就職・転職

Kehidupan di Jepang: Tips Lancar Berbahasa Jepang

投稿日:

Di era globalisasi modern sekarang ini, belajar bahasa asing menjadi salah satu hal penting untuk bersaing di dunia industri dan usaha. Dengan mempelajari bahasa asing akan membuka peluang besar agar Anda bisa diterima di dunia kerja. Dikutip dari Babble Magazine, Bahasa Jepang menduduki posisi kesembilan sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, dengan 126 juta jiwa adalah penutur asli yang tinggal di Jepang, dan dilansir dari CNBC, Jepang masih menempati posisi ketiga sebagai negara dengan perekonomian terbesar di tengah pandemi ini. Faktor inilah yang menjadikan bahasa Jepang perlu Anda pertimbangkan sebagai bahasa yang perlu Anda pelajari.

Mempelajari bahasa Jepang memiliki tantangan tersendiri, selain struktur kalimatnya yang berbeda dengan bahasa Indonesia; menggunakan SOP, hurufnya pun berbeda. Dalam artikel ini kami akan memberikan tips agar Anda dapat lancar berbahasa Jepang.

 

  • Memahami Sistem Penulisan Bahasa Jepang

Berbeda dengan bahasa Indonesia yang menggunakan alphabet untuk menulis, dalam Bahasa Jepang terdapat 4 sistem penulisan dengan karakter yang berbeda-beda, yaitu kanji, hiragana, katakana, dan romaji (alphabet) yang diucapkan dengan kombinasi dari 46 bunyi dasar. 

Kanji adalah ideogram yang dipakai untuk menggambarkan makna dari setiap ucapannya. Kanji diadaptasi dari aksara China, oleh karena itu terdapat 2 cara pengucapan; onyomi (pengucapan kanji serapan dari China) dan kunyomi (pengucapan bahasa Jepang asli).

Hiragana dalam sistem penulisan bahasa Jepang mewakili satu suku kata yang termasuk dalam vokal dan konsonan, hanya satu huruf hiragana yang berupa konsonan saja (n-ん). Hiragana digunakan untuk menulis kata-kata asli bahasa Jepang dan bentuknya lebih banyak melengkung.

Katakana juga merupakan suku kata yang berbentuk lebih kaku dan tegas, biasanya digunakan untuk kata-kata bahasa asing atau bunyi onomatopoeia (seperti dentuman atau teriakan).

Romaji adalah istilah untuk huruf romawi atau lebih sering disebut alphabet yang digunakan oleh orang Jepang untuk menulis singkatan, nama perusahaan, dan kata-kata lain untuk alasan estetika.

Memahami sistem penulisan bahasa Jepang dan melatih penulisanーseperti menulis guratan sesuai urutanー adalah hal mendasar yang perlu Anda perhatikan dalam belajar bahasa Jepang. Walaupun kenyataannya, dewasa ini menulis tangan sudah jarang dilakukan oleh orang Jepang; digantikan dengan mengetik melalui ponsel dan komputer; namun masih banyak pengisian formulir di Jepang yang mengharuskan Anda untuk menulis tangan. 

 

  • Belajar Bahasa Jepang Kasual Dari Anime dan Manga

Belajar bahasa Jepang melalui anime dan manga akan memperbanyak perbendaharaan kosa kata yang biasanya tidak Anda temui di buku pelajaran. Belajar bahasa Jepang melalui ​​Manga selain menghibur, bagus pula untuk mengembangkan kemampuan membaca bahasa Jepang Anda. Di dalam manga Anda akan menemukan rangkaian kalimat pendek dengan ilustrasi yang menunjukkan apa yang sedang terjadi, dan sering kali memiliki furigana (huruf cara baca kanji) yang sangat berguna bagi pelajar bahasa Jepang untuk mempelajari kanji.

 

  • Mendengarkan Bahasa Jepang Setiap Hari 

Membaca dan menulis saja tidak akan membuat Anda melewati tingkat dasar. Hal yang sangat penting untuk dilakukan saat belajar bahasa Jepang adalah mendengarkannya. Setiap kali Anda mendengar bahasa Jepang, perhatikan baik-baik intonasi, kecepatan, dan pengucapannya. 

Dewasa ini Anda dapat dengan mudah menemukan berita bahasa Jepang di berbagai platform, seperti YouTube, podcast online, dan sebagainya, dengarkanlah bahkan jika Anda tidak memahami isinya dengan baik. Hal ini dilakukan untuk melatih telinga Anda agar familiar dengan kosakata bahasa Jepang. Mendengarkan berita terkini dalam bahasa Jepang dapat memperbanyak kosa kata dan istilah-istilah terbaru dalam bahasa Jepang tentang hal-hal terbaru yang sedang terjadi di dunia. Apabila ada kosakata yang tidak Anda pahami, segera tulis di memo dan carilah artinya.

 

  • Mempraktekkan Bahasa Jepang Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kesulitan terbesar dalam belajar bahasa asing adalah ketika kita dapat memahami ucapan pembicara namun kesulitan untuk membalasnya. Terlepas dari bahasa yang Anda pelajari, berbicara akan selalu menjadi langkah penting untuk mencapai kemahiran dan hal normal bagi seorang pemula untuk merasa takut berbicara dan hanya fokus pada menerima input saja. Bagaimana Anda bisa melatih keterampilan percakapan Anda? Mempraktekkannya! Anda bisa memulai mempraktekkannya dengan menulis; seperti menulis diary atau menulis status medsos Anda menggunakan bahasa Jepang. Dengan mencoba menulis kalimat dalam bahasa Jepang, Anda akan otomatis berpikir sekaligus melafalkan kata-kata yang akan Anda tulis. Anda juga dapat menggunakan teknik shadowing untuk mempraktekkan bahasa Jepang, dimana Anda menonton acara Jepang dan kemudian menirukan pelafalan dan intonasi pembicara.

Agar dapat aktif berbahasa Jepang, hal yang bagus adalah mempraktekkan langsung kepada penutur aslinya. Dewasa ini banyak aplikasi dan komunitas yang membantu Anda untuk melatih percakapan bahasa asing dengan penutur asli atau tutor. Di beberapa aplikasi atau komunitas, ada pula orang Jepang yang ingin belajar bahasa Indonesia dan mengasah kemampuannya; apabila Anda beruntung Anda dapat bertemu dengan orang Jepang yang ingin belajar bahasa Indonesia, ini bisa jadi kesempatan untuk saling membantu.

 

Untuk lancar berbahasa Jepang memang tidaklah mudah, butuh waktu yang lama tergantung dari banyak faktor, seperti berapa jam Anda habiskan untuk belajar, seberapa rajin Anda dan sebagainya, namun dengan motivasi yang kuat dan disiplin untuk terus belajar dan mengasah diri kami yakin Anda dapat meningkatkan bahasa Jepang Anda. Apabila Anda dapat berbahasa Jepang dengan fasih Anda akan mendapat banyak kesempatan untuk bekerja di Jepang. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar ketenagakerjaan di Jepang silakan hubungi LINE Official OBOI JEPANG.

 

Sumber:

Babble『The 10 Most Spoken Languages In The World』

WikiHow『Cara Mempelajari Bahasa Jepang』

Matadotr Network『10 essential tips for learning Japanese

 

 

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA