生活

Kehidupan Di Jepang: Perbedaan Cash Card, Debit Card dan Credit Card

投稿日:

Bagi para WNA yang baru saja pindah ke Jepang untuk jangka lama, pada umumnya mereka akan membuka akun bank untuk mempermudah keseharian mereka. Untuk membuka akun bank di Jepang tidaklah rumit maupun jauh berbeda dari proses di Indonesia, nasabah baru perlu mengumpulkan dokumen serta mengisi formulir untuk membuka akun bank baru. 

 

Saat membuka akun di bank, nasabah dapat memilih untuk membuat cash card, debit card serta credit card; ketiganya memiliki fungsi yang berbeda, dan di artikel kali ini kami akan menjelaskan perbedaan ketiga kartu tersebut.

 

Cash Card

Jepang adalah negara yang masih memiliki budaya cash yang kental, meskipun belakangan ini, di antara anak muda budaya cashless sudah cukup populer; dikarenakan mayoritas penduduk Jepang tidak terlalu mengikuti pengembangan zaman, masih banyak penduduknya yang menggunakan sistem pembayaran secara cash yang sudah tidak asing untuk mereka. Karena alasan itulah, banyak warga lokal yang membuat cash card. Kartu ini hanya bisa dipakai untuk menarik uang dari ATM dan tidak bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran. Banyak sekali WNA yang salah paham dengan fungsi kartu ini dan mengira kartu ini bisa dipakai untuk melakukan pembayaran layaknya kartu debit, karena itulah, mohon hati-hati.

 

Debit Card 

 

Kartu debit pada dasarnya hanya bisa dipakai untuk melakukan pembayaran dan tidak bisa dipakai untuk menarik uang cash, meskipun ada beberapa bank yang menggabungkan fungsi cash card dengan debit card, nasabah perlu melakukan permintaan khusus.

 

 

 

Credit Card

 

Credit card pada umumnya bisa dipakai untuk transaksi apapun dan dimanapun. Untuk membuat kartu kredit, nasabah perlu mengajukan permintaan dan melewati proses screening. Dengan memiliki kartu kredit nasabah dapat melakukan pembayaran cicilan, pembayaran langsung, serta menarik uang di ATM. Perlu diperhatikan ada beberapa layanan di luar Jepang yang mungkin tidak dapat menerima kartu kredit yang di buat di Jepang.

 

 

 

Penulis sering mendengar cerita tentang WNA yang salah paham dan tidak mengerti fungsi dari ketiga kartu tersebut, karena itu, penulis berharap artikel ini dapat membantu mereka yang akan membuka akun di bank Jepang agar tidak kebingungan.

Sumber:

Jpninfo 『Cash, Credit, or Debit? Payment Options in Japan』

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA