanan Indonesia.

Mereka yang bisa mendapatkan visa chef, dianggap merupakan pakar ahli di bidang kuliner dan merupakan orang yang memiliki skill tinggi yang tidak dapat ditemukan di Jepang, karena itu mereka yang memiliki visa ini dapat dikatakan sebagai orang-orang dengan skill yang dihargai tinggi karena tidak mudah ditemukan di Jepang.

 

Seperti Apa Proses Pembuatan Visa Chef?

Sebagai tahap pertama, pemilik restoran masakan asing di Jepang akan mewawancarai beberapa kandidat asing, dan kemudian pemilik restoran memutuskan apakah akan mempekerjakan Anda.

Untuk mendapatkan visa Tenaga Kerja Terampil, dokumen yang menjelaskan alasan mempekerjakan orang asing akan diperlukan dari pemilik serta Aplikasi Untuk Sertifikat Kelayakan Status Tempat Tinggal untuk visa Tenaga Kerja Terampil dari Biro Imigrasi Jepang.

Pemilik restoran di Jepang harus menyiapkan dokumen-dokumen berikut:

  • Kontrak kerja asli dan salinannya
  • Salinan pernyataan akun
  • Salinan resmi registrasi perusahaan
  • Salinan izin usaha
  • Daftar karyawan asing
  • Menu restoran
  • Sketsa interior restoran
  • Foto restoran 

 

Dokumen tambahan lebih lanjut mungkin diperlukan. Jika itu adalah restoran baru, dokumen yang membuktikan biaya renovasi juga diperlukan.

 

Dokumen berikut akan diperlukan dari negara asal Anda: 

  • Foto
  • CV
  • Sertifikat pekerjaan Anda atau cuti sertifikat kerja. 

 

Jika saat ini Anda dipekerjakan, Anda akan memerlukan salinan izin bisnis restoran tempat Anda saat ini dipekerjakan dan foto restoran tempat Anda bekerja saat ini. Anda juga akan memerlukan sertifikat perdagangan; dan salinan KTP Anda.

Proses untuk mendapatkan visa chef mungkin terkesan mengintimidasi di awal, akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena apabila Anda bisa membuktikan skill Anda dan menunjukkan sejarah kerja, makan pada umumnya Anda proses pembuatan visa akan berjalan lancar.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mencoba memulai karir di bidang juru masak di Jepang! Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan sungkan untuk bertanya-tanya kepada kami.

 

Sumber: 

Ministry of Foreign Affairs of Japan『Visa』

Visa Japan『Chef and Pattisier』

Tokyo Imigration『I want to work in Japan』

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA