就職・転職

Kerja di Jepang: Hak Pekerja Dan Kewajiban Perusahaan

Melanjuti artikel kami yang lalu, Kerja Di Jepang: Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menandatangani Kontrak, pada artikel kali ini kami akan membahas lebih lanjut seputar hak pekerja dan kewajiban perusahaan, dikarenakan banyaknya pekerja asing yang tidak mengetahui mengenai hak pekerja di Jepang serta kewajiban perusahaan terhadap pekerja, banyak pekerja asing yang terjebak di situasi yang tidak baik; untuk mengurangi kasus seperti itu, kami berharap artikel ini dapat memberikan informasi kepada mereka yang ingin bekerja di Jepang. Sumber artikel kami ambil langsung dari Ministry of Health, Labour and Welfare.

 

Sesuai UU ketenagakerjaan, semua pekerja asing di Jepang memiliki hak yang setara dengan pekerja lokal Jepang, dan ini juga berlaku untuk para pekerja paruh waktu serta pemagang atau kenshusei yang sedang menjalankan program magang.

 

Berikut adalah hak pekerja serta kewajiban perusahaan yang telah kami kumpulkan:

 

1. Jam kerja

Sesuai Labor Standards Act, ditetapkan bahwa jumlah jam kerja per hari tidak boleh lebih dari 8 jam dan per minggu tidak boleh lebih dari 40 jam. Jam kerja yang ditetapkan oleh Labor Standards Act ini disebut dengan “Jam Kerja Resmi”. Bila perusahaan mempekerjakan pegawainya melebihi jam kerja yang tertera, perusahaan harus melakukan ikatan perjanjian buruh-manajemen dengan perwakilan pekerja dan mengajukannya kepada Kantor Pengawas Standar Tenaga Kerja. Apabila perusahaan tidak mengurus perjanjian buruh-manajemen tetapi tetap mempekerjakan pegawainya lebih dari 8 jam per hari atau lebih dari 40 jam per minggu, maka perusahaan akan dianggap sebagai pelanggar hukum. Khusus bagi pelajar asing yang bekerja paruh waktu, batasan kerja per minggu adalah 28 jam dengan max 8 jam perhari di masa liburan, dikarenakan tujuan utama pemegang visa pelajar adalah belajar, makan pelajar tidak diizinkan bekerja terlalu banyak demi fokus untuk belajar.

 

2. Paid leave atau libur berbayar

Pekerja memiliki hak untuk mendapatkan libur diluar libur nasional dan libur mingguan  tanpa pemotongan gaji, untuk mendapatkan hak ini, Anda harus sudah bekerja selama minimal 6 bulan di perusahaan, dan semakin lama anda bekerja diperusahaan yang sama, maka semakin lama pula libur berbayar yang bisa Anda dapatkan. Anda bebas mengambil libur ini kapanpun Anda mau, libur berbayar ini akan hangus apabila tidak dipakai dalam kurun waktu 2 tahun, jadi pastikan Anda menggunakan kesempatan ini untuk beristirahat dari penatnya pekerjaan.

 

3. Waktu istirahat

Perusahaan wajib memberikan waktu istirahat sekurang-kurangnya selama 45 menit kepada semua pekerja yang bekerja selama 6 jam, apabila bekerja selama 8 jam maka perusahaan wajib memberikan waktu istirahat selama 1 jam.

 

4. Uang lembur

Apabila perusahaan meminta pekerja untuk bekerja lebih dari 8 jam, maka perusahaan wajib membayar upah lembur, apabila tidak dibayar, maka perusahaan tersebut melanggar hukum, apabila ini terjadi, pastikan Anda menyimpan bukti untuk menuntut hak Anda.

 

5. Dattai Ichijikin

Dattai Ichijikin adalah program jaminan pensiun negara atau biaya kesejahteraan. Apabila Anda harus meninggalkan Jepang sebelum mendapat uang pensiun, uang yang sebelumnya dibayarkan untuk jaminan pensiun bisa kembali, ini adalah kewajiban Anda sebagai pekerja asing di Jepang, dan perusahaan pun wajib untuk mendaftarkan Anda ke dalam program ini. Anda dapat menerima Dattai Ichijikan jika memenuhi syarat-syarat yang tertera di bawah:

・Bukan Warga Negara Jepang

・Mengikuti Program Jaminan Pensiun negara atau biaya kesejahteraan selama lebih dari 6 bulan

・Tidak memiliki alamat di Jepang (setelah pulang ke negara asal)

・Tidak pernah memiliki hak menerima uang pensiun (termasuk pensiun cacat)

Pastikan untuk mengambil hak anda dalam kurun waktu 2 tahun setelah kepulangan, karena uang ini akan hangus setelah 2 tahun.

 

6. Asuransi kerja

Semua pekerja di Jepang berhak mendapatkan asuransi ketenagakerjaan, apabila terjadi kecelakaan saat bekerja atau perusahaan terpaksa gulung tikar pekerja akan mendapatkan tunjangan bantuan. Silakan cek di sini untuk mengetahui panduan mengklaim asuransi kerja.

 

Pemerintah Jepang juga telah menyediakan panduan untuk para pekerja asing dalam berbagai bahasa, salah satunya adalah bahasa Indonesia Anda dapat membaca serta mengunduh panduan tersebut melalui link ini.

 

Dalam panduan tersebut terdapat contoh kasus serta hal-hal yang tidak boleh dipaksakan oleh perusahaan kepada pekerja, kami harap artikel serta panduan tersebut dapat membantu Anda.

 

Sumber:

Ministry of Health, Labor and Welfare 「Untuk Para Pamagang Kerja Teknis Orang Asing」

Ministry of Health, Labor and Welfare「労災保険外国人むけパンフ第一編_インドネシア語」

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA