就職・転職

Kehidupan di Jepang: Panduan Seputar Layanan Internet

Internet sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi Anda yang tinggal di luar negeri. Jika ingin menghubungi keluarga di Indonesia, bermain game online, maupun menggunakan sosial media, Anda perlu menggunakan layanan internet. Di Jepang, layanan internet terbilang sangat canggih; sejak tahun 2020 Jepang telah meluncurkan layanan jaringan internet 5G, dan  saat ini sedang mulai mengembangkan jaringan internet 6G yang diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2030. 

Di Jepang, umumnya untuk mengakses internet menggunakan mobile data yang tersambung pada SIM Card di smartphone. Namun mobile data yang tersedia biasanya dibatasi jumlahnya sesuai kontrak, bila melebihi data yang ditentukan kecepatan internet akan melambat atau perlu biaya tambahan untuk menambah data. Di masa pandemi ini beberapa perusahaan di Jepang telah menerapkan WFH guna mencegah penyebaran virus. Tentunya Anda membutuhkan koneksi internet yang stabil agar pekerjaan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu dalam artikel ini, kami akan membahas seputar layanan internet selain mobile data yang bisa menjadi referensi agar nyaman bekerja di rumah.

 

 

Pocket Wi-Fi

Pocket Wifi merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang sering berada di luar. Anda dapat segera menyambungkan internet ke perangkat Anda tanpa perlu mencari-cari wifi di areaumum. Apabila Anda berada di Jepang kurang dari 1 tahun, kami sarankan menggunakan pocket wi-fi, karena tidak perlu terikat kontrak dan dapat dihentikan kapan saja. Salah satu pocket wi-fi yang kami rekomendasikan adalah Wi-FiRental.com. Harap dicatat kami tidak disponsori oleh perusahaan manapun.

Paket terpopuler mereka adalah SoftBank 303ZT Unlimited, yang biasanya dihargai ¥ 5.500 / bulan. Pada 187,5 Mbps, dan data Anda dibatasi pada 3GB / hari (90GB / bulan). Apabila Anda tidak sering streaming dan bermain game online selama berjam-jam, jumlah data tersebut seharusnya cukup untuk pemakaian sehari-hari. 

 

Internet Rumah (Fiber Optics)

 

 

Fiber optics atau disebut “Hikari Faiba” (光ファイヴァー) di Jepang, adalah pilihan tercepat dan terpopuler untuk koneksi internet rumah di Jepang. Fiber optics memiliki kecepatan unduh maksimum 1Gbps, yang sangat cepat dibandingkan dengan banyak negara lain. Sambungan serat optik (FTTH) umumnya tersedia di area metropolitan besar seperti Tokyo, Yokohama, Osaka, Kobe, dan Kyoto; tetapi tidak tersedia di semua tempat. Selain itu, jika di apartemen Anda belum terinstal, Anda harus meminta izin dari pemilik properti untuk pemasangan. Untuk biaya biaya instalasi dikenakan sekitar 6.000-20.000 yen. Biaya ini hanya dikeluarkan satu kali, ada pula biaya pencopotan yang sama dengan biaya instalasi. Biaya bulanan bervariasi tergantung dari paket yang Anda pilih, rata-rata biaya bulanan adalah 5.000 yen. Namun apabila Anda masih berstatus pelajar atau berumur dibawah 30 tahun, biasanya terdapat promosi yang ditawarkan perusahaan.

 

 

Bagaimana proses pemasangan internet rumah?

Diperlukan waktu dua minggu sejak Anda mengajukan permohonan hingga Anda benar-benar dapat mulai menggunakan internet.

Langkah 1: Aplikasi 

Anda dapat mendaftar secara online atau melalui telepon. Biasanya hanya akan dimintai nama, alamat, email, dan nomor telepon kontak Anda.

Langkah 2: Persiapan instalasi dan pengiriman dokumen 

Setelah Anda mendaftar, penyedia jalur akan mengirimkan paket informasi yang berisi informasi tentang jalur dan akun Anda. Anda akan menerima paket terpisah dari Penyedia Layanan Internet (ISP) yang Anda pilih.

Langkah 3: Instalasi 

Penyedia layanan akan menghubungi Anda untuk memberi tahu apakah bangunan Anda sudah terhubung dengan kabel fiber optics. Jika sudah terpasang, Anda dapat langsung menuju ke Langkah 4: Jika belum terpasang, Anda dapat mengajukan permintaan untuk mendatangkan teknisi untuk memasang line fiber optics. Perlu dicatat, jika Anda mengajukan pada akhir tahun atau selama musim pindahan (dari sekitar Februari hingga April), waktu tunggu akan lebih lama. Anda harus berada di rumah untuk penginstalan, yang biasanya memakan waktu sekitar dua jam.

Langkah 4: Koneksi. 

Hubungkan router Anda ke dinding dan atur koneksi internet Anda. Penyedia layanan akan mengirimkan instruksi melalui CD-ROM.

Dalam pengalaman penulis, bekerja WFH di masa pandemi ini sebaiknya menggunakan internet rumah agar bekerja semakin nyaman. Penulis mempunyai pengalaman memakai pocket wifi, namun jumlah penggunaan data yang penulis gunakan selalu melebih batas ketentuan dan menyebabkan koneksi internet jadi lebih lama, bahkan bisa tidak terkoneksi.

Sekian artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang tinggal di Jepang. Apabila ada yang ingin ditanyakan seputar kehidupan dan ketenagakerjaan di Jepang silahkan menghubungi LINE official OBOI Jepang.

 

Sumber:

Real Estate Japan 『Setting up internet at home in Japan: Basics of getting a high-speed internet connection』

Ohayo Jepang 『Pilihan Layanan Internet di Jepang yang Sesuai Kantong』

Tokyo Cheapo 『Renting a Pocket Wifi Router in Japan: Best Options』

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA