就職・転職

Kerja di Jepang: Seputar Posisi Pekerjaan Di Bidang Perhotelan Serta Kemampuan Yang Dibutuhkan

Perhotelan merupakan salah satu bidang pekerjaan yang masuk ke dalam visa tokutei ginou/specified skilled workers visa. Visa ini merupakan kebijakan baru yang disahkan pemerintah Jepang pada tahun 2019. Tidak hanya tokutei ginou saja, mulai 25 Februari 2020 bidang perhotelan juga masuk menjadi program magang Jepang 3 tahun, sebelumnya bidang ini hanya ada untuk program internship (program 1 tahun).

Bagi Anda yang ingin terjun di industri perhotelan Jepang, kami akan memberikan informasi seputar bidang ini untuk menambah wawasan Anda.

 

 

 

Jenis Posisi Pekerjaan Di Bidang Perhotelan

Umumnya di bidang perhotelan memiliki 5 divisi kerja yang bertugas masing-masing untuk mengoperasikan hotel, yaitu Room Division (shukuhaku bumon-宿泊部門), Food & Baverage Product Division (chouri bumon-調理部門), Food & Baverage Service Division (ryouin bumon-料飲部門), Banquet Service Division (enkai bumon-宴会部門), dan Management & Sales Division (kanri eigyou bumon-管理・営業部門). Dalam artikel ini kami hanya menjelaskan secara detail mengenai posisi yang ada dalam  Room Division (shukuhaku bumon-宿泊部門), Food & Baverage Service Division (ryouin bumon-料飲部門), Banquet Service Division (enkai bumon-宴会部門).

 

Room Division (shukuhaku bumon-宿泊部門)

Room Division merupakan divisi utama di industri perhotelan yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan kamar. Room division membawahi Front Office, Bell Attendant, Door Attendant, Concierge, dan Housekeeping. 

 

Tugas dari Front Office (furonto-フロント)

Front Office atau biasa disebut bagian resepsionis, umumnya memiliki 4 tugas utama sebagai berikut:

  1. Bertugas melakukan check-in dan check-out untuk tamu
  2. Melakukan reservasi kamar
  3. Memberikan informasi kepada tamu
  4. Menangani tagihan tamu atau guest bill

 

Selain keempat tugas utama tersebut, front office juga menangani komplain dari tamu serta mengecek dan mengelola daftar tamu-tamu sebelumnya. 

 

Bell Attendant (beru atendanto-ベルアテンダント)

Tugas dari Bell Attendant adalah membawa barang-barang tamu dan membimbing mereka ke meja front office dan kamar tamu. Tugas dari Bell Attendant akan sering bolak-balik antara lobi dan seluruh hotel, oleh karena itu memiliki banyak interaksi dengan anggota staf lainnya. Sebagai petugas Bell Attendant perlu jeli melihat situasi meja front office, apakah petugas front office sedang dalam keadaan bisa melayani tamu atau tidak. Apabila meja front office dipenuhi tamu lain, biasanya petugas Bell Attendant akan mengarahkan tamu yang mengantri untuk menunggu duduk di lobi.

 

Door Attendant (doa atendanto-ドアアテンダント)

Bertanggung jawab untuk membimbing tamu dengan aman dan lancar masuk ke dalam gedung hotel. Staf Door Attendant bertugas untuk membuka pintu masuk hotel, pintu mobil, serta memarkir mobil tamu. Meskipun tugasnya melayani tamu terbilang singkat, ini adalah pekerjaan penting karena merekalah yang pertama menyambut tamu di hotel.

 

Concierge (konsheruju-コンシェルジュ)

Tugas dari Concierge adalah memenuhi setiap permintaan pelanggan semaksimal mungkin, misalnya mengatur reservasi restoran, reservasi tiket acara, reservasi Shinkansen, dan memberikan informasi wisata yang dekat dengan kawasan hotel.

Staf Concierge juga harus cukup fleksibel untuk menanggapi semua permintaan, memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi, dan memiliki keterampilan sosial untuk membuat koneksi di dalam dan di luar hotel.

 

Housekeeping (hausu ki-pingu-ハウスキーピング)

Bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan kamar tamu. Selain membersihkan kamar tamu, merapikan tempat tidur, dan mengisi kembali persediaan toiletries, juga bertugas untuk menyediakan layanan binatu dan meminjamkan peralatan yang dibutuhkan tamu.

 

Umumnya, tugas housekeeping diserahkan kepada perusahaan jasa luar, namun dalam hal ini karyawan hotel tetap bertanggung jawab untuk mengecek kamar hotel untuk  konfirmasi akhir dari kamar yang dibersihkan.

 

Food & Baverage Service Division (ryouin bumon-料飲部門)

Bertanggung jawab untuk mengurus layanan dalam bentuk makan dan minum di restoran dan bar yang ada di dalam hotel.

 

Receptionist (resepushonisuto-レセプショニスト)

Staf resepsionis bertugas di depan pintu restoran/bar untuk memandu tamu ke meja dan menangani tagihan tamu. Staf resepsionis berperan penting untuk membuat kesan pertama yang baik, karena merupakan orang pertama yang bertatapan langsung dengan tamu di restoran/bar. Staf ini juga bertugas mengatur tempat duduk, sehingga mereka dituntut untuk bersikap jeli dengan kondisi restoran dan dapat menanggapi permintaan pelanggan semaksimal mungkin agar mereka tetap menunggu.

 

Waiter / waitress (ueitā/ ueitoresu-ウェイター/ウエイトレス)

Bertugas melayani tamu di restoran seperti menjelaskan menu, menerima pesanan, menyajikan minuman dan makanan, dan memastikan pesanan sampai ke tamu yang tepat tak lama setelah hidangan selesai dimasak

 

Room service (rūmusābisu-ルームサービス)

Bertugas membawa pesanan makanan dan minuman ke kamar tamu sehingga tamu hotel dapat menikmati makanan mereka di kamar. Di beberapa hotel bintang lima, dapat diberikan tingkat layanan yang lebih tinggi, seperti meletakkan taplak meja setelah makanan diantarkan atau membukakan wine. Di hotel dengan banyak tamu asing, selain dapat berbahasa Jepang Anda juga diminta untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.

 

Bartender (bātendā-バーテンダー)

Bartender sering dianggap hanya menyajikan alkohol, namun memiliki pekerjaan penting lainnya, yaitu “melayani/menemani tamu”. Tidak hanya teknik pembuatan minuman, tetapi juga diperlukan kemampuan komunikasi yang baik untuk bercakap-cakap dengan tamu.

 

Banquet Service Division (enkai bumon-宴会部門)

Tugas dari staf banquet adalah bertanggung jawab dalam mengatur reservasi yang menggunakan aula dan ruangan hotel serta melayani tamu untuk perjamuan dan pernikahan yang menyewa ruangan tersebut.

 

Banquet reservation (enkai yoyaku-宴会予約)

Staf dari banquet reservation akan mengambil alih reservasi penggunaan ruangan atau aula hotel yang dibuat oleh divisi sales, kemudian bertugas mempersiapkan dan menyelenggarakan acara perjamuan atau pernikahan sesuai reservasi tersebut. Staf ini akan berkomunikasi dengan tamu untuk mendengarkan permintaan tamu dan memutuskan tata letak tempat di acara, isi makanan, serta kemajuan acara.

 

Banquet Service (enkai sa-bisu-宴会サービス)

Staf banquet service adalah koordinator dari acara yang dilaksanakan di hotel. Bertugas mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk acara, serta melayani tamu saat acara berlangsung, seperti menyediakan makanan dan minuman. Staf ini juga harus memahami acara sehingga dapat memberikan instruksi dan mengatur staf dari divisi lain yang datang untuk membantu kelancaran acara.

 

Cloak Room Staff (kuro-ku-クローク)

Cloak Room adalah ruangan sementara untuk penitipan barang para tamu yang datang ke acara perjamuan di hotel. Staf umumnya mengatur barang-barang yang dititipkan selama acara berlangsung.

 

Kemampuan Yang Dibutuhkan Untuk Bekerja Di Perhotelan

Kemampuan utama yang dibutuhkan tentu saja Anda harus bisa berbahasa Jepang. Untuk mengajukan visa tokutei ginou bidang perhotelan syarat utamanya harus lulus JLPT N4 dan lulus tes tokutei ginou bidang perhotelan yang diadakan oleh General Incorporated Association Center for Accommodation Industry Proficiency Test (CAIPT). Untuk jadwal tes dapat dilihat di sini.

 

Selain kemampuan bahasa Jepang, kemampuan “hospitality” juga menjadi bagian utama di industri perhotelan Jepang. Hal ini karena industri perhotelan Jepang mengedepankan kepuasan pelanggan. Yang dimaksud “hospitality” di sini menyangkut tata krama, bagaimana Anda peka terhadap sekitar (kikubari 気配り), serta bagaimana Anda melayani tamu dengan sepenuh hati (kokoro kubari 心くばり). 

 

Demikian artikel ini, semoga artikel ini dapat berguna bagi Anda yang ingin masuk ke industri perhotelan di Jepang. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar ketenagakerjaan di Jepang silakan hubungi kami di LINE Official OBOI JEPANG.

 

Sumber:

Kandagaigo 『ホテルの職種と仕事内容が丸分かり!ホテル勤務者の1日の流れを公開』

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA