生活

Kehidupan di Jepang: Tips Mencari Tempat Tinggal di Jepang

Halo semuanya! Kali ini kami akan membagikan pengalaman mencari tempat tinggal di Jepang. Mencari tempat tinggal di Jepang tidaklah mudah, terutama bagi gaikokujin (orang asing) dikarenakan semua penghuni diharapkan untuk memahami aturan kami siapkan untuk membantu kalian yang ingin menyewa apartemen di Jepang:

 

1. Menentukan Jenis Tempat Tinggal

Sebelum mencari tempat tinggal, sebaiknya kalian memutuskan jenis tempat tinggal yang kalian inginkan, pilihan yang tersedia adalah apartemen, share house, dan dorm. Khusus untuk dorm, biasanya disediakan oleh pihak sekolah atau perusahaan tinggal di dorm sebaiknya mendaftarkan diri secepat mungkin. Kalian juga dapat merequest kondisi yang diinginkan, seperti luas area, wilayah yang diinginkan, jenis fasilitas, dan biaya sewa. 

 

2. Mencari Tempat Tinggal

Ada beberapa cara untuk mendapatkan tempat tinggal di Jepang, seperti melalui aplikasi / website, datang langsung ke agen real estate, dan mengunjungi grup social media komunitas orang Indonesia di Jepang. 

–Aplikasi / website

Terdapat beberapa aplikasi dan website yang memudahkan kalian untuk mencari tempat tinggal di Jepang, seperti SUUMO, chintai.net, HOMES, Sumaity. 

Perlu kalian perhatikan juga, bahwa terdapat apartemen yang tidak menerima orang asing. Jadi pastikan kalian mengecek terlebih dahulu pada kolom detail atau bertanya melalui e-mail. 

 

–Mendatangi agen real estate

Kalian bisa langsung mendatangi agen real estate dengan memberitahu kondisi-kondisi tempat tinggal yang diinginkan. Kami sarankan menggunakan agen besar seperti APAMANSHOP atau ABLE. Biasanya agen besar seperti ini sudah terbiasa menangani orang asing. 

 

-Mengunjungi grup SNS komunitas Indonesia di Jepang

Kalian bisa mencari komunitas ini di grup facebook, biasanya ada orang Indonesia yang menawarkan jasa sewa apartemen. Buat kalian yang baru pertama kali ke Jepang, mungkin ini bisa jadi pilihan yang baik, selain tidak terkendala bahasa, mereka juga bisa 

 

3. Meninjau Tempat Tinggal

Apabila kalian sudah menemukan tempat tinggal yang sesuai, kalian bisa mengunjunginya secara gratis. Hal ini perlu kalian lakukan, karena ada kemungkinan kondisi aktual akan berbeda dari foto. Staff yang bertanggung jawab akan membuatkan -bagian ruangan, keamanan, kotak pos. Selain itu kalian juga perlu mengecek layanan sekitar apartemen, seperti jarak tempuh dari apartemen ke tempat kerja / secolah, apakah dekat dengan supermarket, stasiun, kantor pos, dan lain-lain. apartemen! Apabila kalian kurang puas dengan kondisi aktual kamar atau wilayah yang tidak strategis, kalian bisa menolak. Kalian juga bisa mempertimbangakan dalam beberapa hari atau meminta staff untuk mencarikan kamar yang lain.

 

4. Mempelajari Kontrak

Setelah kalian memutuskan tempat tinggal yang sesuai, siapkan dokumen yang diperlukan dan ajukan permohonan pindah. Setelah pemeriksaan yang ditentukan selesai, kalian akan mendapatkan kontrak yang biasanya dalam bahasa Jepang, mohon periksa , khususnya untuk pembayaran uang muka. Biasanya kalian akan menghabiskan uang sebesar 3-4 kali harga apartemen untuk uang muka. 

Berikut rincian uang muka dalam menyewa apartemen di Jepang:

  • Security deposit ( shikikin ) Deposit (biasanya sebesar biaya sewa satu bulan)
  • Key money ( reikin ) Uang Terima Kasih (biasanya sebesar biaya sewa satu bulan)
  • Eve ( mae yachin ) Biaya sewa bulan selanjutnya (jumlah yang ditagih akan berbeda sesuai dengan tanggal pertama tinggal) 
  • Brokerage fee ( chuukai tesuryou ) Biaya agen (biasanya sebesar biaya sewa satu bulan)
  • Fire insurance ( kasai hoken ) Asuransi Kebakaran (tergantung pada struktur bangunan)
  • Key exchange cost ( kagi no koukan hiyou ) Biaya ganti kunci (harga akan berubah sesuai dengan jenis kunci)
  • Guarantee fee ( hoshou tesuuryou ) Jaminan Pembayaran Sewa (harus dibayarkan ke perusahaan penjamin, biasanya sejumlah biaya sewa satu bulan)

Rincian diatas hanyalah contoh. Dalam beberapa kasus ada tempat tinggal yang tidak mengharuskan membayar Key money ( reikin ) uang terima kasih.

 

5. Persiapan Masuk Kamar

Apabila kalian sudah memutuskan waktu pindah, hubungi agen real estate sesegera mungkin. Saat menerima kunci, periksa status kamar saat itu di hadapan agen real estate. Untuk mencegah masalah saat pindah, catat lokasi goresan dan kotoran dan harus mengembalikan kunci, jadi pastikan untuk menjaganya agar tidak hilang. 

 

6. Memastikan Utilities Berfungsi

Langkah selanjutnya ketika kalian sudah menempati apartemen adalah memastikan utilities berfungsi. Karena saat baru pindah, kondisi gas, listrik, dan air belum dinyalakan. Pihak apartemen akan memberikan panduan untuk menghubungi perusahaan utilities. , khusus untuk gas, petugas akan datang ke apartemen kalian untuk membuka gas. 

 

 

Mencari tempat tinggal di Jepang memang tidaklah mudah, karena itu ketika mencari tempat tinggal kami sarankan untuk berkonsultasi dengan teman orang Jepang. Bagi kalian yang berencana mencari tempat tinggal di Jepang kami sarankan pula unte ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin tinggal di Jepang. 

sumber: https://japanlifesupport.com/life/forrent.html

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA