就職・転職

Kerja Di Jepang: Ragam Tipe Pekerjaan Di Industri Game

Industri game adalah salah satu industri yang sedang naik daun, dengan pesatnya kemajuan teknologi serta banyaknya orang yang harus berdiam di rumah; game kini menjadi salah satu pilihan utama orang-orang untuk menghabiskan waktu mereka. Melihat tren ini, banyak individual serta perusahaan yang kini mencoba untuk memasuki industri game, baik perusahaan korporat maupun developer indie. Dengan kemajuan teknologi, pilihan medium untuk bermain game sangatlah banyak, mulai dari konsol Playstation, Xbox, berbagai variasi konsol Nintendo, Komputer, Laptop, Tablet, hingga Smartphone. Di antara semua medium tersebut, Smartphone adalah medium yang paling dilirik oleh mereka yang ingin memasuki industri game, dikarenakan mayoritas orang-orang dari berbagai latar belakang keuangan, pekerjaan, umur memiliki setidaknya 1 Smartphone. 

 

Kenali Ragam Pekerjaan Di Industri Game

Industri game sangat luas, walaupun memungkinkan untuk membuat game dengan tim satu orang, akan tetapi pada umumnya pembuatan game akan membutuhkan tim yang besar dimana setiap anggota tim dapat fokus mengerjakan bagian mereka masing-masing. Di artikel ini kami ingin memberikan daftar jenis pekerjaan yang biasa ditemukan di industri game.

  • Desainer Game

Desainer video game adalah posisi yang paling diminati. Tugas seorang desainer game adalah menciptakan konsep yang akhirnya menjadi video game. Desainer game bertugas untuk mencari-cari ide-ide serta mengembangkan alur cerita dan karakter dan kemudian membimbing tim lainnya selama produksi. Mereka akan berkolaborasi dengan anggota lain dari tim pengembangan seperti illustrator, programmer, dan audio engineer.

Sebagai salah satu posisi yang paling diinginkan dari semua pekerjaan di industri game, persaingan untuk posisi ini sangat ketat. Anda juga harus memiliki pengalaman selama beberapa tahun bekerja di posisi lain karena untuk menjadi desainer game, anda harus memiliki pengetahuan cukup di semua seksi pengembangan game.

  • Software Developer dan Programmer 

Tugas dari mereka adalah untuk menerapkan visi desainer game hingga menjadi produk. Developer merancang software atau perangkat lunak yang memastikan video game berfungsi sesuai keinginan desainer. Programmer membuat kode yang mengubah desain tersebut menjadi instruksi yang dapat dibaca oleh sistem video game. Sebagai posisi krusial, mereka yang berada di posisi ini diharapkan menguasai berbagai bahasa pemrograman serta memiliki kemampuan untuk  memecahkan masalah.

 

 

 

  • Animator dan Seniman

Merupakan bagian integral dari tim pengembangan video game, animator dan seniman membuat video game menjadi hidup secara visual. Menggunakan perangkat lunak khusus, animator membuat rangkaian gambar yang akan menjadi visual utama yang akan dinikmati oleh pemain posisi ini memiliki banyak sekali cabang karena memerlukan ahli dalam berbagai hal seperti rigger, storyboard, tekstur, pencahayaan dan masih banyak lagi. Tak hanya di posisi animator, posisi seniman juga memiliki cabang yang luas karena membutuhkan banyak tipe seniman untuk membuat sebuah game jadi hidup, seperti illustrator, concept artist, graphic designer, dan masih banyak lagi. Mereka lah yang akan membuat karakter, latar belakang, halaman game, poster, hingga merchandise yang akan dinikmati oleh pemain.

  • Audio Engineer

Merupakan salah satu cabang dari seniman, mereka bertanggung jawab atas semua yang Anda dengar saat bermain game. Mereka memberikan suara kepada karakter, membuat efek suara, dan merekam musik latar.

  • Penulis

Mereka juga mengisi banyak peran dalam industri video game. Penulis naskah membuat cerita yang menjadi dasar permainan serta menulis dialog untuk semua karakter. Penulis teknis membuat dokumentasi dan instruksi yang ada di game. Biasanya dalam tim ini akan ada lagi proofreader yang akan mengecek apakah tidak ada kesalahan dalam tata bahasa serta pengejaan dalam semua text.

 

  • Interpreter, Localization dan Penerjemah

Interpreter bertugas untuk mengubah dialog karakter ke dalam bahasa asing, biasanya mereka akan bekerja sama dengan tim Localization agar dialog terasa natural di bahasa lain. Penerjemah mengubah instruksi dan dokumentasi lainnya dari bahasa aslinya ke bahasa lain. Pekerjaan mereka inilah yang memungkinkan perusahaan memasarkan game ke pasar internasional.

  • Tester

Mereka adalah orang-orang yang akan dikumpulkan oleh developer game untuk mengecek apakah game yang mereka ciptakan dapat beroperasi dengan baik, walau terdengar menyenangkan dan mudah, posisi ini memerlukan ketekunan, ketelitian serta kejujuran, mereka yang berada di posisi ini tidak diizinkan untuk membocorkan konten game sebelum dipasarkan dan akan mendapatkan sanksi apabila membocorkan isi konten.

  • Technical Support

Mereka adalah penghubung antara perusahaan video game dan publik. Mereka bertugas untuk membantu pelanggan yang memiliki masalah dalam mengoperasikan game dan peralatan terkait. Technical support bertugas untuk menjawab pertanyaan pelanggan melalui telepon, obrolan online, dan email.

  • Produser

Produsen video game cenderung ke detail bisnis dan keuangan yang terlibat dalam pengembangan produk dan menyiapkannya untuk dipasarkan ke konsumen. Mereka mengawasi semua personel dan menjaga produksi game dalam batasan waktu dan anggaran. 

  • Pemasaran

Posisi ini dipegang oleh mereka yang akan mengkoordinasikan aktivitas pemasaran video game. Mereka merumuskan strategi untuk menjual produknya kepada konsumen, termasuk memutuskan kemana mereka akan menjualnya dan bagaimana mereka akan mempromosikannya.

  • Analis Riset Pasar

Posisi ini bertugas untuk merancang survei yang akan digunakan untuk menentukan preferensi pembelian calon pelanggan. Mereka menggunakan data yang telah dikumpulkan untuk membantu penerbit video game memutuskan produk dan layanan apa yang akan dijual, berapa biaya untuk mereka, dan di mana serta bagaimana menjualnya.

  • Sales Representative

Bertugas untuk menjual video game ke pihak grosir atau pengecer atas nama penerbit. Mereka membutuhkan pengetahuan luas tentang produk, industri video game, dan calon pelanggan.

Seperti yang bisa dilihat dari daftar di atas, ada banyak sekali posisi yang dibutuhkan di industri gaming dalam satu tim pun dibutuhkan berbagai orang yang memiliki spesialisasi tertentu, dan dengan semakin meningkatnya minat dalam industri produksi game, industri ini semakin menjadi industri paling diminati oleh mereka yang akan atau sedang mencari kerja, terutama mereka yang memiliki minta di bidang kreatif. Saking luasnya Industri ini, penulis belum dapat menyentuh industri game VR dan AR yang membuat industri game semakin luas lagi.

OBOI Jepang kerap mendapatkan informasi lowongan kerja yang berkutat di industri Game, apabila anda tertarik, terus ikuti dan cek social media kami, serta add line official account kami!

 

Sumber:

The Balance Careers 『Jobs in the Video Game Industry』

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA