労働関連

Kerja di Jepang: Izin kerja untuk murid internasional Q&A

Halo semuanya!

 Di artikel Q&A kali ini kami dari OBOI Jepang ingin membahas pertanyaan umum terkait izin kerja bagi murid internasional di Jepang. Bagi WNI yang baru saja pindah ke Jepang untuk menuntut ilmu maupun memulai karir, mungkin banyak yang belum tahu banyak mengenai hukum ketenagakerjaan di Jepang, dan tak jarang ada kasus dimana WNA terkena masalah hukum karena mereka belum paham dengan hukum ketenagakerjaan di Jepang. Untuk menghindari hal itu kami menulis artikel ini, mohon dibaca dengan teliti.

 

Berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan:

 

 

1.Saya berada di Jepang dengan visa pelajar, apakah saya boleh kerja sambilan(arubaito)?

 

Sesuai peraturan keimigrasian Jepang, pemegang visa pelajar “as student” atau mahasiswa internasional diperkenankan untuk melakukan pekerjaan paruh waktu dengan syarat tertentu. Sebelum mencari pekerjaan paruh waktu, Anda perlu mendapatkan izin usaha di luar status identitas (kerja paruh waktu) dari kantor imigrasi yang berupa cap di belakang kartu identitas anda. 

 

 

2.Apakah ada batasan jam kerja untuk pelajar?

 

Ya. Pemegang visa pelajar diharapkan untuk fokus belajar, jadi walaupun pemegang visa pelajar memiliki izin usaha di luar status identitas (kerja paruh waktu), ada batasan waktu untuk menghindari hilangnya fokus. Pada umumnya pemegang visa pelajar hanya diizinkan untuk melakukan pekerjaan paruh waktu paling banyak 28 jam dalam seminggu, dan maksimal 8 jam sehari selama liburan semesteran.

 

 

3.Apakah saya boleh bekerja di bidang apa saja?

 

Tidak. Terutama sebagai seorang pelajar, dilarang keras untuk bekerja di bidang hiburan dewasa seperti bar/kabaret dan tipe pekerjaan yang mencakupi menemani dan melayani tamu, bidang PSK, bidang judi (pachinko dll) walaupun pekerjaan anda hanya sebagai pencuci piring atau pembersih, tetap tidak diperkenankan untuk  bekerja di perusahaan di bidang tersebut. Kami juga menyarankan anda untuk konfirmasi ke pihak sekolah atau universitas pekerjaan apa saja yang diperkenankan oleh universitas Anda karena beberapa universitas mungkin memiliki larangan tambahan.

 

 

4.Keluarga saya berada di Jepang dengan visa turis/ temporary visitor, apakah boleh kerja sambilan (arubaito)? 

 

Tidak. Pemegang visa turis maupun temporary visitor tidak diperkenankan untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan uang.

 

5.Setelah lulus, apakah saya masih boleh meneruskan kerja paruh waktu?

 

Izin usaha di luar status identitas (kerja paruh waktu) yang anda dapatkan memiliki masa berlaku yang sama dengan visa pelajar anda, apabila visa pelajar anda berakhir, maka anda tidak boleh melanjutkan pekerjaan paruh waktu anda. 

 

Melanggar hukum ketenagakerjaan di Jepang dapat berakibat fatal, karena itulah kami ingin menyediakan sebanyak mungkin informasi yang bisa berguna bagi para WNI di Jepang yang ingin mencari pemasukan tambahan maupun memulai karir di Jepang. Bagi anda yang baru lulus dan ingin mencari pekerjaan, OBOI Jepang dapat membantu anda mencari kerja! Silahkan cek link berikut ini untuk info lebih lanjut!

 

Sumber: Immigration Service Agency of Japan.

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA