就職・転職

Kerja di Jepang: Pengembalian Pajak Akhir Tahun di Jepang (Nenmatsu-chousei)

Tidak terasa sekarang sudah masuk bulan Desember, dan dalam beberapa minggu lagi akan memasuki penghujung akhir tahun 2020. Bagi Anda yang bekerja di Jepang, bulan Desember akan menjadi bulan tersibuk, selain harus menyortir pekerjaan setahun, juga akan dipusingkan dengan dokumen pengajuan penyesuaian pajak. Yup, sebagai warga negara asing yang juga membayar pajak, kita berhak mendapatkan pengembalian dana dengan mengajukan penyesuaian pajak akhir tahun, yang disebut nenmatsu-chousei (年末調整). Dalam artikel kali ini kami akan membahas seputar nenmatsu-chousei.

 

Apa Itu Nenmatsu-chousei?

Seperti yang dijelaskan di atas, nenmatsu–chousei adalah penyesuaian pajak yang dilakukan di akhir tahun dan diajukan sebelum tanggal 31 Desember. Di Jepang, pada prinsipnya, perusahaan diwajibkan untuk memotong pajak penghasilan (dan pajak daerah) dari gaji karyawan, dan perusahaan harus membayar pajak pemotongan tersebut kepada biro pajak setiap bulan.

Saat menghitung pajak, memungkinkan pemotongan gaji yang tarifnya bervariasi tergantung pada situasi pribadi karyawan, seperti tanggungan keluarga, berapa banyak yang dibayarkan untuk premi asuransi, dll.

Jumlah pemotongan juga bervariasi berdasarkan perubahan hidup dari waktu ke waktu, seperti sebelum dan sesudah menikah, memiliki anak atau tidak, atau menjadi korban bencana gempa bumi dll. Karena itu diperlukan penyesuaian agar jumlah pajak penghasilan yang sudah dibayarkan dalam tahun tersebut sama dengan pajak penghasilan tahunan final. 

Jika pajak penghasilan yang dibayar lebih, maka karyawan akan mendapatkan pengembalian dana setelah proses penyesuaian diselesaikan. Proses nenmatsu-chousei. tidak begitu sulit karena perusahaan akan melakukan sebagian besar, dan karyawan hanya perlu mengisi data dan membubuhkan inkan (stempel).

 

Apakah Anda Memenuhi Syarat Untuk Nenmatsu-chousei?

Tidak semua orang memenuhi syarat untuk mengajukan nenmatsu-chousei, dan pekerja yang termasuk dalam kondisi berikut tidak dapat mendaftar untuk nenmatsu-chousei:

–Pekerja yang meninggalkan Jepang sebelum akhir tahun

–Pekerja yang bekerja untuk perusahaan berbasis non-Jepang

–Pekerja yang berpenghasilan lebih dari 20 juta yen setahun

 

Dokumen Yang Diperlukan

Jika Anda memenuhi syarat untuk nenmatsu-chousei, perusahaan akan memberikan formulir nenmatsu-chousei hyou (年末 調整 表) pada awal bulan Desember untuk diisi. Pada formulir ini Anda dapat menambahkan informasi seperti daftar tanggungan keluarga maupun asuransi-asuransi lainnya yang Anda punya (asuransi selain yang ditanggung perusahaan). Staf bagian urusan umum (総務部-soumubu) yang akan membantu Anda untuk mengisi dan mengecek formulir yang sudah diisi.

Setelah formulir diajukan, perusahaan akan menghitung dan menyesuaikan pajak akhir tahun, dan jika ada penyesuaian positif pada pembayaran pajak, Anda akan menerima pengembalian pajak dalam gaji terakhir pada tahun tersebut.

Tidak jarang warga Indonesia yang bekerja di Jepang mengirimkan sebagian penghasilannya untuk keluarga yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang mengirimkan uang untuk membiayai kehidupan keluarga lebih dari 150.000 yen/tahun, Anda berhak mendapatkan pengembalian pajak. Saat mengajukan nenmatsu-chousei, sertakan fotokopi kartu keluarga, fotokopi kartu keluarga yang telah diterjemahkan, dan rekapan pengiriman uang dalam setahun.

 

Untuk mengakhiri artikel ini, penulis ingin berbagi cerita tentang pengalaman penulis saat mengajukan penyesuaian pajak akhir tahun. Buat Anda yang sudah kepalang mengajukan nenmatsu-chousei tanpa memberikan informasi tambahan seperti tanggungan keluarga dan informasi asuransi lainnya yang dimiliki, Anda bisa mengajukan kakutei shinkoku. Bedanya, untuk nenmatsu-chousei, semua dokumen diurus dan diajukan oleh perusahaan, sedangkan untuk kakutei shinkoku, Anda harus mengurus langsung ke kantor pajak. Periode pengurusan kakutei shinkoku dari pertengahan bulan Februari hingga pertengahan maret. 

Menurut pengalaman penulis saat mengajukan kakutei shinkoku, penulis menyertakan dokumen fotokopi keluarga, fotokopi keluarga yang telah diterjemahkan, rekapan pengiriman dalam setahun, dan gensen choshuu-hyo (源泉徴収票). Untuk gensen choushuu-hyou bisa kalian dapatkan dari perusahaan.

Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda yang sedang bekerja di Jepang.

 

Sumber: https://mixess.jp/blog/get-a-refund-by-doing-nenmatsu-chosei-a-year-end-tax-adjustment/

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA