生活

Kehidupan di Jepang: Peraturan Bersepeda yang Wajib Diketahui

Bersepeda bisa menjadi alternatif transportasi buat kalian yang berencana tinggal untuk waktu yang lama di Jepang. Selain tergolong efisien dan lebih ekonomis, kalian dapat bersepeda di Jepang dengan nyaman dan aman karena terdapat jalur sepeda khusus.

Di Jepang, sepeda adalah sarana transportasi  yang hampir digunakan oleh seluruh warga tanpa memandang umur, jenis kelamin, maupun status. Dikarenakan banyaknya pengguna sepeda, pemerintah Jepang pun memberlakukan aturan khusus untuk pengendara sepeda demi keselamatan dan kenyamanan bersama. Simak hal-hal yang harus kalian perhatikan saat bersepeda di Jepang.

Mendaftarkan Sepeda 

Ketika membeli sepeda di Jepang, kalian akan diminta mendaftarkan sepeda ke departemen kepolisian prefektur masing-masing, atau dalam bahasa Jepang disebut ‘防犯登録’ (bouhan touroku). Kalian juga bisa mendaftar melalui toko sepeda dimana kalian membeli sepeda tersebut dengan biaya 500 yen. Kalian akan diminta untuk mengisi formulir dengan nama, alamat, dan nomor telepon, dan rincian sepeda. Pastikan untuk mendaftarkan sepeda atas nama sendiri, bila tidak kalian bisa dituduh sebagai pencuri. Selain itu, apabila kalian kehilangan sepeda, ini akan mempermudah kepolisian untuk melacak sepeda kalian. 

Larangan dan Hukuman 

  1. Dilarang bersepeda sambil berboncengan. Apabila melanggar akan dikenakan denda 20.000 yen.
  2. Dilarang bersepeda dalam keadaan mabuk. Apabila melanggar akan mendapatkan hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda 1.000.000 yen.
  3. Dilarang bersepeda sambil membawa payung pada musim hujan. Apabila melanggar akan dikenakan denda 50.000 yen.
  4. Dilarang menelepon atau mendengarkan musik saat bersepeda. Apabila melanggar akan dikenakan denda 50.000 yen.
  5. Saat mengendarai sepeda dilarang berjejeran dengan sepeda lain dan akan dikenakan denda 20.000 yen apabila melanggar.
  6. Saat bersepeda di malam hari harus menggunakan lampu depan dan belakang. Denda untuk pelanggaran ini akan dikenakan hingga 50.000 yen.

Parkir Sepeda

Selain parkir mobil dan motor, di Jepang juga ada tempat parkir khusus sepeda yaitu ‘自転車駐車場’ (jitensha chuushajo) atau ‘二輪車駐車場'(nirinsha chuushajo). Untuk menemukan tempat parkir di Jepang tuh gampang-gampang susah, apalagi di daerah tempat wisata. Ada kalanya pesepeda harus parkir di tempat yang jaraknya cukup jauh dari tempat tujuan.Tempat parkir sepeda paling mudah ditemui di dekat stasiun dan mall, beberapa ada yang  berbayar atau gratis. Jangan meninggalkan sepeda di sembarang tempat apalagi di tempat yang sudah ada penanda 駐輪禁止’(chuurin kinshi)ーdilarang parkir sepeda. Sepeda kalian akan disita dan akan didenda. 

 

                                                             Gambar: 駐輪禁止’(chuurin kinshi)ーdilarang parkir sepeda

Jepang adalah negara yang disiplin, oleh  karena itu patuhilah aturan yang berlaku. Penulis pernah ditilang saat parkir sepeda tidak pada tempatnya. Hanya selang beberapa saat, sepeda sudah diangkut oleh petugas patroli. Alhasil, harus mengambil sepeda ke tempat penyimpanan yang jaraknya lumayan jauh dan harus membayar denda sekitar 2.000 yen. 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA