就職・転職

Kerja di Jepang: Alasan Kenapa Pekerjaan Caregiver Sangat Menjanjikan

投稿日:

Pada awal 2020, virus Covid19 telah menyebar luas di seluruh negeri dunia dan menyebabkan pandemi global. Hal ini mengakibatkan krisis ekonomi terutama pada sektor ketenagakerjaan. Pandemi ini mengakibatkan perekonomian terhambat dan pengusaha perlu melakukan cost down semaksimal mungkin dengan memotong upah pegawai hingga memberhentikan pegawainya. 

 

Menurut survei dari kementerian ketenagakerjaan di Jepang, jumlah orang yang kehilangan pekerjaan sejak awal Januari 2020 hingga bulan ini, tercatat lebih dari 100.000 orang. Selain industri manufaktur dan pariwisata yang terkena dampak tinggi, industri restoran dan umkm juga terkena dampaknya.

 

Di sisi lain, caregiver justru menjadi salah satu pekerjaan yang perlu dipertimbangakan para pencari kerja untuk menghadapi pandemi ini. Dikarenakan saat ini di Jepang sendiri sedang kekurangan tenaga kerja di bidang caregiver dan diperkirakan populasi lansia pada tahun 2060 akan meningkat 60%. Hal ini membuat kebutuhan permintaan caregiver terus meningkat. 

 

Potensi Upah Kedepan Caregiver Jangka Panjang 

Ada omongan yang mengatakan upah caregiver di Jepang terbilang rendah dengan pekerjaan yang cukup membutuhkan kekuatan fisik. Namun kenyataannya upah caregiver mendapati peningkatan, hal ini terlihat dari upah tahunan pada tahun 2017 yaitu 3,61 juta yen dan pada tahun 2018 menjadi 3,95 juta yen. Selain itu, benefit yang ditawarkan kepada pekerja caregiver sangat menarik, seperti tunjangan tempat tinggal, tunjangan peningkatan pengobatan, dan lain-lain. Tentu saja, ketentuan mengenai upah dan benefit yang diterima dapat berbeda dari satu fasilitas ke fasilitas lainnya, tetapi kemungkinan besar upah akan terus meningkat di masa mendatang. 

 

Menggunakan Shift Kerja

Tergantung pada fasilitasnya, jam kerja caregiver seringkali sangat fleksibel. Ada shift pagi, siang, sore, dan malam, sehingga mudah menyesuaikan shift kerja dengan gaya hidup Anda.

 

Jenjang Karir

Pekerjaan serta posisi yang dapat Anda ambil bergantung pada kualifikasi Anda, ada banyak kualifikasi perawat yang dapat diperoleh selama bekerja. Misalnya, pekerja sosial adalah salah satu yang paling umum. Ada pula kualifikasi manajer perawatan yang memerlukan pengalaman kerja yang lama. Beberapa fasilitas juga menawarkan program pendukung sertifikasi, yaitu sistem di mana perusahaan akan membantu Anda membayar ujian sertifikasi Anda. Jika Anda ingin meningkatkan karir Anda dengan menggunakan sistem pendukung kualifikasi, akan lebih mudah bagi Anda secara finansial. Ada pula fasilitas yang juga menyokong bahasa Jepang Anda dengan memberikan pelatihan bahasa Jepang di fasilitas. 

 

 

 

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang studi bahasa Jepang maupun sekolah penjurusan, tidak ada salahnya mencoba pekerjaan ini. Bagi Anda yang ingin mempertimbangakan pekerjaan ini, sebaiknya persiapkan diri sejak dini dengan mengikuti tes tokutei ginou dan JLPT N4. Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Apabila ada pertanyaan, silakan menghubungi LINE Official OBOI JEPANG.

 

Sumber:

Step-care 『介護の仕事のこと』

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA