就職・転職

Kerja di Jepang: Seputar Kakutei Shinkoku (Pengembalian Pajak Akhir)

Bekerja di luar negeri merupakan kesempatan bagi Anda yang ingin memperoleh gaji yang besar. Namun, gaji yang tinggi diikuti juga dengan tingginya pajak yang dibebankan; hal ini berlaku pula di Jepang. Di Jepang, penghasilan yang Anda peroleh akan dipotong 20% untuk berbagai pajak wajib, seperti pajak penghasilan, pajak penduduk, asuransi kesehatan nasional, asuransi ketenagakerjaan, hingga uang pensiun.

Sebagai warga asing yang bekerja di luar negeri, besarnya potongan pajak tentunya sangat memberatkan, apalagi untuk Anda yang memiliki tanggungan. Namun, di Jepang Anda dapat menerima pengembalian pajak dengan mengajukan penyesuaian pajak akhir tahun. Penyesuain pajak ini dilakukan untuk menghitung ulang jumlah total pajak pendapatan yang akan dikumpulkan untuk tahun tersebut dan membandingkannya dengan jumlah total yang dipotong untuk menyesuaikan “kelebihan atau kekurangan”. Jika jumlah pajak yang dibayarkan lebih, maka selisihnya akan dikembalikan kepada Anda. Bagi Anda yang mengirimkan sebagian penghasilannya ke Indonesia untuk membantu keluarga atau memiliki asuransi lain yang dibayar (selain asuransi wajib), Anda dapat menyertakan dokumen-dokumen penunjang untuk menerima pengembalian pajak tersebut. Penyesuaian pajak diajukan oleh perusahaan di bulan Desember dengan memberikan formulir yang disebut nenmatsu chousei (年末調整). Pada umumnya perusahaan akan memberi arahan dengan mengisi data dan meminta membubuhi stempel pada formulir. Dalam berbagai kasus tidak banyak perusahaan yang memberikan arahan untuk menyertakan dokumen-dokumen penunjang saat mengajukan nenmatsu chousei, hal ini membuat pengembalian pajak yang diterima tidak maksimal. 

Apabila kalian sudah terlanjur mengajukan nenmatsu chousei tanpa menyertakan dokumen-dokumen pendukung, kalian bisa mengajukan kakutei shinkoku(確定申告) untuk menerima pengembalian pajak secara maksimal.

Apa Itu Kakutei Shinkoku?

Kakutei shinkoku adalah prosedur penyesuaian pajak akhir tahun untuk menentukan jumlah pajak penghasilan berdasarkan jumlah penghasilan dari bulan Januari hingga Desember sebelumnya. Berbeda dengan nenmatsu chousei, kakutei shinkoku tidak diajukan oleh perusahaan melainkan mandiri. Terdapat beberapa faktor yang menentukan jumlah pengembalian pajak. Contohnya biaya pengobatan yang tinggi, terdapat tanggungan, dan-lain-lain. Apabila dalam setahun Anda mengeluarkan biaya pengobatan melebihi 100.000 yen, Anda dapat mengajukan pengurangan biaya pengobatan dan menerima pengembalian sebagian dari pajak yang Anda bayarkan. Jika Anda memiliki tanggungan, Anda dapat mengajukan pemotongan ini untuk semua biaya pengobatan, termasuk anggota keluarga Anda.

Selain itu pelajar asing yang melakukan part-time juga dapat mengajukan prosedur ini untuk mendapat keringanan pajak penghasilan maupun pajak penduduk. Kakutei shinkoku juga memungkinkan 

 

Kapan dan Di Mana Mengajukan Kakutei Shinkoku?

Periode pengajuan kakutei shinkoku dibatasi dari 16 Februari hingga 15 Maret setiap tahun. Kakutei shinkoku dapat diajukan di kantor pajak nasional atau di departemen pajak di kota Anda. Selain itu, selama periode pengajuan terdapat pula pemerintah daerah yang mempersiapkan tempat khusus untuk berkonsultasi mengenai proses pengajuan. Oleh karena itu, sebaiknya menghubungi kantor pajak atau mengecek situs pemerintah daerah untuk mengetahui lokasi prosedur pengajuan. Di tempat khusus konsultasi Anda dapat menyiapkan SPT tahunan Anda sambil menerima arahan apa-apa saja yang perlu diisi. 

 

Dokumen Apa Saja Yang Dibutuhkan?

Selain formulir, Anda memerlukan dokumen penunjang sebagai berikut: 

  1. Foto copy Zairyuu Card
  2. Foto copy My Number
  3. Stempel (hanko yang digunakan saat membuka rekening Bank)
  4. Formulir
  5. Gensenchōshū-hyō (源泉徴収票), dapat diminta di perusahaan
  6. Dokumen penunjang 
  • surat keterangan pengiriman uang ke Indonesia
  • fotocopy kartu keluarga
  • Kartu keluarga yang telah diterjemahkan
  • tanda terima biaya pengobatan (apabila melebihi 100.000 yen dalam setahun)
  • surat keterangan asuransi (selain asuransi wajib)

Saat mengajukan prosedur ini, sebaiknya Anda membawa fotocopy halaman pertama buku tabungan untuk menginformasikan ke rekening mana pengembalian pajak dikirimkan. 

Dengan mengajukan prosedur ini Anda dapat mengurangi jumlah pajak penduduk yang dibebankan. Selain itu, dokumen yang diajukan untuk kakutei shinkoku tidak hanya untuk satu tahun terakhir, namun bisa hingga 5 tahun terakhir. Jadi, bila Anda melakukan pengiriman uang sejak tahun 2015, Anda bisa mengajukan penyesuain pajak sekaligus pada tahun 2020. Tentu saja semua dokumen harus dilengkapi, seperti bukti pengiriman uang dari tahun 2015 hingga 2019.

Kami harap info ini bermanfaat untuk Anda. 

 

sumber: https://www.freee.co.jp/kb/kb-kakuteishinkoku/hituyousyorui/

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA