就職・転職

Kehidupan di Jepang: Ketahui Pemeriksaan Kesehatan Tahunan di Jepang (Kenko shindan)

Bagi Anda yang bekerja di Jepang sebagai karyawan tetap, diwajibkan melakukan pemeriksaan kesehatan setiap tahunnya. Pemeriksaan kesehatan, atau dalam bahasa Jepang disebut kenkou shindan (健康診断)biasanya dilakukan di klinik atau rumah sakit yang telah ditunjuk perusahaan, namun Anda juga bisa memilih klinik yang sudah familiar dengan Anda, dan nyaman bagi Anda. Untuk perusahaan yang memiliki banyak karyawan, ada kasus di mana dokter dan perawatnya mendatangi tempat kerja dan melakukan pemeriksaan secara massal.

 

Berapa Biaya Pemeriksaan Kesehatan di Jepang?

 

Berdasarkan Pasal 66 UU Keselamatan dan Kesehatan Industri di Jepang, perusahaan wajib melakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter terhadap pekerja dan biaya pemeriksaan akan menjadi tanggungan perusahaan, sedangkan untuk freelancer semua ditanggung sendiri. Perlu diingat, pemeriksaan kesehatan tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan, oleh karena itu biaya pemeriksaan bervariasi tergantung klinik atau rumah sakit. Untuk pemeriksaan kesehatan rutin biasanya disebut teiki kenkou shindan (定期健康診断)atau teiki kenshin (定期検診), biayanya dipatok dari dari 5.000 – 15.000 yen/orang.

 

Apakah Perlu Reservasi Sebelumnya?

 

Bagi Anda yang bekerja di perusahaan besar, tidak perlu khawatir untuk membuat reservasi dengan klinik/rumah sakit, karena biasanya staff soumu-bu (bagian umum) yang akan mengatur jadwal pemeriksaan. Anda hanya tinggal pergi ke rumah sakit yang dirujuk dan telah dijadwalkan staff perusahaan.  Namun, bagi Anda bekerja di perusahaan dengan sedikit staff, besar kemungkinan Anda harus mengatur sendiri, seperti membuat reservasi terlebih dahulu melalui telepon. Buatlah reservasi sebulan sebelum jadwal pemeriksaan yang Anda inginkan. 

 

 

 

Bagaimana Proses Pemeriksaan Kesehatan di Jepang?

Persiapan Sebelum pemeriksaan

Sebelum Anda pergi ke klinik/rumah sakit untuk pemeriksaan, Anda akan menerima kuesioner. Isi kuesioner tersebut, kemudian bawa untuk diserahkan ke resepsionis. Sebelum hari H, Anda juga akan diminta untuk puasa selama 10 jam sebelum pemeriksaan. Bagi Anda yang memakai softlens, sebaiknya membawa kacamata, selain itu di beberapa klinik ada yang tidak menyiapkan baju ganti untuk pemeriksaan, jadi pastikan apakah Anda perlu membawa baju ganti atau tidak.

Pemeriksaan Kesehatan Hari H

Ketika tiba di klinik/rumah sakit, resepsionis akan meminta kuesioner dan kartu asuransi Anda.  Kemudian Anda akan diminta berganti pakaian dan pergi ke toilet untuk menyerahkan urin. Pada pemeriksaan kesehatan rutin akan ada rontgen, oleh karena itu copot semua benda logam pada badan Anda. 

 

Setelah menyerahkan urin, Anda akan dipanggil sesuai urutan untuk melakukan tes kesehatan. Tes berupa, pengukuran fisik (tinggi badan dan berat badan), penglihatan, pendengaran, tekanan darah, pengambilan sampel darah, EKG, dan rontgen. Setelah selesai semua tes, dokter umum akan memeriksa tenggorokan, memeriksa detak jantung dengan stetoskop, dan menanyakan keluhan Anda belakangan ini. Umumnya pemeriksaan kesehatan reguler memakan waktu sekitar 1 jam. Hasil tes akan keluar sekitar 2-3 minggu setelah pemeriksaan dan akan dikirimkan ke alamat perusahaan Anda. 

Untuk Anda yang bekerja di bidang makanan, Anda wajib melakukan pemeriksaan feses setiap 6 bulan. Biasanya staff perusahaan akan memberikan jadwal kapan dan di mana feses Anda akan dikumpulkan. Selain pemeriksaan kesehatan rutin, bagi wanita yang berumur 20-40 tahun dapat menerima subsidi untuk melakukan pemeriksaan kanker serviks. Info lebih lanjut silakan kunjungi situs ini.

Di Jepang, pemeriksaan kesehatan rutin merupakan hal yang serius. Dari pemeriksaan ini Anda bisa tahu penyakit Anda sejak dini dan dapat melakukan penanggulangan sejak dini. 

 

Sumber:

定期健康診断の費用は会社負担?健診の種類・項目・義務内容のおさらい」

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA