就職・転職

Kehidupan di Jepang: Persiapan Menghadapi Musim Panas

投稿日:

Sebentar lagi musim hujan akan berlalu dan akan disambut oleh musim panas. Musim panas di Jepang tahun ini dimulai dari pertengahan Juni hingga September. Indonesia sebagai negara tropis mungkin sudah terbiasa dengan cuaca panas, namun jangan salah sangka, cuaca panas di Indonesia dan di Jepang saat musim panas sangatlah berbeda. Bisa dikatakan cuaca panas di Jepang jauh lebih ekstrim daripada Indonesia. 

Musim panas di Jepang ditandai dengan teriknya sinar matahari dan bunyi suara serangga. Suhu udara akan berkisar 26° hingga 36°. Karena pemanasan global, belakangan suhu udara terus meningkat, pada musim panas 2020, tercatat prefektur Shizuoka memiliki suhu tertinggi hingga 41,1°. Musim panas di Jepang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, yang terkadang membuat Anda sulit bernafas, teriknya sinar matahari juga dapat membuat kulit perih-perih. 

Buat Anda yang datang ke Jepang saat musim panas, sebaiknya berhati-hati terserang necchusho (heat stroke). Necchusho atau heat stroke adalah peningkatan suhu tubuh secara tiba-tiba dan dalam waktu yang cepat sehingga tubuh tidak mampu mendinginkannya.

 

Dalam artikel ini kami akan memperkenalkan barang-barang yang dapat membantu Anda mengatasi suhu panas di Jepang.

  • Banyak minum

Sederhana namun efektif, tetap terhidrasi adalah kunci untuk bertahan di musim panas. Saat ember keringat menjadi kebiasaan Anda, mungkin sulit untuk mengingat bahwa Anda membutuhkan air sebanyak mungkin saat berolahraga. Ditambah dehidrasi dapat menyebabkan segala macam masalah, mulai dari kelesuan dan sakit kepala hingga masalah kesehatan yang serius. Meskipun air adalah pilihan termudah, di Jepang ada minuman yang menjadi favorit saat musim panas, yaitu mugicha.

Mugicha, alias barley tea adalah minuman musim panas Jepang yang paling disukai, disajikan di restoran air, dikemas dalam mesin penjual otomatis dan selalu dijual dalam jumlah besar di supermarket . Secara alami bebas dari kafein dan gula, manfaat kesehatannya tidak pernah berakhir: ia memiliki serat, vitamin B dan zat besi, baik untuk perut dan membantu masalah kulit — daftarnya terus berlanjut. Ini sangat dihargai karena efek pendinginannya dan merupakan pilihan restoratif yang mungkin perlu sedikit membiasakan diri, tetapi akan segera menjadi favorit.

 

  • Kipas angin

Di Jepang tersedia lebih dari 100 jenis kipas portable untuk menyambut musim panas. Kipas angin ini beratnya sekitar 80 gram dan dihargai 1.500 yen hingga 2.000 yen. Belakangan kipas portable menjadi populer karena memiliki berbagai fungsi seperti kekencangan angin yang bisa diatur, memiliki aroma diffusers, dan baterai portabel. Terdapat juga kipas angin portable yang dapat dikenakan di leher, cocok untuk Anda yang tidak mau ribet memegangnya.

 

  • Menggunakan sunscreen

Menggunakan sunscreen sangat berguna untuk melindungi kulit Anda dari paparan UVA. Memasuki musim panas, banyak berderet produk sunscreen yang bisa Anda temui di toko dan swalayan

 

  • Menggunakan topi atau payung

Teriknya sinar matahari terkadang dapat membuat kepala pusing, untuk menghindari hal tersebut kami sarankan untuk menggunakan topi atau payung. 

 

  • Cool Spray atau Cool Tissue

Penulis sangat merekomendasikan benda ini. Musim panas di Jepang membuat badan terasa lengket dan bau keringat, dengan menggunakan benda ini dapat membuat badan kamu menjadi fresh kembali. Penggunaanya dapat di area badan maupun wajah.

Sekian artikel kali ini, semoga dapat berguna untuk menghadapi musim panas Anda di Jepang. Apabila ada pertanyaan seputar ketenagakerjaan dan kehidupan di Jepang, silakan hubungi kami melalui LINE Official OBOI Jepang.

 

Sumber:

Liburan ke Jepang『Awas Heat Stroke! Akibat Panasnya Suhu Udara di Jepang Tahun Ini』

Tokyo Cheapo『7 Quick Tips for Keeping Cool in the Tokyo Summer』

 

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA