就職・転職

Kerja di Jepang: 5 Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Interview di Jepang

Musim semi sudah datang, tanda bahwa tahun baru sudah dimulai. Di musim ini, selain dikenal sebagai musim sakura, dikenal juga sebagai musim pencarian kerja! Karena musim semi dianggap sebagai mulainya tahun baru, hingga banyak perusahaan yang merombak struktur perusahaan, membuka cabang maupun memulai bisnis baru.

 

Pada artikel sebelumnya kami membagikan cara penulisan CV, dan melanjuti artikel tersebut, kali ini kami ingin memberikan daftar pertanyaan yang sering muncul saat interview

 

【質問1】自己紹介・自己PR ~「自己紹介をしてください」~

“Jiko shoukai wo shite kudasai”

Awal interview: 

Tolong perkenalkan diri Anda (Jiko shoukai/jiko PR)

Kesan pertama yang Anda berikan akan menjadi poin penting dalam pembuatan keputusan bagi para pewawancara. Pastikan Anda menunjukkan kepercayaan diri serta yakinkan para pewawancara kalau Anda bisa menjadi aset perusahaan yang dapat berperan aktif di perusahaan.

 

【質問2】「今の会社を選んだ理由は?なぜ辞めようと?」

“ima no kaisha wo eranda riyuu wa? naze yameyou to?”

Pertanyaan kedua: 

Apa alasan Anda memilih perusahaan sekarang? Kenapa ingin berhenti perusahaan sekarang? (apabila masih bekerja di perusahaan)

Apabila Anda masih bekerja di perusahaan lain, pewawancara akan mengajukan pertanyaan ini untuk mencari tahu potensi Anda akan berhenti di perusahaan selanjutnya. 

 

【質問3】「あなたが転職先を選ぶ基準は?なぜ当社?」

“Anata ga tenshoku-saki o erabu kijun wa? Naze tousha?”

Pertanyaan ketiga: Apa kriteria Anda dalam melamar pekerjaan? Kenapa demikian?

Perusahaan ingin tahu motif jelas Anda melamar perusahaan dan ingin memastikan keseriusan Anda, apakah dapat bekerja di perusahaan dalam waktu yang lama atau tidak. Pastikan pula untuk melakukan riset tentang perusahaan yang Anda lamar.

 

【質問4】「当社で活かせる経験は?」

“Tousha de ikaseru keiken wa?”

Pertanyaan keempat: Apa pengalaman Anda yang bisa diimplementasikan ke perusahaan ini?

Tentunya perusahaan ingin memastikan orang yang mereka terima bisa menjadi aset yang berguna bagi perusahaan; karena itu yakinkan pihak pewawancara kalau Anda memiliki skill dan pengalaman yang berguna untuk perusahaan

 

【質問5】「何か質問はありますか?」

“Nanika ga shitsumon arimasuka?”

Pertanyaan kelima: 

Apakah ada pertanyaan?

Pertanyaan terakhir ini tampak seperti pertanyaan yang tidak terlalu penting, akan tetapi pertanyaan ini sesungguhnya sangat berpengaruh pada decision making di akhir. Dengan Anda memberikan pertanyaan, Anda menunjukkan bahwa Anda mampu berpikir kritis, memiliki visi yang jelas dan memiliki pengetahuan seputar perusahaan/ bidang yang terkait, karena itu pastikan Anda mencari tahu tentang perusahaan, kondisi pasar, dan memiliki sebuah visi yang jelas.

Sekianlah 5 pertanyaan yang sering muncul saat interview di perusahaan Jepang. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda untuk menghadapi interview. Anda juga dapat menonton video kami mengenai simulasi interview di sini.

 

Sumber:

doda「面接の流れと質問」

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA