就職・転職

Kerja di Jepang: Seputar Beasiswa Kerja

投稿日:

Pernahkan Anda terpikir untuk menetap di luar negeri? Menetap di luar negeri memiliki tantangan tersendiri, dikarenakan Anda akan dihadapi dengan budaya-budaya negara asing yang tidak pernah Anda rasakan sebelumnya. Seperti budaya makan, budaya berkomunikasi serta kondisi lingkungan yang berbeda dengan Indonesia. Untuk menetap di luar negeri banyak cara yang dapat Anda lakukan, baik dengan mencari pekerjaan di negeri tersebut atau dengan bersekolah. Tentu saja, banyak yang harus dipertimbangkan pula ketika memutuskan menetap di luar negeri, salah satunya dari segi keuangan. 

Bagi Anda yang ingin bersekolah di luar negeri, Anda mungkin dapat mencari beasiswa yang dapat mengantarkan Anda untuk studi ke negara tujuan. Untuk negara Jepang, Anda bisa mendapatkannya di program pemerintah Indonesia, program pemerintah Jepang, atau perusahaan swasta seperti Mitsui yang menyediakan beasiswa tersebut. 

Namun bagaimana dengan bekerja di Jepang? Tidak sedikit orang mengeluarkan banyak uang untuk dapat bekerja di Jepang. Pengeluaran yang dikeluarkan mulai dari biaya untuk pemakaian agen penyalur, biaya pesawat, dan lain-lain. Memikirkan biaya-biaya tersebut setidaknya akan sedikit menurunkan motivasi Anda untuk bekerja di Jepang. Belakangan ini kami menemukan bahwa terdapat beberapa lembaga pelatihan masyarakat yang memiliki program beasiswa kerja. Beasiswa kerja ini ditujukan untuk Anda yang ingin bekerja di Jepang tanpa perlu kepusingan dengan biaya ini itu.

 

Beasiswa Kerja

Beasiswa kerja adalah program yang diberikan lembaga pelatihan masyarakat bagi Anda yang memenuhi kualifikasi untuk dapat pelatihan bidang kerja dan dipersiapkan bekerja di Jepang secara gratis. Tentu saja bagi Anda yang tidak bisa berbahasa Jepang pun dapat mengikuti program ini, dikarenakan Anda akan mendapatkan pendidikan bahasa Jepang pula secara gratis. Untuk beberapa lembaga pelatihan masyarakat, kebanyakan pelatihan bidang kerjanya adalah bidang kerja untuk Tokutei Ginou. Setelah Anda mendapatkan pelatihan bidang kerja, pihak lembaga juga akan memberangkatkan Anda ke Jepang apabila Anda lulus seleksi wawancara dari perusahaan yang akan merekrut. 

 

Alur Beasiswa Kerja

Setelah mengetahui mengenai beasiswa kerja tentunya Anda ingin mengetahui prosedurnya. Bagi Anda yang pemula dalam bahasa Jepang, pertama Anda akan mendapatkan pendidikan bahasa Jepang selama 5 hingga 6 bulan dari pihak lembaga. Pendidikan bahasa Jepang yang diterima dari nol hingga bisa baca tulis dan percakapan sehari-hari, atau sekitar JLPT N4. Perlu diingat, untuk bekerja sebagai tokutei ginou di Jepang Anda memerlukan JLPT N4 untuk syarat dokumen pengajuan visa. Selanjutnya Anda akan dipersiapkan untuk lulus tes tokutei ginou (bidang keahlian). Untuk saat ini sudah ada beberapa bidang tokutei ginou yang tesnya telah dilaksanakan di Indonesia, yaitu bidang perawat lansia (caregiver), industri pengolahan makanan dan minuman, serta industri jasa makanan. Apabila Anda sudah lulus kedua tahap ini, selanjutnya pihak lembaga akan mempersiapkan Anda untuk menghadapi sesi interview dengan perusahaan Jepang. Apabila Anda sudah lulus ketiga hal ini, pihak lembaga akan mengurus dokumen-dokumen untuk mendapatkan visa yang menjadi pintu utama untuk dapat berangkat bekerja ke Jepang. Umumnya pengurusan dokumen hingga visa turun memakan waktu 3 bulan, namun dikarenakan kondisi pandemi pemerintah Jepang masih menutup pintu untuk orang asing pemegang visa baru datang ke Jepang. Bahkan, terkait pandemi pihak kedubes sangat sulit menurunkan visa baru. Untuk itulah Anda perlu bersabar. 

 

Keuntungan dari program ini adalah, selain anad mendapat pendidikan bahasa Jepang serta pelatihan secara gratis, selama di Jepang Anda akan dibimbing agar mendapat informasi dan  kesempatan melanjutkan karir atau sekolah yang lebih tinggi di Jepang. 

 

Perlu dicatat, tidak berarti Anda bisa langsung bekerja cepat melalui program ini. semua tergantung dengan kondisi Jepang dan ketentuan pemerintah terkait pandemi. Kami berharap pandemi segera membaik dan Jepang memberikan kemudahan untuk warga asing, terutama WNI agar dapat masuk ke Jepang dengan visa baru. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar ketenagakerjaan di Jepang silakan hubungi kami melalui OFFICIAL LINE OBOI JEPANG.

 

sumber: 

Sakura Mitra『Beasiswa Kerja di Jepang』

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA