就職・転職

Kehidupan Di Jepang: Persiapan Sebelum Kembali Ke Indonesia

Musim semi di Jepang pada umumnya identik dengan tahun ajaran baru serta kelulusan. Pada musim ini, banyak pelajar asing yang telah menyelesaikan studi mereka dan akan segera bersiap-siap untuk pulang ke negara asal mereka.

Berhubung dengan banyaknya murid-murid dari Indonesia, OBOI Jepang ingin memberikan informasi seputar persiapan sebelum kembali ke Indonesia.

 

Pisahkan Barang Yang Akan Anda Bawa Pulang Serta Jual Atau Buang

Apabila Anda tinggal lama di Jepang tentunya Anda perlu membeli berbagai macam barang mulai dari furniture, alat elektronik, baju, peralatan masak dan sebagainya. Saat anda pindah, mayoritas dari barang-barang Anda tidak akan bisa dibawa pulang, untuk itu Anda perlu mencari cara untuk mengurangi bawaan Anda saat pulang.

 

 

Tidak ada orang yang tahu diri Anda sebaik Anda sendiri, karena itu Anda perlu memisahkan barang-barang penting yang Anda ingin bawa pulang serta memiliki arti tersendiri dengan barang-barang yang tidak Anda perlukan. Untuk beberapa barang yang kecil, bisa didaur ulang dan dibakar, Anda bisa membuangnya seperti biasa akan tetapi barang-barang besar seperti sofa, meja, kasur, dll; memakan biaya apabila Anda ingin membuangnya. Anda perlu membeli stiker dan menelpon pihak pembuangan sampah untuk membuat janji agar mereka bisa datang untuk mengambil sampah besar Anda.

Apabila tidak ingin membayar untuk membuang sampah, Anda dapat menjual furniture Anda atau memberikannya kepada mereka yang membutuhkan. Anda bisa dengan mudah mencari orang yang ingin membeli barang bekas maupun mengambil barang bekas yang masih layak pakai di grup komunitas dan di internet, beberapa orang bahkan menaruh kotak berisi barang-barang layak pakai di luar rumah mereka dengan tulisan “silahkan diambil”.

 

Melaporkan Diri Serta Penghentian Layanan Berlanggan

Dikarenakan Anda tidak akan lagi berada di Jepang, Anda wajib melaporkan diri Anda ke balai kota bahwa Anda akan meninggalkan Jepang. Tak hanya itu Anda juga perlu melaporkan ke Japan Post mengenai kepulangan Anda serta menyertakan alamat teman yang bisa dipercaya untuk menerima surat-surat penting yang mungkin Akan terkirim setelah Anda sudah terlanjur kembali ke negara asal. Jangan lupa pula untuk menutup akun bank serta layanan berlanggan di Jepang seperti SIM card, WIFI, Listrik, Gas,  Membership gym, dan sebagainya. Jangan lupa pula untuk memberitahukan pemilik apartemen kalau anda akan pindah. Umumnya sebelum Anda pindah ke apartemen, Anda perlu menandatangani kontrak, dikontrak tersebut akan tertulis kapan Anda harus melaporkan kepindahan.

 

Jangan Lupa Pamit Ke Orang-Orang Sekitar

Tentunya selama Anda tinggal di Jepang, Anda akan berteman dan berkenalan dengan berbagai orang, sebelum pulang, ada baiknya berpamitan kepada  orang-orang sekitar Anda dan mungkin bertukar akun sosial agar bisa tetap bersilaturahmi. Menurut pengalaman pribadi penulis, ada juga kenalan sekitar kita yang menawarkan bantuan saat pindahan dan memberikan informasi yang berguna.

 

 

Melunasi Pajak Dan Cicilan

Mengurus pajak mungkin terdengar seperti sesuatu yang sulit, akan tetapi jangan khawatir, petugas akan membantu Anda, selain itu OBOI Jepang juga dapat membantu Anda dalam persiapan pelunasan pajak. Pastikan juga Anda melunasi semua cicilan agar tidak tersisa hutang. Apabila Anda membayar uang pensiun Anda juga dapat meminta pengembalian uang pensiun setelah kembali ke Indonesia.

 

Melakukan Tes PCR

Saat artikel ini ditulis seluruh dunia masih dalam masa pandemi, apabila Anda membaca artikel ini saat pandemi telah berakhir, persyaratan ini mungkin sudah tidak ada; akan tetapi bagi Anda yang akan pulang di masa ini, Anda perlu melakukan tes PCR dan membawa hasil tes. Berikut adalah surat edaran dari kementrian kesehatan mengenai alur penanganan WNI yang akan masuk ke Indonesia:

Sumber: Kementrian Kesehatan Indonesia

 

Kembalikan Zairyuu Card Anda

Saat berada di gerbang imigrasi di bandara, Anda perlu mengisi form keberangkatan, di form ini Anda wajib menandai kotak kalau Anda tidak akan kembali ke Jepang dengan status yang tertera di Zairyuu Card Anda dan menyerahkan Zairyuu Card Anda ke petugas imigrasi, apabila anda tidak mengembalikan Zairyuu Card,  Anda bisa dikriminalisasi, jadi mohon diperhatikan.

Sumber: Immigration Services Agency of Japan

 

Akhir kata, kepada Anda yang akan segera kembali ke Indonesia, kami mendoakan keselamatan serta kelancaran perjalanan Anda kembali, sampai jumpa!

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA