就職・転職

Kerja Di Jepang: Ayo Kenali Struktur Birokrasi Di Perusahaan Jepang!

Jepang terkenal sebagai negara dengan struktur birokrasi yang sangat ketat dan rumit. Bagi yang tidak terbiasa dengan hal ini mungkin dapat merasa bingung atau terintimidasi, karena itulah kami menyiapkan artikel ini untuk memberikan informasi kepada WNI yang ingin bekerja di Jepang atau sekedar ingin tahu tentang struktur perusahaan di Jepang.

Jepang adalah negara dimana mayoritas dari masyarakatnya sangat menitikberatkan struktur birokrasi mereka. Mulai dari urutan jalan, masuk elevator, duduk di ruang meeting, hingga urutan duduk di pesta minum, semuanya ditentukan kedudukan hierarki masing-masing.

Mari mengenal struktur birokrasi dan namanya, agar tidak salah memanggil atasan!

(Struktur berikut kami siapkan mulai dari yang terbawah hingga tertinggi tidak termasuk Intern, karena Intern belum bergabung secara official di perusahaan)

 

1. Staff

社員 (しゃいん | Shain ) / 平社員 (ひらしゃいん | Hirashain): adalah staff dengan kedudukan terbawah di sebuah perusahaan, biasanya fresh graduate yang baru saja bergabung dan belum bekerja selama 5 tahun di perusahaan.

 

2. Supervisor

主任 (しゅにん | Shunin):  seseorang dengan pengalaman dalam bidang pekerjaan mereka serta memiliki kemampuan untuk memimpin, biasanya orang yang berumur 28 tahun keatas dan sudah bekerja setidaknya selama 5 tahun di perusahaan.

 

3. Assistant Manager/Team Leader

係長 (かかりちょう | Kakarichou): seseorang yang memanage tim yang besar, biasanya berumur 32 tahun keatas, dan sudah bekerja setidaknya selama 9 tahun di perusahaan.

 

4. Section Manager

課長 (かちょう | Kachou): kepala seksi sebuah departemen, biasa berumur 35 tahun keatas dan sudah bekerja setidaknya selama 13 tahun di perusahaan.

 

5. Assistant General Manager

次長 (じちょう | Jichou): orang dengan kedudukan di bawah Departemen/General Manager akan tetapi memiliki tanggung jawab yang cukup mirip, dan berada di posisi pemimpin, biasanya berumur sekitar 40 tahun dan bekerja sekitar 17 tahun di perusahaan. 

 

6. Department/General Manager

部長 (ぶちょう | Buchou): kepala departemen, dan biasanya orang dengan kedudukan tertinggi yang bisa ditemui oleh mereka yang berada di kedudukan lebih rendah di kantor selama sehari-hari, biasanya berumur 44 tahun dan sudah bekerja selama 21 tahun di perusahaan.

 

7. Director

取締役 (とりしまりゃく| Torishimaryaku): bertanggung jawab untuk mengurus perusahaan secara menyeluruh, dan terkadang bisa juga menjadi kepala cabang perusahaan. Biasanya berumur 54 tahun keatas dan sudah bekerja setidaknya 31 tahun di perusahaan.

 

8. President

社長 (しゃちょう | Shacou): ‘wajah’ dari perusahaan, orang yang membuat keputusan akhir untuk aktifitas sehari-hari di perusahaan, biasa berumur 60 tahun keatas dan sudah bekerja selama 38 tahun di perusahaan.

 

9. CEO, Chairman

会長 (かいちょう | Kaichou): pemilik perusahaan, yang biasanya tidak terlibat dalam aktivitas keseharian perusahaan, akan tetapi memimpin perusahaan dari belakang layar, biasa berumur 65 tahun keatas dan memiliki pengalaman bekerja selama 43 tahun di perusahaan

 

Kami harap daftar ini dapat membantu Anda! 

 

Sumber: https://kimi.wiki/work/company-hierarchy

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA