就職・転職

Kehidupan Di Jepang: Seputar Visa Permanen

投稿日:

Visa permanen atau biasa disebut eijuken (永住権) adalah izin tinggal istimewa bagi Anda yang ingin terus tinggal di Jepang tanpa perlu melakukan perpanjangan visa setiap waktunya. Pemegang visa permanen juga dapat bekerja di Jepang tanpa batasan bidang pekerjaan maupun jam kerja, dikarenakan Anda akan diperlakukan seperti layaknya warga Jepang. Namun, untuk mendapatkan izin tinggal tersebut Anda perlu mengajukan permohonan “visa permanen” ke biro imigrasi dan memenuhi berbagai persyaratan ketat yang telah ditentukan pemerintah Jepang.  

Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai visa permanen, persyaratan untuk mengajukan visa dan poin-poin yang perlu diperhatikan.

 

Keuntungan Visa Permanen

Di Jepang, apabila Anda datang dengan visa jenis tertentu, Anda hanya dapat melakukan aktivitas di ranah visa itu saja. Contohnya adalah visa pelajar, Anda hanya boleh beraktivitas sebagai pelajar tanpa bekerja full-time. Anda diperbolehkan bekerja sebagai part-timer, namun perlu persetujuan dari biro imigrasi.  Contoh lainnya, datang ke Jepang dengan visa kerja, aktivitas Anda akan dibatasi dengan pekerjaan yang berhubungan dengan satu bidang dan lingkup pekerjaan yang telah disetujui biro imigrasi. Sedangkan dengan visa permanen, Anda dapat melakukan pekerjaan apapun tanpa terbatas satu aktivitas dan tanpa perlu melapor ke biro imigrasi selama aktivitas Anda legal, bahkan Anda dapat melakukan dua pekerjaan ataupun melakukan part-time. Hal ini merupakan keuntungan utama pemegang visa permanen, keuntungan lainnya yaitu dipermudah mengajukan visa permanen untuk suami/istri dan anak Anda, dan dapat meminjam dana seperti KPR atau pinjaman untuk usaha ke BANK.

Pemegang visa permanen berbeda dengan naturalisasi, kewarganegaraan Anda tidak berubah, oleh karena itu Anda tidak diberi hak ketika pemilihan dan Anda bisa dideportasi ke negara asal apabila melakukan tindak kejahatan.

 

Persyaratan Visa Permanen

Terdapat empat persyaratan utama untuk mendapatkan visa permanen di Jepang, yaitu:

1. Berperilaku baik

Mematuhi hukum yang berlaku di Jepang, tidak memiliki catatan kriminal dan tidak ada kemungkinan untuk menjadi berbahaya untuk keamanan masyarakat Jepang. Anda perlu berhati-hati pula dengan pelanggaran-pelanggaran kecil seperti pelanggaran bersepeda atau berlalu lintas. Walaupun tidak termasuk dalam tindak kriminal, namun apabila Anda berulang kali mendapatkan sanksi dan membayar penalti atas pelanggaran tersebut, Anda akan dianggap sebagai orang yang berbahaya dalam keamanan dan kenyamanan masyarakat. 

 

2. Memiliki finansial dan keterampilan yang cukup untuk mencari nafkah secara mandiri

Menurut biro imigrasi, Anda perlu membuktikan bahwa Anda tidak menjadi beban masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dan diharapkan di masa depan memiliki finansial yang stabil dari aset atau keterampilan yang Anda miliki. Sebagai acuan Anda perlu memiliki pendapatan tahunan minimal 3 juta yen selama 3-5 tahun terakhir. Jika Anda memiliki tanggungan keluarga, maka perlu ditambahkan sekitar 700.000 hingga 800.000 yen per tahun untuk setiap anggota keluarga. Perlu dicatat, apabila Anda berganti pekerjaan, sebaiknya mengajukan visa ini setahun setelah Anda bekerja di tempat yang baru, pengajuan visa permanen setelah Anda berganti pekerjaan terdapat kemungkinan tidak akan diterima oleh biro imigrasi, dikarenakan Anda dianggap tidak stabil dalam pekerjaan.

 

3. Pemohon diakui berkontribusi untuk kepentingan Jepang

Dalam memenuhi persyaratan ini, terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan, yaitu;

  • Berada di Jepang selama lebih dari 10 tahun. Selama periode ini Anda harus tinggal selama 5 tahun dengan visa kerja atau visa pernikahan.
  • Memenuhi kewajiban publik seperti wajib pajak dan asuransi

Wajib pajak seperti pajak penghasilan, pajak penduduk, serta pensiun dan asuransi harus dibayar dengan baik dan tidak berhutang. Biro imigrasi akan mengecek apakah Anda melakukan pembayaran tepat waktu atau tidak, walaupun Anda sudah melakukan pembayaran namun sering jatuh tempo, hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan biro imigrasi untuk tidak mengeluarkan visa permanen pada Anda.

  • Memiliki masa visa 3 tahun atau lebih

Ketika mengajukan visa permanen masa  visa Anda harus 3 tahun atau lebih.

 

4. Memiliki penjamin (​​身元保証人– mimoto hoshounin)

Saat mengajukan visa permanen, Anda memerlukan penjamin sebagai syarat aplikasi. Penjamin hanya boleh warga Jepang atau warga pemegang visa permanen yang berpenghasilan tetap dan telah membayar wajib pajak. Dengan kata lain seseorang yang menganggur atau memiliki penghasilan yang tidak stabil tidak memenuhi persyaratan sebagai penjamin Anda.

 

Ada beberapa kondisi tertentu di mana Anda dapat mengajukan visa permanen tanpa perlu memenuhi persyaratan tinggal di Jepang selama 10 tahun. 

  • Menikah

Pasangan dari warga negara Jepang atau pemegang visa permanen yang telah menikah selama tiga tahun atau lebih dan telah tinggal di Jepang selama satu tahun atau lebih dapat mengajukan permohonan visa ini. Selain itu anak-anak dari pasangan ini juga dapat mengajukan permohonan dengan syarat telah tinggal di Jepang selama lebih dari satu tahun di Jepang.

 

  • Sistem poin

Pada tahun 2012 pemerintah Jepang memberikan kondisi khusus terhadap orang asing yang memegang visa Highly Skilled Professionals. Pemegang visa ini yang mendapatkan poin 70 dapat mengajukan permohonan visa permanen dengan syarat telah tinggal di Jepang selama 3 tahun, dan apabila mendapat poin 80 dapat mengajukan setelah tinggal di Jepang selama setahun. Anda dapat mengecek di sini untuk mengkalkulasi poin yang bisa Anda dapatkan.

 

Mendapatkan visa permanen merupakan keuntungan bagi Anda yang ingin tinggal lama di Jepang tanpa perlu dibatasi aktivitas tertentu. Tentu saja permohonan visa ini sangat ketat dan memakan waktu lama, sekitar 8 hingga 10 bulan. Jika Anda tidak mempersiapkan dengan baik permohonan visa ini bisa dengan mudah ditolak biro imigrasi. Namun apabila Anda memenuhi persyaratan seperti yang telah kami sebutkan Anda tidak perlu khawatir. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar visa atau ketenagakerjaan di Jepang, silakan hubungi kami melalui OFFICIAL LINE OBOI JEPANG.

 

Sumber:

MOJ『高度人材ポイント制とは?』

Visa Navi『Aplikasi untuk tempat tinggal permanen (tempat tinggal permanen)』

Continental Imigration 『How to get your Permanent Residence in Japan』

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA