就職・転職生活

Kehidupan Di Jepang: WNA Di Jepang Akan Diizinkan Untuk Perpanjang Visa Secara Online

Bagi Anda yang pernah mengurus visa di Jepang, mungkin familiar dengan proses yang sangat lama dan cukup rumit karena banyaknya form-form yang harus diisi, dan antrian yang sangat panjang. Tak lama lagi, Anda dapat mengucapkan selamat tinggal kepada antrian panjang serta tumpukan form yang harus diisi karena mulai di bulan April, pemerintah Jepang akan mengizinkan WNA untuk memperpanjang serta mengganti Visa secara online. 

Proses pengurusan Visa sangatlah memakan waktu lama terutama bagi para murid asing yang ingin mengganti visa pelajar mereka ke visa kerja dikarenakan bulan April adalah bulan kelulusan dan banyak sekali pelajar asing yang harus mengganti status visa mereka, karena itu, pengurusan secara online ini sangatlah disambut baik oleh para WNA di Jepang.

Proses perpanjangan dan penggantian Visa secara online sesungguhnya sudah berlaku sejak lama, akan tetapi hingga kini, proses itu hanya untuk organisasi serta perusahaan tertentu, dengan kebijakan baru ini, individu dapat mengajukan permohonan secara online. Tentunya ini adalah kabar baik karena pengurusan secara online sangatlah praktis dan hemat, baik secara finansial maupun waktu karena Anda tidak perlu pergi ke kantor imigrasi serta menghabiskan ongkos, karena Anda dapat mengajukan permohonan ke imigrasi langsung melalui komputer maupun smartphone Anda.

Demi mencegah pemalsuan tentunya akan ada dokumen serta data diri yang perlu anda kumpulkan, detail seputar hal ini belum tersedia untuk publik. Kebijakan ini dipicu oleh keinginan untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid19 yang telah merugikan serta menyerang banyak orang di seluruh dunia. Pemerintah Jepang telah menyiapkan 1.25 miliar Yen untuk memperbarui komputer-komputer di imigrasi serta kantor pemerintahan agar dapat menangani sistem online baru ini. Pada awal ada kemungkinan terjadi banyak hambatan dan error akan tetapi, harap bersabar karena para staf akan berusaha untuk membantu Anda!

Untuk sekarang belum ada detail jelas seperti apa proses pengajuan online tersebut, akan tetapi jangan khawatir, karena OBOI Jepang akan menyiapkan panduan untuk Anda! Karena itu terus ikuti social media kami agar tidak ketinggalan!

 

Sumber:

Nikkei Asia: Japan to allow foreign residents to change or renew visa online

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA