就職・転職

Kerja di Jepang: Informasi Seputar Visa Dependent

Dikarenakan banyaknya pertanyaan yang diajukan mengenai visa dependent di LINE Official OBOI Jepang, di artikel ini kami akan membahas mengenai visa tersebut secara tuntas.

Visa dependent dalam bahasa Jepang disebut kazoku taizai biza (家族滞在ビザ), visa ini diberikan untuk keluarga dari warga asing yang sedang bekerja atau sekolah di Jepang untuk tinggal bersama di Jepang. Perlu dicatat, keluarga di sini adalah suami/istri dan anak dari pekerja/pelajar asing. Orang tua dan saudara laki-laki/perempuan tidak dapat menggunakan jenis visa ini. Apabila ingin memanggil saudara laki-laki/perempuan atau orang tua bisa mendapatkan visa tinggal jangka pendek dengan masa tinggal hingga 90 hari.

 

Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Mengajukan Visa Dependent

Untuk mengajukan visa dependent langkah pertama yang dilakukan adalah mengajukan penerbitan Certificate of Eligibility (COE); berikut adalah dokumen-dokumen yang dibutuhkan:

  1. Mengisi formulir aplikasi di sini
  2. Menyertakan foto keluarga (pelamar) yang akan diundang 4cm x 3cm
    1. Foto jelas dan diambil 3 bulan sebelum mengajukan aplikasi
    2. Tulis nama pelamar di belakang foto dan lampirkan di bagian foto formulir aplikasi.
    3. Pelamar dengan umur di bawah 16 tahun tidak perlu melampirkan foto
  3. Paspor pengundang
  4. Resident Card (Zairyuu ka-do) pengundang
  5. Dokumen yang menyatakan hubungan status antara pengundang dan pelamar
    1. Salinan kartu keluarga
    2. Salinan buku nikah
    3. Salinan akte kelahiran anak
    4. Terjemahan Bahasa Jepang dari salinan diatas
  6. Salinan paspor/KTP keluarga yang diundang
  7. Dokumen yang menyatakan status mengundang. Bagi pekerja asing dapat menggunakan certificate of employment (zaishoku shoumeisho 在職証明書) yang dikeluarkan oleh perusahaan dan bagi pelajar asing dapat menggunakan certificate of admission (zaigaku shoumeisho 在学証明書) yang dikeluarkan oleh universitas.
  8. Menyertakan sertifikat pajak penduduk (Juuminzei no kazei shoumei-sho住民税の課税証明書) yang dikeluarkan oleh balai kota setempat. Apabila pihak balai kota tidak dapat menerbitkan sertifikat, silakan hubungi berkonsultasi dengan biro imigrasi.
  9. Bagi pelajar asing menyertakan salinan buku rekening atau sertifikat yang menyatakan beasiswa.
  10. Amplop berprangko 392 yen

Apabila dokumen-dokumen di atas sudah komplit silakan ke imigrasi terdekat untuk mengajukan permohonan. Sekitar 2 minggu hingga 1 bulan, Anda akan dikirimkan Certificate of Eligibility (COE) untuk visa dependent. Masa berlaku COE adalah 3 bulan sejak diterbitkan. 

Langkah selanjutnya adalah mengirimkan Certificate of Eligibility (COE) kepada keluarga di Indonesia untuk mengajukan visa dependent di kedutaan besar Jepang di Indonesia.

 

Bisakah Bekerja Dengan Status Visa Dependent?

Pada dasarnya visa dependent adalah visa yang diberikan kepada anggota keluarga yang menjadi tanggungan pekerja/pelajar asing di Jepang. Oleh karena itu pemegang visa ini berada pada posisi ketergantungan secara finansial dan tidak seharusnya bekerja. Dengan kata lain, meskipun Anda memiliki visa dependent, Anda tidak diperbolehkan bekerja di Jepang.

Namun ada kasus di mana Anda dapat bekerja dengan menggunakan visa ini, Anda dapat ke biro imigrasi terdekat untuk mengajukan permohonan aktifitas di luar status (tokutei katsudou 特定活動). Anda dibatasi bekerja dalam waktu 28 jam/minggu dengan hitungan 4 minggu dalam sebulan, jam kerja maksimal 112 jam. Perlu dicatat pula, gaji Anda tidak boleh melebihi gaji penanggung Anda. 

Pelanggaran ketentuan di atas dapat mengakibatkan hukuman penjara hingga 3 tahun atau denda 3 juta yen. 

Sekian artikel ini, kami harap artikel ini dapat berguna bagi Anda.

 

Sumber:

Ministry of Justice 「家族滞在」

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA