就職・転職

Kerja di Jepang: Mencari Solusi di Tengah Pandemi, Industri AR Semakin Dilirik

Penyebaran virus Covid19 menjadi pandemi yang memberikan dampak serius bagi dunia di berbagai sektor. Hal ini membuat masyarakat dan pemerintah harus berpikir keras untuk mengatasinya. Social distancing merupakan salah satu langkah penanggulangan penyebaran virus Covid19 yang mengusung kebijakan bekerja secara remote, belajar di rumah untuk mengurangi penyebaran virus ini. Dengan pembatasan diri ini segala sesuatu yang bersifat online meningkat pesat, dan minat akan penggunaan AR pun semakin meningkat.

Apa itu AR?

AR merupakan singkatan dari Augmented Reality, teknologi untuk memperluas realita dengan menambahkan informasi dari dunia maya ke dunia nyata. Sederhananya ini adalah teknologi untuk menambahkan objek virtual kedalam komputer, smartphone, hingga tablet Anda. 

Manfaat Teknologi AR Di Berbagai Industri

Teknologi AR dapat ditemukan di berbagai bidang, khususnya bidang hiburan. Contoh penggunaan AR yang populer adalah game Pokemon Go yang diluncurkan tahun 2016. Contoh lainnya dapat Anda lihat juga di bidang berikut:

1. Retail

Teknologi AR dimanfaatkan di industri belanja online yang ingin menawarkan pengalaman belanja baru kepada konsumen. Salah satu perusahaan retail online yang telah menyuguhkan teknologi ini adalah Amazon. Perusahaan retail online yang mendunia ini menyediakan fitur “AR View” yang memungkinkan Anda untuk melihat secara virtual detail produk serta memperkirakan letak dan ukuran furnitur dan interior yang dijual di Amazon di dalam ruangan. Tidak hanya itu, ada pula retail online di Jepang, prmal.com, situs ini memperkenalkan teknologi AR yang memungkinkan Anda mencoba berbagai perhiasan hanya dengan bermodal browser dari smartphone Anda. 

(staff OBOI Jepang mencoba fitur “AR View” di Amazon)

2. Manufaktur

Dalam industri konstruksi dan sipil, AR digunakan untuk mensimulasikan situasi berbahaya sebelum bekerja untuk mengantisipasi kemungkinan kecelakaan di lokasi dan mencegahnya terjadi. 

Teknologi AR juga menjadi lebih luas di industri manufaktur seperti pabrik, dan sudah terdapat perusahaan di Jepang yang telah memperkenalkan teknologi AR untuk melatih para insinyur di lokasi produksi. Dengan menggunakan teknologi AR, diharapkan untuk menciptakan lingkungan yang setara dengan pekerjaan aktual di dunia augmented reality, yang memberikan kontribusi besar bagi pendidikan insinyur.

3. Pendidikan

Teknologi AR juga berpeluang besar dalam dunia pendidikan, dimana desain 3 dimensi membuat penyampaian informasi yang kompleks lebih mudah tersampaikan serta menghilangkan rasa bosan. Di Jepang sendiri teknologi ini telah diterapkan pada buku teks, salah satunya adalah buku teks matematika SMA. Anda dapat melihat demonstrasinya di channel youtube ini https://www.youtube.com/watch?v=uaYHU63zT54

Besarnya minat terhadap teknologi AR ini membuat perusahaan startup di Jepang berlomba-lomba untuk mengambangkan konten teknologi AR. Tidak sedikit pula perusahaan startup Jepang yang membuka lowongan untuk tenaga kerja asing di industri ini dengan menggunakan sistem remote working. Masa pandemi ini membuktikan teknologi dapat menghubungkan manusia tanpa terbatas jarak dan waktu. Ini adalah waktu yang pas bagi Anda yang memiliki skill di bidang ini untuk mengembangkan karir. 

 

Sumber: Asahi , digital-transformation-real

 

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA