就職・転職

Kerja Di Jepang: Cari Kerja Di Masa Pandemi

Tak terasa tahun 2020 sudah berlalu dan tak lama lagi musim semi akan datang. Di Jepang, musim semi adalah tanda dimulainya tahun baru. Musim semi di Jepang berlangsung dari bulan Maret hingga akhir awal bulan Mei; masa ini adalah masa dimana banyak Job Fair diselenggarakan. Hal ini dikarenakan pada musim semi banyak perusahan yang merombak struktur perusahaan dan membutuhkan karyawan baru selain itu, banyak juga  murid-murid yang baru saja lulus dan membutuhkan pekerjaan.

Seperti yang kita semua ketahui, di tahun 2020 terjadi pandemi global yang memakan banyak korban serta menyebabkan kerugian besar bagi banyak perusahaan-perusahaan di seluruh dunia. Dampak ekonomi dari pandemi ini menyebabkan pencarian kerja jadi semakin sulit, banyak perusahaan yang harus gelar tikar yang menyebabkan banyaknya orang-orang kehilangan pekerjaan dan harus kembali bersaing untuk mencari pekerjaan agar bisa membiayai hidup. Tak hanya itu, sifat virus yang sangat mudah menular pun membuat pencarian kerja serta penyelenggaraan job fair semakin sulit, dan banyak perusahaan harus mencari cara lain untuk melakukan job fair dan para pencari kerja pun harus mencari opsi lain untuk mencari kerja selain job fair.

Sumber: https://www.who.int/

 

Pencarian Kerja Secara Online

Demi mengurangi penyebaran virus Covid19 banyak aktivitas offline yang beralih ke online, termasuk pencarian kerja dan job fair. Banyak perusahaan penyalur pekerjaan di Jepang yang menyediakan layanan mereka melalui internet dan tak sedikit pula perusahaan yang memasang lowongan kerja di website mereka, dalam artikel ini, penulis akan memberikan beberapa opsi untuk Anda yang ingin mencari pekerjaan.

 

  • Mencari Kerja Melalui Website Info Lowongan Pekerjaan

Ada beberapa tipe website penyalur pekerjaan yang ada di Jepang, ada yang fokus untuk mencari pekerjaan paruh waktu, freelance, tokutei ginou, guru bahasa dan masih banyak lagi. Bahasa yang disediakan juga bervariasi, dan berkat fitur auto-translate dari Google Anda bisa dengan mudah mengakses informasi di website berbahasa Jepang. Situs penyalur pekerjaan seperti GaijinPot Job, Daijob merupakan situs yang sering dipakai untuk mencari lowongan pekerja, dimana pengguna bisa mengunggah CV dan meng apply langsung melalui website.

 

  • Mencari Kerja Melalui Agen Penyalur Tenaga Kerja

Di Jepang ada juga agen-agen penyalur kerja seperti Go Well Japan, Jopus, Daijob, Indeed, dan ada pula agen khusus untuk WNI yaitu Setia Management, yang pernah beberapa kali bekerja sama dengan OBOI Jepang. Dengan menggunakan agen, Anda bisa berkonsultasi langsung kepada konsultan kerja, dan konsultan akan membantu Anda menemukan pekerjaan yang pas untuk Anda. Konsultasi biasa dapat dilakukan secara remote, sperti via telepon, e-mail, hingga video chat.

 

  • Mencari Kerja Melalui Online Job Fair

Demi keamanan semua pihak serta menaati protokol kesehatan, banyak penyelenggara Job Fair yang menyelenggarakan Job Fair mereka secara online. Pihak penyelenggara seperti Job Haku, Pasona Global, Jetro telah menyelenggarakan online Job Fair. Untuk mengikuti online job fair ini, Anda dapat mendaftarkan diri melalui form yang akan disediakan di website terkait, umumnya slot yang tersedia terbatas, jadi pastikan Anda giat mengecek social media perusahaan tersebut agar tidak ketinggalan berita, OBOI Jepang juga akan berusaha untuk terus menshare informasi terkait online Job Fair; karena itu, cek juga social media kami ya!

 

  • Melamar Langsung Melalui Website Perusahaan

Ada banyak perusahaan yang menyediakan halaman untuk mendaftar kerja di perusahaan terkait di website mereka, Anda bisa juga mencoba untuk mendaftar disana apabila Anda sudah tahu perusahaan apa yang ingin Anda. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa terkadang informasi lowongan kerja yang ada di website perusahaan bisa saja belum di update, karena metode melamar kerja langsung dari website mungkin tidak terlalu sering seperti menggunakan website info lowongan kerja dan penyalur

 

  • Mencari Kerja Lewat Komunitas

Metode ini mungkin tidak terlalu lazim bagi orang Jepang, tapi sangat membantu untuk orang asing! Bagi kalian yang ingin mendapatkan info kerja yang aman, selain bergabung ke OBOI Jepang; Anda juga bisa bergabung ke komunitas orang Indonesia di Jepang seperti PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Jepang dan ICJ (Indonesian Community in Japan) sebagai sesama biasanya banyak mau saling membantu dan bergabung ke dalam sebuah komunitas tidak hanya akan membantu anda mencari kerja, tapi bisa juga untuk mendapatkan informasi berguna lainnya!

Masa pandemi ini nampaknya masih akan lama berakhir, dan tentunya masa ini akan menyebabkan banyak rintangan bagi kita semua, kami dari OBOI Jepang berharap kita semua bisa menghadapi masa ini, dan kami juga akan berusaha menyediakan informasi-informasi yang bisa membantu sesama WNI yang berada di Jepang, stay safe!

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA