就職・転職

Kehidupan Di Jepang: Hindari Hal-Hal Berikut Agar Pergantian Visa Lancar

投稿日:

Proses pergantian maupun perpanjangan visa dikenal sebagai sebuah proses yang rumit dan memakan banyak waktu dikarenakan ketatnya imigrasi di Jepang, OBOI Jepang sering kali mendapatkan pertanyaan dan keluhan seputar perpanjangan visa dan banyak diantaranya disebabkan kurangnya informasi yang mengakibatkan status mereka di mata imigrasi jadi kurang baik, pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa hal yang harus dihindari agar Anda tidak terkena masalah saat mengajukan visa.

 

Patuhi Peraturan Dan Cari tahu Seputar Peraturan Yang Ada

Hal terpenting yang pastinya diketahui semua orang adalah, untuk mematuhi peraturan, jangan melakukan tindakan kriminal dan ilegal seperti pencurian, penyerangan, penipuan dan sebagainya, akan tetapi ada juga beberapa hal yang mungkin tidak terasa sebagai tindakan ilegal yang dianggap melanggar peraturan untuk topik ini kami akan membaginya menjadi 2 segmen, yakni untuk pemegang visa pelajar serta untuk pemegang visa kerja lainnya; dikarenakan ada ketentuan khusus yang hanya berlaku bagi pemegang visa pelajar.

 

Yang Harus Diwaspadai Pemegang Visa Pelajar:

  • Pastikan absensi Anda tidak dibawah 80%. 

Ini adalah sebuah peraturan yang seringkali dilanggar oleh pemegang visa pelajar, dan meskipun peraturan ini adalah sesuatu yang selalu diberitahukan kepada para pelajar asing, masih saja banyak pelajar asing yang berujar kalau mereka tidak tahu tentang peraturan ini, karena itu kami ingin menekankan peraturan ini. Jangan absen dengan alasan yang tidak urgent.

Walau terlihat mudah dan bukan sesuatu yang terkesan “kriminal” pelanggaran peraturan ini akan mencoreng nama Anda sebagai “pelanggar hukum” karena ini adalah sebuah peraturan yang sudah diterapkan dan merupakan kewajiban bagi para murid untuk mematuhinya. 

Alasan dibuatnya peraturan ini karena di mata negara, pelajar asing memiliki kewajiban untuk belajar, akan tetapi ada banyak sekali para pemegang visa pelajar yang fokusnya terganti hingga mereka jadi banyak absen, di mata imigrasi hal ini akan membuat orang tersebut sebagai orang yang tidak bisa mengikuti peraturan dan terlalu riskan untuk diberikan visa, hingga pelanggar peraturan ini akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan perpanjangan visa maupun mengganti visa mereka ke visa lain.

 

  • Pastikan Anda tidak kerja paruh waktu lebih dari waktu yang ditentukan. 

Ini juga merupakan peraturan yang sering dilanggar, dikarenakan banyaknya orang yang ke Jepang dengan tujuan untuk mencari uang atau tergoda untuk mendapatkan uang jajan lebih, hingga mereka mengambil shift kerja yang banyak.

Kami tekankan sekali lagi bahwa pemegang visa pelajar memiliki kewajiban untuk belajar, dan ini harus menjadi fokus utama pemegang visa pelajar, apabila terlalu banyak jam kerja maka imigrasi akan menilai kalau orang tersebut tidak jujur dan datang ke Jepang bukan dengan tujuan murni untuk belajar, melainkan mencari uang, dan hal ini juga akan mengakibatkan pelanggar untuk kehilangan kesempatan memperpanjang maupun mengganti visa.

 

  • Lapor ke imigrasi setelah lulus dan jangan overstay. 

Setelah lulus Anda perlu melaporkan ke pihak imigrasi terkait kelulusan Anda, meskipun Anda murid sekolah bahasa dan bukan universitas, Anda tetap wajib melaporkan kelulusan. Mereka yang datang ke Jepang sebagai murid sekolah bahasa di Jepang hanya memiliki waktu maksimal 2 tahun untuk belajar bahasa di Jepang, peraturan ini diadakan untuk mengurangi mereka yang menggunakan visa pelajar dengan tujuan yang berbeda dari seharusnya.

 

Yang Harus Diwaspadai Untuk Semua Pemegang Visa Kerja Lainnya

  • Laporkan semua pemasukan Anda. 

Saat perpanjangan visa atau pergantian visa, imigrasi akan menilai pemasukan Anda untuk memastikan apakah Anda mampu secara finansial untuk hidup di Jepang dan membayar pajak serta kewajiban lainnya, pastikan Anda menyimpan semua bukti slip gaji dan penghasilan yang Anda dapatkan selama di Jepang.

 

  • Taat membayar pajak dan uang pensiun. 

Sebagai warga yang tinggal di Jepang, Anda memiliki kewajiban untuk membayar pajak dan pensiun kepada negara, uang yang Anda bayarkan akan membantu negara untuk memberikan benefit kepada semua orang yang tinggal di Jepang, karena itu hal ini sangat krusial untuk dibayar, apabila tidak membayar maka Anda trancam bisa dikenakan denda dan tidak bisa memperpanjang visa. Khusu untuk uang pensiun, apabila Anda tidak akan tinggal menetap dan menghabiskan masa tua di Jepang, saat kembali ke negara asal atau pindah ke negara lain secara permanen, anda berhak meminta kembali uang pensiun yang sudah Anda bayarkan. Selain itu Anda juga dapat meminta pengampunan pajak dan pensiun apabila Anda memiliki penghasilan yang kecil, akan tetapi Anda harus mengajukan permintaan itu ke pemerintahan setempat.

 

  • Pastikan Anda tidak terlalu lama tanpa pekerjaan.

Ada kalanya perusahaan bangkrut atau pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginan, dan seorang individu harus keluar kerja; apabila ini terjadi kepada Anda, pastikan Anda tidak berada dalam status tanpa pekerjaan lebih dari 3 bulan, karena ini akan dipermasalahkan oleh pihak imigrasi.

 

  • Hindari pengajuan visa namin (refugee). 

Visa namin dikhususkan untuk orang-orang yang benar-benar berada dalam posisi berbahaya, selain tidak etis, mengajukan permohonan visa ini disaat negara Anda tidak dalam masa konflik dan nyawa Anda tidak terancam, juga akan mencoreng nama Anda sebagai orang yang tidak jujur dan menghambat proses para refugee sesungguhnya yang benar-benar dalam kondisi bahaya, dan ini akan mengakibatkan masalah saat proses pergantian visa.

Hal terpenting agar perpanjangan visa lancar adalah untuk menaati peraturan dan mengikuti prosedur, dengan menaati kedua hal ini maka perpanjangan visa dipastikan akan lancar. Apabila ada pertanyaan seputar perpanjangan visa, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan kami!

 

Sumber: 

HIT-U『Knowing Life in Japan』

Imigration Services Agency of Japan『Work/Employement』

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA