就職・転職

Kerja di Jepang: Panduan Untuk Mengubah Visa Kerja

OBOI Jepang sering mendapat pertanyaan dari user mengenai cara mengubah visa yang dimiliki sekarang ke visa kerja. Sebelumnya, kami akan menjabarkan terlebih dahulu mengenai visa kerja, visa kerja adalah izin tinggal yang diberikan imigrasi Jepang kepada orang asing yang akan bekerja di Jepang. Terdapat 17 jenis status izin tinggal yang ditujukan untuk kegiatan kerja. Ke-17 jenis status izin tinggal tersebut membatasi ruang lingkup aktivitas dan Anda hanya dapat terlibat dalam aktivitas tersebut. Oleh karena itu, orang asing yang ingin bekerja di Jepang perlu memilih visa kerja yang sesuai berdasarkan pendidikan mereka, riwayat kerja, dan tugas perusahaan tempat mereka bekerja. Salah satu visa kerja yang umum diajukan adalah Engineer/Specialist in Humanities/International Services, visa ini memiliki cakupan industri pekerjaan yang luas di Jepang. 

 

Bagi pelajar internasional yang telah menyelesaikan studi di Jepang dan berencana melanjutkan tinggal di Jepang dengan bekerja, sering kali kebingungan apa yang harus dilakukan untuk mengubah visa pelajar ke visa kerja. Dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana mengubah visa kerja dari visa pelajar.

 

1. Menemukan Sponsor

Hal yang paling penting untuk mengubah visa kerja yaitu menemukan sponsor. Yang dimaksud sponsor adalah perusahaan yang akan merekrut Anda serta bertanggung jawab atas kehidupan Anda selama tinggal di Jepang. Oleh karena itu sangat penting untuk mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu sebelum mengajukan perubahan visa ke visa kerja. 

 

2. Persyaratan apa yang dibutuhkan untuk mengubah visa kerja

Bagi pelajar asing, persyaratan yang dibutuhkan adalah harus lulus pendidikan universitas (daigaku) atau sekolah keahlian (senmon gakkou) di Jepang. Bagi Anda yang pernah menyelesaikan pendidikan 4 tahun Universitas di Indonesia juga bisa mendapatkan visa kerja. Namun perlu dicatat lulusan nihongo gakkou yang belum menyelesaikan pendidikan 4 tahun universitas tidak bisa mendapatkan visa kerja jenis Engineer/Specialist in Humanities/International Services, Anda bisa mengajukan visa kerja jenis Specified Skilled Worker visa  (SSW). Lebih lanjut mengenai visa SSW dapat dilihat di sini. https://oboi-jepang.com/kerja-di-jepang-visa-tokutei-ginou-info-dasar-dan-faq/

 

3. Dokumen yang dibutuhkan

Dokumen yang diperlukan untuk mengubah visa kerja

  • Mengisi formulir aplikasi perubahan status izin tinggal (在留資格変更許可申請書-zairyuu shikaku henkou kyoka shinsei-sho)
  • Foto ukuran 4×3 dengan latar belakang putih dan diambil 6 bulan terakhir.
  • Surat keterangan direkrut perusahaan, alasan pengrekrutan, deskripsi pekerjaan.
  • CV/riwayat kerja 
  • Ijazah kelulusan 
  • Transkrip akademik (apabila dalam bahasa Indonesia perlu diterjemahkan)
  • Dokumen yang membuktikan riwayat pekerjaan (apabila sebelumnya pernah bekerja dengan bidang yang sama, Anda dapat menyertakan surat keterangan pernah bekerja dari perusahaan sebelumnya)
  • Profil perusahaan. Dokumen ini dipersiapkan oleh perusahaan, seperti sertifikat tanda daftar perusahaan, buku panduan perusahaan, pamflet, dll)
  • Kontrak kerja dengan perusahaan
  • Salinan keterangan bayar pajak yang sudah dilegalisir kantor pajak.
  • Passpor
  • Zairyuu card

Selain dokumen diatas ada kemungkinan Anda diminta menyerahkan dokumen lain dari biro imigrasi. 

 

4. Pemeriksaan Biro Imigrasi

Pihak imigrasi akan melakukan pengecekan mengenai riwayat pendidikan/kerja serta kegiatan sesuai dengan visa kerja yang Anda ajukan atau tidak. Pengecekan berupa latar belakang pendidikan (jurusan dan studi), apakah keterampilan yang Anda miliki bermanfaat untuk perusahaan, apakah gaji sesuai, dan apakah benar-benar ada kesempatan untuk Anda mengembangkan pekerjaan atau tidak. 

 

Perlu dicatat biro imigrasi juga akan mengecek riwayat kegiatan kerja paruh waktu Anda, apakah sesuai dengan ketentuan (28 jam/minggu) atau tidak. Apabila diketahui melebihi ketentuan pihak imigrasi tidak akan mengabulkan perubahan visa Anda ke visa kerja. Selain itu perubahan visa kerja juga dapat ditolak karena faktor perusahaan, atau jenis pekerjaan tidak sesuai dengan visa kerja yang Anda ajukan. Apabila ada pertanyaan mengenai visa kerja di Jepang silahkan menghubungi line official OBOI Jepang.

 

Sumber:

Ohayo Jepang 『Penting! Cara Mengubah Visa Designated Activities ke Visa Kerja di Jepang』

Shuuro-visa 『外国人が労働するための就労ビザ変更手続き』

JPSS 『Panduan Mencari Pekerjaan bagi Pelajar Asing di Jepang

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA