生活

Kehidupan di Jepang: Panduan memilih SIM Card di Jepang

投稿日:

Di Jepang, ada banyak sekali SIM Card prabayar dan kontrak, namun mencari tahu mana yang cocok dengan Anda merupakan pilihan yang rumit, ditambah lagi sebagian besar informasi yang ada dalam bahasa Jepang. Untuk mempermudah Anda memilih SIM Card di Jepang, kami akan memperkenalkan beberapa SIM Card yang bisa menjadi referensi.

 

Mobile Network Operator (MNO)

Di Jepang terdapat tiga perusahaan seluler (provider) terbesar yang menyediakan SIM Card yang tersebar di penjuru kota, yaitu NTT Docomo, AU, dan Softbank. Ketiga perusahaan ini adalah Mobile Network Operator (MNO) yang memiliki jaringan mandiri. Apabila Anda tidak mau ribet dan menginginkan kecepatan komunikasi yang stabil dan konsisten kami sarankan untuk menggunakan SIM Card yang disediakan oleh provider ini. Untuk memperoleh SIM Card dari provider ini, Anda harus membuat kontrak minimal 2 tahun. Perlu dicatat, apabila Anda berhenti menggunakan SIM Card sebelum masa kontrak habis, Anda harus membayar biaya penalti. Biasanya ketika membuat kontrak sudah termasuk dengan satu set smartphone, dan kondisi smartphone dalam keadaan SIM Lock, yang artinya smartphone tersebut hanya dapat digunakan di satu provider saja. Kelebihan SIM Card provider ini adalah fitur tingkat cakupan BTS (Base Transceiver Station) tinggi yang dapat menjangkau hingga ke daerah pedesaan. Selain itu, provider ini memiliki toko di berbagai daerah di Jepang, jadi apabila terjadi masalah dengan SIM Card, Anda dapat dengan mudah mendapatkan layanan customer support. 

 

Sayangnya, biaya untuk menggunakan provider ini cukup menguras kantong, dan pada 2001 diluncurkanlah layanan MVNO (Mobile Virtual Network Operator) pertama oleh B-Mobile, operator yang menyediakan SIM Card dengan biaya yang lebih murah.

 

MVNO (Mobile Virtual Network Operator)

MVNO merupakan perusahaan provider yang menyewa jaringan komunikasi dari perusahaan besar seperti NTT DoCoMo dan menyediakan SIM Card murah dengan biaya langganan lebih rendah daripada provider MNO. Bagi Anda yang baru menetap di Jepang kurang dari setahun, kami sarankan untuk menggunakan SIM Card yang disediakan MVNO, selain biaya langganan yang rendah Anda juga bisa memakai SIM Card ini pada smartphone yang Anda bawa dari Indonesia. 

 

Jenis SIM Card MVNO

Pada umumnya terdapat 2 jenis SIM Card, yaitu SIM Card dengan paket data (internet) dan telepon (voice call), serta SIM Card khusus paket data. Dalam SIM Card khusus data, Anda hanya bisa melakukan panggilan dengan menggunakan aplikasi yang menggunakan internet, seperti LINE, WA, Skype, dan lain-lain. Anda juga dapat menambahkan opsi layanan SMS dengan tambahan biaya. Dalam SIM Card paket data (internet) dan telepon (voice call), Anda bisa menerima dan menggunakan panggilan telepon. Beberapa perusahaan menetapkan biaya yang bervariasi untuk panggilan telepon, ada yang menawarkan panggilan telepon sepuasnya dengan batas bicara 5-10 menit/ telepon, ada juga memberikan tarif per detik. Biasanya tarif perdetik sekitar 20-45 yen.

 

Pilihan SIM Card MVNO

Di Jepang Banyak provider MVNO yang menawarkan kartu SIM yang ramah di kantong, namun Anda harus hati-hati, karena ada pula perusahaan yang menawarkan biaya bulanan murah namun tidak jelas. Di sini kami akan memperkenalkan provider yang menawarkan layanan dukungan multi-bahasa dengan layanan yang dapat dipercaya.

 

  • MOBA

MOBAL adalah salah satu provider yang ramah untuk orang asing, dikarenakan dapat dipesan secara online dan terdapat layanan costumer service berbahasa Inggris. Anda juga tidak perlu membuat kontak untuk berlangganan, dimana Anda bisa berhenti kapanpun tanpa terkena biaya penalti. Selain itu pilihan pembayaran dapat dilakukan dengan debit/credit card atau paypal. MOBAL memiliki 2 paket yaitu seharga 1.000 yen (voice call dan text) dan 4.500 yen (voice call, text, unlimited data). Untuk Anda yang sering menggunakan internet, paket unlimited data sangat direkomendasikan, karena tidak perlu takut kecepatan internet menjadi lambat karena paket data habis.

  • IIJmio

IIJmio menawarkan paket data dan voice call mulai dari 1.600 yen/bulan dengan pilihan jaringan tipe D (Docomo) dan tipe A (AU). Untuk memperoleh SIM Card ini dari provider ini Anda perlu membuat kontrak selama 2 tahun. Pilihan paket yang ditawarkan bervariasi, silahkan cek di sini untuk melihat paket dan cara berlangganan. (https://en.japantravel.com/guide/stay-connected-with-an-iijmio-sim/38705)

  • Rakuten Mobile

Rakuten Mobile menawarkan SIM Card dengan fungsi voice call dan data mulai dari  2.980 yen. Anda akan menerima data tak terbatas dengan konektivitas berkecepatan tinggi di area jaringan Rakuten (Jepang) di Tokyo dan Osaka. Setelah mendaftar, pastikan untuk menginstal aplikasi Rakuten Link. Ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan panggilan dan pesan gratis ke pengguna Rakuten Link lainnya dari mana saja di dunia. Layanan ini direkomendasikan bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan besar dengan jumlah pengguna Rakuten Mobile yang banyak.

  • Mineo

Berdasarkan hasil survei MMD Labo (Mobile Marketing Data Labo), Mineo menempati posisi pertama pada tahun 2020 dalam hal kepuasan pelanggan. Biaya bulanan yang ditawarkan mulai dari 880 yen/bulan (paket data saja) dan 1.298 yen/bulan (data dan voice call). Mineo tidak mengenakan penalti untuk biaya pembatalan. Informasi biaya lebih lanjut silakan cek websitenya di sini. (https://mineo.jp/price/)

  • BIGLOBE

BIGLOBE menyediakan layanan opsi “Entertainment Free Option”, yang tidak membebankan biaya data untuk layanan berikut: YouTube, Google Play Musik, Apple Music, LINE MUSIC, Facebook Messenger dan Abema TV. Oleh karena itu  BIGLOBE adalah salah satu provider yang paling direkomendasikan bagi Anda yang suka menikmati musik atau video.

 

Setelah membaca artikel ini kami harap Anda tidak bingung lagi memilih SIM Card di Jepang. Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai kehidupan di Jepang silakan menghubungi LINE Official OBOI Jepang. 

 

Sumber: 

Tsunagu Local 『Panduan Lengkap Untuk Orang Asing! Memilih SIM Card di Jepang』

Dime 『「MVNO」と「MNO」の違いは?知ってるようで知らない格安スマホの基礎知識』

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA