就職・転職

Kerja di Jepang: Peluang Kerja di Industri Gaming

Seperti Apa Industri Game di Jepang?

Industri game saat ini sedang mengalami perkembangan pesat. Terdapat lebih dari 2,7 miliar pemain di seluruh dunia, yang menjadikan industri ini berkembang secara global. Di Jepang sendiri, menurut Famitsu Game Hakusho yang diterbitkan Juni 2020, permintaan untuk hardware 

game (biru) maupun software game (krem) tidak mengalami perubahan pada tahun 2019, namun permintaan game online (hijau) pada platform smartphone tumbuh secara signifikan. Untuk menanggapi perubahan tersebut, perusahaan game Jepang terus merekrut bakat baru. Merekrut orang berbakat di bidang game terbaik adalah salah satu faktor penting untuk bersaing di pasar global yang sangat kompetitif.  

 sumber: https://www.f-ism.net/fgh/2020.html

 

Posisi Yang Paling Dicari di Industri Game

Menurut database dari RGF Professional Recruitment Jepang, posisi yang paling dicari adalah game planner/game director/game producer (43%), creative designer/creative ilustrator (23%), dan game engineer (17%).

Sumber: https://www.rgf-professional.jp/

 

1. Game Planner/Game Director/Game Producer

Rata-rata pendapatan tahunan: 3.000.000 – 20.000.000 yen

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum wawancara

Jika Anda tertarik dengan posisi ini, Anda perlu memiliki kemampuan bahasa Inggris level bisnis. Selain itu Anda juga harus memahami skillset dan kontribusi yang dapat Anda berikan. Seperti, apakah Anda berbakat dalam game development? Atau marketing?

Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda siapkan apabila masuk ke sesi wawancara:

  • Pencapaian Anda
  • Bagaimana Anda dapat berkontribusi dalam perusahaan
  • Pendapat Anda mengenai industri game atau perusahaan yang Anda lamar

 

2. Creative Designer/Creative Illustrator

Rata-rata pendapatan tahunan: 3.000.000 – 15.000.000 yen

Keterampilan teknis yang dicari:

Umum: Adobe Photoshop, Adobe Illustrator 

3DCG: Maya, Unity, 3DMax 

Wireframe: Sketch, Figma, Adobe XD, InVision 

Pemrograman front-end: HTML, CSS, JavaScript 

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum wawancara:

Sebagian besar perusahaan Jepang cenderung memilih calon lulusan digital art, namun tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang bukan lulusan digital art untuk mendapatkan pekerjaan. Portofolio adalah salah satu faktor penting untuk melamar di perusahaan game. Karena itu sangatlah penting membuat perbaikan portofolio secara berkala. 

Hal yang perlu diingat dalam membuat portofolio adalah menyesuaikan portfolio agar sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Khususnya, peran spesialis dan generalis sangat berbeda, jadi berhati-hatilah dengan posisi yang Anda lamar. 

Untuk meningkatkan efisiensi waktu pembuatan portofolio, direkomendasikan untuk membuat dua portofolio, satu untuk spesialis dan satu untuk generalis. 

 

3. Game Engineer

Rata-rata pendapatan tahunan: 3.000.000 – 20.000.000 yen

Keterampilan teknis yang dicari:

Front Engineer : 

  • C # dan Unity untuk industri game seluler
  • C ++ untuk game konsumen 

Server Engineer:

  • PHP

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum wawancara:

Posisi game engineer membutuhkan keterampilan teknis, karenanya beberapa perusahaan akan melakukan tes skill setelah Anda lulus tes wawancara. Apabila Anda memasuki sesi wawancara, pertanyaan berikut adalah pertanyaan yang cenderung ditanyakan;

  • Apa kesalahan terbesar saat coding dan bagaimana cara memperbaikinya?

Pertanyaan-pertanyaan ini ditujukan untuk mengukur tanggung jawab, keterampilan memecahkan masalah, dan akuntabilitas Anda

  • Apa batasan bahasa untuk C ++, C #, dan PHP?

Ini adalah pertanyaan yang menguji keterampilan pengetahuan Anda.

  • Apa kelemahan dan kelebihan dari C ++, C # dan PHP? (Tolong beri beberapa contoh) 

Industri game adalah salah satu industri paling menarik di dunia saat ini, dengan permintaan yang terus meningkat dan persaingan yang ketat. Tidak hanya itu, tetapi juga terus-menerus memasukkan teknologi baru, dan dapat dikatakan bahwa ini adalah industri yang berubah dengan cepat. 

Sudah banyak perusahaan game di Jepang yang merekrut tenaga profesional dari Indonesia. Dalam beberapa kasus perusahaan Jepang tidak mengharuskan Anda untuk dapat berbahasa Jepang. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk kerja di Jepang tanpa terkendala dengan bahasa.

 

sumber: https://www.rgf-professional.jp/

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA