就職・転職

Kerja di Jepang: Panduan Menulis CV Jepang Yang Baik

CV yang menarik merupakan senjata utama agar dilirik pihak HRD. Namun, tidak seperti di Indonesia yang dapat mendesain CV sekreatif mungkin, di Jepang; CV atau biasa disebut rirekisho (履歴書) sudah ada formatnya sendiri. Bila dibandingkan Indonesia, CV Jepang lebih terkesan kaku. Berikut adalah contoh CV yang umum di Jepang. Anda bisa mendapatkan format ini di situs-situs penyedia jasa loker maupun convenience store di Jepang. Biasanya pelamar untuk part-time membeli template CV di convenience store dan dan mengisinya dengan tulisan tangan.

Pengisian Informasi Pribadi

 

1. Tulis tanggal pengiriman CV, nama,  umur, dan sertakan foto.

Penulisan tanggal yang harus diisi bukanlah tanggal ketika Anda menulis CV Anda, tetapi tanggal ketika Anda mengirimkannya atau ketika Anda mengirimkannya melalui email. Tulisan di pojok kanan dengan tahun Jepan atau tahun masehi. Masukkan nama Anda, dan tulis cara baca dengan menggunakan hiragana. 

Tempel foto yang diambil dalam 3 bulan ke belakang di CV Anda dengan ukuran panjang 36-40 mm dan lebar 24-30 mm. Foto untuk pria mengenakan jas dan dasi, serta rambut yang tersisir rapi. Untuk wanita mengenakan jas dan kemeja atau blus berwarna putih. Senyum di foto harus natural dan tidak memperlihatkan gigi. Foto adalah poin penting yang mempengaruhi kesan pertama Anda, jadi ada baiknya meminta fotografer profesional di studio foto atau toko foto untuk mengambilnya.

 

2. Tulis alamat dan nomor telepon

Tulis alamat dengan benar dan terperinci dari nama prefektur  hingga nama apartemen beserta nomor unit. Isi juga cara baca dengan menyertakan  furigana sampai dengan nama apartemen.

 

 

3. Penulisan riwayat pendidikan dan karir

Apabila pengisian tanggal CV di pojok kanan menggunakan tahun Jepang, pada kolom ini juga harus menggunakan tahun Jepang. Jangan lupa untuk menulis kapan masuk dan selesai pendidikan. Untuk penulisan riwayat karir, sertakan juga alasan sederhana berhenti dari perusahaan tersebut.

 

 

4. Penulisan kolom lisensi / kualifikasi

Apabila memiliki SIM internasional, JLPT, ataupun lisensi lainnya yang menjelaskan kualifikasi Anda, silahkan tulis di kolom ini. 

 

 

5. Jiko-PR

Ini merupakan kolom penting, dikarenakan Anda dapat menjual diri Anda ke perusahaan dengan mengisi Shibo-doki (motivasi diri) dan juga dan Jiko-PR (kelebihan diri). Dari sini perusahaan pelamar ingin tahu “Mengapa Anda memilih kami dari sekian banyak perusahaan untuk melamar daripada perusahaan lain?” Dengan kata lain, Anda perlu meyakinkan perusahaan dengan motivasi Anda. Pastikan motivasi yang Anda tulis relevan antara bidang bisnis  perusahaan dan pengalamanan Anda. Menurut survei Doda “Questionnaire on recruitment”, dari keseluruhan konten CV, Shibo-Doki memegang 23% poin penting.

 

 

6. Penulisan kolom permintaan

Apabila Anda memiliki permintaan khusus yang seperti ingin bekerja di departemen sales atau umum, silahkan isi di kolom ini. Apabila tidak ada permintaan khusus, cukup isi dengan 貴社の規定に従います (Kisha no kitei ni shitagaimasu), yang berarti “Saya mengikuti kebijakan perusahaan”.

Menulis CV ibarat menulis surat cinta untuk pasangan terkasih. Agar pasangan Anda dapat menerima Anda, Anda harus memahami apa yang diinginkan pasangan Anda yang disini merupakan perusahaan yang ingin Anda lamar. Sekian artikel kali ini. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda untuk membuat CV Jepang. Selamat berjuang.

 

sumber:

doda:履歴書の書き方 完全ガイド

 

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

CAPTCHA