生活

Kehidupan Di Jepang: Tipe Sampah Dan Cara Membuang Sampah

投稿日:

Halo semuanya!
Di artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara pembuangan sampah di Jepang! Cara pembuangan sampah di Jepang merupakan salah satu hal yang paling sering membuat orang asing kesulitan, dikarenakan banyaknya tipe sampah yang harus dipisah, hari pembuangan yang berbeda, tempat pembuangan yang berbeda, plastik yang berbeda. Cara pembuangan sampah pun tidak semuanya sama di seluruh Jepang, dan bahkan tak sedikit ada orang Jepang yang juga kebi
ngungan.

Demi membantu para WNI yang mungkin kebingungan dengan tata cara pembuangan sampah di Jepang, kami akan menjelaskan tipe-tipe sampah dan cara pembuangannya.

 

 

Sampah Rumah Tangga.

Umumnya terdapat 6  jenis sampah yang dipisahkan di Jepang yakni.

 

Moeru gomi (燃える) atau sampah yang dapat dibakar seperti barang berbahan kayu, kain, kertas, dll.

 

 

Nama gomi (生ゴミ) atau sampah sisa makanan/sampah dapur.

 

*Abura  (油) atau minyak, dilarang keras untuk membuang minyak secara langsung ke saluran air, karena itu warga diwajibkan untuk membeli bubuk pengeras minyak (油処理剤) Abura shiri-zai atau, mengentalkan minyak dengan tepung kentang (片栗粉) katakuriko, yang bisa dengan mudah di beli di toko 100 yen atau konbini terdekat.

 

 

Moenai gomi (燃えない) atau sampah yang tak bisa dibakar, seperti baterai, gelas, barang berbahan besi berukuran kecil, dll.

 

 

Polyethylene terephthalate (PET) atau yang biasa dikenal sebagai PET Bottle [Botol Plastik] .

 

 

Kan (カン) atau sampah kaleng, biasanya mengacu kepada kaleng minuman, bukan kaleng lainnya, ada beberapa daerah yang menyatukan sampah ini dengan sampah botol plastik.

 

Pura (プラ) atau sampah plastik, terdapat 2 tipe, sampah plastik untuk bungkusan, dan peralatan dari plastik. Apabila ukuran kecil dan masih bisa dimuat di dalam plastik sampah untuk plastik, anda bisa membuangnya disana.

 

keenam tipe sampah tersebut adalah sampah rumah tangga umum yang memiliki jadwal serta letak pembuangan yang biasanya dekat dengan tempat tinggal, apabila Anda tinggal di sebuah apartemen, biasanya akan ada tempat khusus untuk membuang sampah. Akan tetapi apabila anda tinggal di mansion atau perumahan, anda perlu mencari tahu tempat pembuangan serta jadwal yang tepat, pada umumnya owner atau pengurus apartemen atau mansion akan 

memberikan pamflet yang menjelaskan cara pembuangan serta jadwal pembuangan sampah serta letaknya, akan tetapi ada kalanya juga anda tidak mendapatkannya dan harus mencari tahu sendiri.

 

Berikut adalah tipe sampah khusus:

 

Sodai gomi (粗大ゴミ) atau sampah besar, untuk membuang sampah ini anda perlu menelepon perusahaan pembuangan Sodai Gomi terdekat, kemudian membeli stiker yang sesuai(biasanya bisa ditemukan di konbini), menempelkannya di sampah tersebut, kemudian menaruhnya di tempat pembuangan yang sudah disepakati oleh Anda dan pihak perusahaan tersebut.

 

Shigen gomi (資源ゴミ) atau sampah sumber daya, adalah sampah yang bisa dipakai kembali atau di daur ulang, biasanya mengacu kepada sampah kardus atau karton susu.

 

Kinzoku gomi (金属ゴミ) atau sampah metal berukuran besar seperti pisau, alat dapur, peralatan elektrik dll. Sampah ini tidak termasuk dengan sampah kaleng makanan, dan tergantung dimana Anda tinggal, anda perlu mencari tahu kapan saja daerah anda menerima pembuangan sampah ini, ada juga beberapa tempat yang mengharuskan anda melakukan perjanjian seperti proses pembuangan Sodai gomi.

 

Kami (紙) sampah kertas seperti buku, koran, majalah dan brosur dapat didaur ulang karena itu sampah ini dipisah dari Moeru Gomi. Biasanya sampah kertas ini dikumpulkan kemudian diikat agar bisa diambil oleh petugas pengurus sampah.

 

 

Jepang adalah negara dimana warganya menghargai kebersihan, karena dengan kebersihan kita bisa hidup secara nyaman, oleh karena itu sangatlah penting untuk menjaga kebersihan, sangat disarankan untuk membilas dahulu sampah yang ingin dibuang untuk menghindari serangga atau binatang liar yang mengacaukan sampah, jangan lupa untuk membuang sampah di tempat dan hari yang tepat ya!

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA