就職・転職

Kehidupan di Jepang: Manfaat IC Card di Jepang

Apa itu IC Card? 

IC Card merupakan singkatan dari Integrated Circuit Card yang berisi chip di dalamnya. IC Card dikeluarkan oleh perusahaan kereta api Jepang yang dapat membantu perjalanan dan kehidupan Anda di Jepang menjadi lebih praktis.  Di Indonesia kartu ini lebih dikenal dengan sebutan E-money atau E-toll. 

Di Jepang terdapat berbagai jenis IC Card, dan yang paling terkenal adalah SUICA, kartu yang diterbitkan oleh JR East pada tahun 2001. Umumnya IC Card selalu dikaitkan dengan kartu yang digunakan untuk transportasi, namun sebenarnya kartu ini memiliki kegunaan yang lainnya, seperti untuk pembayaran di vending machine, convenience store, dan layanan lainnya. Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan tentang berbagai jenis IC Card serta manfaat penggunaannya! Kami harap ini artikel bermanfaat bagi Anda!

 

Jenis Dan Manfaat IC Card di Jepang

Di Jepang terdapat berbagai IC Card yang sering digunakan dikarenakan kepraktisan mereka; hanya saja, tidak seperti E-money di Indonesia beberapa kartu yang diterbitkan Jepang hanya bisa digunakan di daerah yang menerbitkan mereka. Kali ini kami akan memperkenalkan 10 jenis IC Card yang dapat digunakan di area penerbit maupun di seluruh Jepang.

 

1. Kitaca(キタカ)

Kitaca adalah IC Card yang dikeluarkan JR Hokkaido. Tidak hanya dapat digunakan untuk penggunaan kereta api, Anda juga dapat menggunakan beberapa layanan, seperti kartu pembayaran di supermarket dan pembelian tiket menggunakan IC Card di mesin tiket. Kitaca tidak dapat digunakan di stasiun di luar area layanan JR Hokkaido, seperti di area Donan, Kitaca juga tidak bisa digunakan untuk  Shinkansen Hokkaido saat ini. 

2. Suica(スイカ)

Suica adalalah IC Card yang sangat populer dan dapat digunakan di seluruh Jepang. Menggunakan Suica juga dapat mengumpulkan poin dan dapat berhemat daripada beli tiket. Keunggulan Suica lainnya yaitu dapat digunakan untuk naik Shinkansen dan memiliki layanan versi mobile, jadi bagi Anda yang tidak terlalu suka membawa banyak kartu, Suica mobile bisa menjadi pilihan yang praktis. 

Mulai 26 Februari 2020, layanan mobile Suica tidak perlu membayar biaya tahunan, Anda hanya download aplikasi Suica mobile di ponsel Anda. Manfaat pada Suica mobile, Anda dapat mengecek saldo dan dapat mengisi saldo kapanpun dimanapun. Perlu dicatat, untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu mendaftarkan kartu kredit Anda ke ponsel, untuk pengguna Apple dapat menggunakan Apple pay. 

3. PASMO(パスモ)

PASMO adalah layanan yang awalnya diperuntukkan untuk pengguna kereta api bawah tanah dan bus swasta selain JR di wilayah Kanto, dan dikeluarkan oleh “PASMO Co., Ltd.”, yang memiliki 11 operator kereta api dan 19 operator bus. Untuk mendapatkan kartu PASMO memerlukan uang deposit seharga 500 yen, tetapi PASMO yang terintegrasi dengan kartu kredit tidak memerlukan deposit. PASMO tidak memiliki tipe mobile. 

4. TOICA(トイカ)

TOICA kepanjangan dari “Tokai IC Card”  yang dikeluarkan oleh JR Tokai, yaitu daerah Nagoya dan Shizuoka. TOICA juga dapat digunakan untuk naik Shinkansen dengan menggabungkan layanan reservasi ekspres yang disediakan oleh JR Central. Jika Anda melakukan reservasi Shinkansen terlebih dahulu dengan layanan reservasi ekspres , Anda bisa naik Shinkansen hanya dengan menepuk kartu IC khusus EX dan TOICA dan menyentuh gerbang tiket. Atau, jika Anda menggunakan layanan smart EX yang menghubungkan TOICA dengan layanan reservasi ekspres , TOICA sendiri akan berfungsi sebagai tiket Shinkansen, dan Anda dapat naik Shinkansen hanya dengan satu tiket. 

5. Manaca(マナカ)

Manaca adalah IC Card yang diperuntukkan untuk pengguna kereta bawah tanah dan bus selain JR di daerah Tokai, dan dikeluarkan oleh Meitetsu (Kereta Api Nagoya) dan Biro Transportasi Kota Nagoya. Manaca yang dikeluarkan Meitetsu bisa mendapatkan poin dari Manaca mileage dan MSTAR. Namun, untuk mendapatkan poin MSTAR, Anda harus mendaftar di situs web poin MSTAR. 

6. PiTaPa(ピタパ)

PiTaPa adalah IC Card yang dikeluarkan oleh asosiasi KANSAI yang terdiri dari 64 perusahaan kereta dan bus di daerah Kinki. Selain daerah Kinki (Osaka, Kyoto, Nara), kartu ini juga dapat digunakan di Okayama, Mie, Aichi, dan Shizuoka. Berbeda dari kartu lainnya, PiTaPa menggunakan sistem pasca bayar yang akan di debit dari akun Jepang Anda. 

7. ICOCA(イコカ)

ICOCA adalah IC Card yang dikeluarkan oleh JR West. Keunggulan ICOCA adalah memiliki sistem poin yang bernama “ICOCA Point Service”. 

8. nimoca(ニモカ)

Nimoca dikeluarkan oleh Nishi-Nippon Railroad di Kyushu, umumnya dikenal sebagai “Nishitetsu”. 

9. SUGOCA(スゴカ)

SUGOCA adalah IC Card yang dikeluarkan oleh JR Kyushu. Harga pembelian tiket SUGOCA adalah 2.000 yen. Harga pembelian ini termasuk deposit 500 yen dengan saldo 1.500 yen. 

10.Hayakaken (はやかけん)

Hayakaken adalah IC Card yang dikeluarkan oleh Biro Transportasi Kota Fukuoka dan dapat digunakan adalah semua jalur Subway Kota Fukuoka.

 

Manfaat IC Card

1. Bisa naik dan turun transportasi dengan lancar

Tahukan Anda, waktu yang diperlukan untuk membeli tiket untuk naik kereta adalah 1-2 menit. Dengan IC Card Anda dapat menghemat waktu tersebut dengan sekali tap ke gerbang tiket.

2. Dapat mengumpulkan poin

3. Dapat digunakan untuk pembayaran di restoran, supermarket, hingga loker koin yang  menyediakan IC reader. 

4. Khusus untuk Suica terdapat layanan mobile yang membuat lebih nyaman. Meskipun tidak memiliki kartu, Anda dapat naik dan turun transportasi dan berbelanja sederhana hanya dengan smartphone.

Apabila Anda kehilangan IC Card segera pergi ke bagian informasi stasiun dan segera minta untuk diterbitkan kembali. Sekian artikel kali ini, apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai kehidupan di Jepang silakan menghubungi LINE Official OBOI Jepang. 

 

Sumber:

My Navi『交通系電子マネー全10種類をまとめて解説!全国相互利用が可能』

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA