就職・転職

Kerja di Jepang: Persiapan Tokutei Ginou Kaigo

Untuk Anda yang akan lulus nihongo gakkou (sekolah bahasa Jepang) atau senmon gakkou (sekolah kejuruan) di Jepang dan ingin melanjutkan tinggal di Jepang untuk bekerja, Tokutei Ginou Kaigo bisa menjadi salah satu alternatif pekerjaan Anda.

Di masa pandemi ini lowongan Tokutei Ginou merupakan lowongan yang paling banyak dibutuhkan. Bagi orang awam mungkin masih banyak yang belum paham mengenai syarat agar bisa bekerja sebagai Tokutei Ginou Kaigo, oleh karena itu dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai persiapan Tokutei Ginou Kaigo.

Apa itu Tokutei Ginou Kaigo?

Pada April 2019 pemerintah Jepang membuat kebijakan baru dengan mengeluarkan jenis visa kerja Tokutei Ginou (visa keterampilan khusus). Di artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan terperinci mengenai visa ini, Anda bisa mengecek artikelnya di sini.

Tokutei Ginou Kaigo adalah pekerjaan di bidang keahliah khusus keperawatan untuk membantu kehidupan sehari-hari para lansia di Jepang.

Apa Persiapan Untuk Bekerja Sebagai Tokutei Ginou Kaigo?

Pada dasarnya untuk bekerja sebagai Tokutei Ginou, Anda harus memenuhi syarat seperti berikut:

  1. Memiliki sertifikat JLPT Min.N4 atau JFT Basic A2
  2. Sertifikat Tes Tokutei Ginou Kaigo 
  3. Direkrut perusahaan

Kapan Bisa Mengikuti tes JLPT atau JFT Basic?

JLPT (Japanese Language Proficiency Test) adalah tes kemampuan bahasa Jepang yang biasanya diadakan dua kali pada bulan Juli dan Desember. Untuk mendapatkan sertifikat JLPT, Anda bisa mendaftarkan diri melalui situs ini. Namun karena tes ini hanya diadakan dua kali dalam setahun, terkadang cukup sulit untuk Anda yang sedang dalam keadaan terburu-buru. Anda dapat juga mengikuti JFT Basic yang jadwalnya lebih banyak daripada JLPT. Anda bisa mengecek informasi mengenai jadwal dan cara mengikuti tes melalui situs ini. Perlu diingat, walaupun JFT Basic memiliki jadwal yang lebih banyak, bukan berarti Anda bisa mengikuti tes kapan saja. Apabila Anda gagal, Anda harus menunggu satu bulan hingga dapat mengikuti tes kembali.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat Tes Tokutei Ginou Kaigo?

Selanjutnya adalah memiliki sertifikat tes Tokutei Ginou Kaigo. Untuk mendapatkan sertifikat ini, Anda harus mengikuti dua macam tes, yaitu tes keterampilan bidang keperawatan dan tes bahasa Jepang bidang keperawatan.

Dalam tes pertama, tes keterampilan bidang keperawatan, Anda dapat memilih tes menggunakan Bahasa Jepang, Bahasa, Inggris, maupun bahasa Indonesia. Soal yang akan dites terdapat 45 soal dan dikerjakan dalam waktu 60 menit. Sedangkan untuk tes kedua, tes bahasa Jepang bidang keperawatan, soal yang diuji adalah 15 soal dan diselesaikan dalam waktu 30 menit. 

Untuk mengikuti tes Tokutei Ginou Kaigo, Anda dapat mengakses situs prometric. Setelah Anda mengakses situs tersebut, buatlah akun terlebih dahulu sebelum mendaftar tes ujian. Jadwal ujian hampir diadakan tiap hari, namun apabila Anda gagal dalam tes pertama, Anda harus menunggu 45 hari hingga bisa mencoba tes berikutnya. Cara mendaftar tes ini dapat Anda lihat di video berikut.

Saya Bukanlah Lulusan Keperawatan, Apakah Bisa Bekerja Sebagai Tokutei Ginou Kaigo di Jepang?

Tentu saja bisa. Walaupun Anda tidak mempunyai edukasi di bidang keperawatan, Anda tetap bisa bekerja sebagai Tokutei Ginou Kaigo apabila lulus kedua tes yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk tes Tokutei Ginou Kaigo hanya dapat diikuti oleh peserta berusia 18 tahun ke atas. Namun, untuk dapat lulus tes Tokutei Ginou Kaigo, Anda perlu mengetahui dasar seputar keperawatan. Tenang saja, pemerintah Jepang telah menerbitkan buku teks Ujian Evaluasi Keterampilan Khusus Perawatan Lansia yang dapat Anda lihat di sini. Apabila Anda ingin mempelajari dalam bahasa Jepang, Anda bisa lihat di sini. Dari beberapa review yang kami dengar, rata-rata dengan mempelajari buku teks selama sebulan, Anda memungkinkan lulus tes Tokutei Ginou Kaigo.

Apabila kalian sudah memiliki kedua sertifikat di atas, langkah selanjutnya adalah menemukan perusahaan yang ingin merekrut Anda. Anda dapat mencari langsung dengan pergi ke hello work mencari di situs loker atau menggunakan jasa Touroku Shien Kikan (penyalur). 

Bagi Anda yang akan lulus tahun depan, ini adalah kesempatan Anda untuk mempelajari materi Tokutei Ginou Kaigo. Ini juga merupakan sebuah batu loncatan bagi Anda yang ingin bekerja di Jepang. Selamat mencoba!

 

Sumber:

jg-education: Syarat Menjadi Seorang Caregiver di Jepang

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA