就職・転職

Kehidupan di Jepang: Sistem Pembayaran Pensiun Khusus Untuk Pelajar

Semua orang yang tinggal di Jepang, baik orang Jepang maupun orang asing dan telah berusia 20 tahun diwajibkan membayar premi asuransi.  Namun, bagi pelajar dapat menangguhkan pembayaran dana pensiun dengan sistem pembayaran pensiun khusus untuk pelajar (学生納付特例制度-Gakusei nōfu tokurei seidodesu). Sistem ini memungkinkan Anda untuk menunda pembayaran kontribusi dengan mengajukan aplikasi. Namun, jika pendapatan Anda / pasangan Anda pada tahun fiskal sebelumnya (dua tahun sebelumnya jika aplikasi dibuat antara Januari dan Juni) melebihi batas pengecualian, kemungkinan tidak akan disetujui. Anda dapat pula mengajukan permohonan dikarenakan kesulitan membayar premi akibat pandemi.

 

 

 

Persyaratan Sistem Pembayaran Pensiun Khusus Untuk Pelajar?

  1. Pelajar aktif dari perguruan tinggi (pasca sarjana), perguruan tinggi  jangka pendek, Sekolah kejuruan, sekolah pelatihan, sekolah menengah atas dapat mengajukan permohonan penangguhan. 
  2. Memiliki jumlah pendapatan 1.280.000 yen (tahun 2020 ke bawah jumlah pendapatan 1.180.000 yen) + Jumlah Kerabat Tanggungan x 380.000 yen + Potongan Premi Asuransi Sosial. 

 

Bagaimana prosedurnya

Untuk pengajuan permohonan dapat dilakukan di balai kota, kantor pensiun, dan perguruan-perguruan yang memegang lisensi yang dapat bertindak sebagai agen. Pengajuan dapat dilakukan pula melalui pos, mohon masukkan nomor telepon Anda dengan benar agar dapat dihubungi sewaktu-waktu oleh kantor pensiun

  •  Mengajukan dokumen permohonan

Formulir permohonan dapat diunduh di sini (https://www.nenkin.go.jp/shinsei/kokunen/kokunen.html), ajukan formulir bersama  buku pensiun atau dan bukti yang menunjukkan aktif sebagai pelajar.

  • Kapan mengajukan dokumen

 Pengajuan permohonan diterima setiap tahun dari April hingga Maret tahun berikutnya. Untuk memperpanjang masa tangguhan Anda harus mengajukan kembali setiap tahunnya (April hingga Maret tahun berikutnya).

Hasil pemberitahuan akan dikirimkan melalui pos 2-3 bulan setelah mengajukan permohonan. Pihak kantor pensiun membutuhkan waktu untuk meninjau dokumen Anda. Jika status Anda di universitas berubah dari “mahasiswa riset / Mahasiswa Audit Khusus / Mahasiswa Riset Khusus” menjadi “mahasiswa sarjana”, Anda harus mendaftar secara terpisah untuk Sistem Pembayaran Khusus untuk Mahasiswa yang disebutkan di atas.

Perlu diketahui pula, apabila menunda mengajukan permohonan ini, Anda mungkin tidak dapat menerima pensiun disabilitas dasar untuk disabilitas yang disebabkan oleh kecelakaan atau penyakit tak terduga yang terjadi sebelum tanggal aplikasi.

 

Sumber:
Nenkin 『国民年金保険料の学生納付特例制度』

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA